Deretan Makanan Ekstrim Khas Jepang Yang Ngeri-ngeri Sedap!

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa masyarakat di kawasan Asia Timur itu gemar mengonsumsi makanan-makanan yang ekstrim. Begitu juga dengan Negara Jepang, dimana sebagian besar masyarakatnya yang doyan memakan kuliner-kuliner ekstrim. Lantas, seperti apakah makanan-makanan ekstrim khas Jepang tersebut? Nah, biar kalian gak penasaran, mending sama-sama kita simak saja langsung ulasan dari aplikasi masakan di bawah ini. 

Natto (Foto: Wikipedia)

1. Natto

Daftar makanan ekstrim khas Jepang pertama yang ngeri-ngeri sedap, yaitu yang bernama natto. Makanan ekstrim yang satu ini terbuat dari biji kedelai yang dibusukkan (fermentasi) dengan bakteri bacillus subtilis, yang memiliki tekstur lengket dan berbau tidak sedap. Kendati demikian, natto merupakan sumber protein dan probiotika yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh lho. Namun, natto ini sudah jarang sekali dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Dengan kata lain, hanya masyarakat yang ada di pedalaman Jepang saja yang masih mengonsumsi natto. 

2. Shirako

Jika dilihat bentuknya, sekilas shirako ini tampak seperti usus sapi. Namun tahukah kamu? ternyata shirako terbuat dari alat kelamin jantan ikan dan sebuah kantung yang berisikan sperma lho. Meski terkesan ekstrim, namun shirako ini merupakan hidangan paling populer di pub-pub yang ada di Jepang. Bahkan, shirako juga adalah menu terfavorit di sushi bar seluruh Jepang. 

3. Basashi

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan hidangan khas Jepang yang bernama sashimi kan? Sashimi tu sendiri merupakan hidangan yang terbuat dari beragam jenis daging hewan mentah, seperti ikan, ayam, sapi, dan kuda. Nah, sashimi yang terbuat dari daging kuda inilah yang disebut dengan nama basashi. Menurut informasi yang di dapat, basashi merupakan makanan tradisional yang berasal dari prefektur Kumamoto, yang pertama kali dikonsumsi oleh seorang panglima perang yakni Kiyomasa Kato. Daging kuda diyakini kaya akan kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Semenjak saat itu, basashi pun menjadi hidangan paling populer di Jepang.

4. Zazamushi

Saat pertama kali kamu melihat zazamushi, bisa dipastikan bahwa kamu akan langsung kehilangan selera makan. Bagaimana tidak! sebab tampilan dari zazamushi ini  terkesan mengerikan. Ya, terang saja demikian, zazamushi itu sendiri merupakan sebuah hidangan yang terbuat dari serangga air yang digoreng garing kemudian diberi bumbu-bumbu khas Jepang. Meski tampilannya cukup menyeramkan, namun zazamushi memiliki cita rasa yang lezat dan kaya akan kandungan protein lho. 

5. Shirouo no Odorigul

Shirouo no Odorigul ini adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari ikan shirouo. Ikan tersebut berukuran kecil seperti ikan impun, namun wujud fisiknya transparan. Masyarakat jepang biasanya akan mengonsumsi ikan tersebut hidup-hidup dengan telur mentah. Menurut kabar yang beredar, ketika Shirouo no Odorigul dikonsumsi, makam ikan-ikan shirouo ini akan terasa bergoyang-goyang dimulut. 

6. Shiokara

Makanan ekstrim khas Jepang berikutnya yang ngeri-ngeri sedap, yakni bernama shiokara. Makanan yang satu ini terbuat dari fermentasi hewan laut yang disimpan dalam larutan garam sangat pekat. Adonan shiokara mengandung 10% garam, 30% kecambah beras, yang kemudian dibungkus dalam kemasan kedap udara, dan akan difermentasikan kurang lebih selama satu bulan. Itu sebabnya, mengapa shiokara memiliki aroma yang sangat menusuk hidung. Bahkan, hanya sebagian kecil saja dari masyarakat Jepang yang bisa menikmati hidangan shiokara. 

Nah, itulah daftar makanan ekstrim khas Jepang yang ngeri-ngeri sedap. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu makanan tersebut?

Komentar