Pergi ke Klinik Gigi Yogyakarta Saat Pandemi, Apakah Aman?

Ketika ingin pergi ke klinik gigi Yogyakarta, mungkin Anda merasa enggan serta takut. Bukan hanya takut melihat bor gigi yang terlihat menyeramkan, sekarang ini ketakutan juga bertambah karena adanya pandemi Covid-19. 

Padahal, seharusnya pemeriksaan gigi dilakukan 6 bulan sekali untuk orang dewasa, dan untuk anak-anak dilakukan 3 bulan sekali. Banyak orang yang bertanya, melakukan perawatan gigi ketika pandemi seperti ini apakah aman dan diperbolehkan?

Mengunjungi Klinik Gigi Yogyakarta Saat Pandemi, Aman

Sebenarnya, melakukan perawatan gigi saat pandemi seperti ini tidak ada masalah, lebih-lebih fasilitas kesehatan yang tersedia dokter gigi juga sudah menerapkan serta memenuhi protokol kesehatan. Saat tiba di faskes tersebut, biasanya sudah melakukan screening awal terlebih dulu seperti pengecekan suhu tubuh. 

Bukan hanya pengecekan suhu tubuh, pasien juga akan ditanya mengenai riwayat keluar kota atau pernah tidaknya melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19. Berbagai macam keluhan atau gejala yang mendekati Covid-19 juga akan ditanyakan. 

Jika sudah melakukan screening awal, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan. Bukan hanya itu, ketika pandemi, biasanya klinik gigi Yogyakarta sudah banyak yang menggunakan alat pelindung diri pada dokter sendiri dan pasien. Bahkan sandal khusus juga diberikan. 

Digunakannya gown dilakukan untuk meminimalkan adanya kontaminasi kuman yang terjadi pada pasien ketika dilakukan pemeriksaan gigi oleh dokter. Sebelum dilakukan pemeriksaan, umumnya pasien akan diminta berkumur dengan menggunakan antiseptic selama kurang lebih 30 detik. Tujuan berkumur dengan menggunakan antiseptic ini ialah menghilangkan bakteri pada rongga mulut. 

Jika sudah selesai berkumur, dokter baru akan melakukan tindakan untuk mengobati atau merawat pasien. Ketika akan melakukan perawatan gigi, dokter juga akan selalu meminta pasien untuk mematuhi protokol kesehatan dari rumah seperti mencuci tangan dan menjaga jarak. 

Dalam melakukan penanganan, klinik gigi biasanya sudah melakukan protokol kesehatan sangat ketat. Bahkan ketika menemui pasien, dokter akan menggunakan APD lengkap untuk keselamatan bersama. Biasanya, APD yang digunakan oleh dokter seperti masker, kacamata, sarung tangan, cap bedah, pelindung wajah, sepatu boot dan lainnya. 

Memilih Klinik Gigi Yogyakarta yang Tepat

Bila sudah mendapatkan jaminan keamanan mengunjungi klinik gigi ketika pandemi, sekarang hal yang harus dilakukan adalah melakukan pemilihan klinik dengan tepat. 

Anda dapat memilih klinik gigi yang sudah mempunyai fasilitas vakum aerosol. Vakum aerosol merupakan alat yang digunakan untuk mengurangi aerosol yang memiliki kandungan kuman di udara. Selain itu Anda juga bisa mencari tahu mana klinik gigi yang rutin melakukan disinfeksi ruangan, lebih-lebih ruang pemeriksaan. 

Sehingga, ketika Anda melakukan pemeriksaan di ruangan tersebut, ruangan berada dalam kondisi yang steril atau bersih. Sehingga, aman digunakan untuk melakukan tindakan-tindakan lainnya. 

Tidak ada salahnya, sebelum melakukan perawatan gigi, tidak ada salahnya Anda memilih fasilitas kesehatan atau klinik gigi yang memberi jaminan penerapan prokes yang memadai. Bila masih bingung memilih Klinik Gigi Yogyakarta yang memiliki fasilitas memadai dan aman dijadikan sebagai rujukan berobat, Klinik Gigi Opal Dental dapat dijadikan sebagai pilihan. 

Selama pandemi ini, Opal Dental tetap membuka layanan perawatan gigi, dan tetap sesuai dengan protokol kesehatan. Nantinya Anda akan di-screening awal terlebih dahulu serta dinyatakan aman serta sehat. Jika dari segi biaya, Opal Dental juga memiliki biaya yang masih terjangkau untuk perawatan gigi. Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mencari pilihan perawatan gigi yang terbaik di Opal Dental.

Komentar