Inspirasi Nama Bayi Laki-laki

Di Indonesia terdiri dari banyak suku dan bahasa. Keistimewaan ini tidak dimiliki oleh negara-negara lainnya. Bagi kamu yang hidup di Indonesia, kamu bisa menerka seseorang dari latar belakang seperti apa dari namanya. Ya, memang nama ini menunjukkan dari mana seseorang ini berasal.


Namun, makin ke sini, nama bayi laki-laki dan perempuan yang baru lahir cukup sulit diterka latar belakangnya. Orang tua milenial zaman sekarang suka memberi nama anaknya dengan nama yang unik dan gabungan beberapa bahasa. Bahkan beberapa saat yang lalu ada yang memberi nama bayi laki-lakinya dengan nama Vairus Abdul Covid.

Sekilas nama Vairus Abdul Covid ini keren karena pas sekali dengan momentum Indonesia yang terkena wabah Covid-19. Namun, dalam penamaannya ada kesalahan kaidah. Setelah kata Abdul harusnya tidak boleh disematkan nama selain nama-nama Alloh. Mungkin jika namanya Vairus Abdullah Covid akan lebih pas secara kaidah, meskipun nama Vairus—seharusnya ditulis Fairus—biasanya digunakan oleh perempuan. Namun, tetap saja memperingati sesuatu yang "menyedihkan" seperti wabah Corona ini tidak harus ditaruh di nama anak. Kecuali memang memperingati sesuatu yang membahagiakan, itu tidak mengapa.

Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Indonesia

Banyak inspirasi nama bayi Indonesia yang bisa kamu dapatkan karena memang Indonesia kaya akan bahasa daerah. Misalnya saja jika kamu ingin membuat campuran nama bayi laki-laki Jawa Arab dan kekinian. Kamu bisa mempertimbangkan nama Aden Dwipa Ananda. Apa sih arti dari nama tersebut? Berikut ini saya ulas satu per satu.

Aden

Aden adalah nama salah satu Surga yang Alloh langsung ciptakan dengan kedua tangannya. Aden ini memiliki sifat yang indah. Mempunyai aliran sungai yang mengalir di bawahnya.

Memilih nama Aden ini juga termasuk nama modern meski jika ditelisik lebih jauh adalah nama yang lama. Namun, tidak ada yang baru di bawah kolong langit ini. Semua hal pasti mencontoh generasi sebelumnya. Nama Aden sendiri juga cukup jarang dijumpai di masyarakat Indonesia.

Dwipa

Dwipa sendiri diambil dari bahasa Sanskerta, yang memiliki arti Negeri. Nama Dwipa ini juga jarang sekali dimiliki oleh orang Jawa di Indonesia. Saya sendiri juga pertama kali mendengar nama Dwipa ini dari dosen kuliah saya yang menjuluki atau memberi nama untuk dirinya sendiri dengan sesuatu yang mengandung kata Dwipa.

Ananda

Banyak orang Indonesia mengira bahwa nama Ananda ini berasal dari serapan Anak dan tambahan -nda seperti halnya kata Ibunda dan Ayahanda. Namun, jika diteliti lagi, nama Ananda ini diambil dari bahasa Sanskerta yang memiliki arti Kebahagiaan.

Dari penjelasan di atas, kamu pasti bisa menyimpulkan makna dari nama Aden Dwipa Ananda. Ya, artinya adalah Surga Negeri yang Penuh Kebahagiaan. Mengapa saya mengambil nama ini? Tentu saja karena seharusnya anak itu menjadi surga yang membahagiakan bagi orang tuanya. Semua orang tua sepakat ingin anaknya menjadi kebahagiaan bagi diri mereka. Jika bukan untuk itu, mengapa semua orang ingin punya anak? Padahal mengurus anak itu susahnya minta ampun loh.

Cari Inspirasi Nama melalui CekArtiNama.com

Jika kamu ingin mendapatkan sugesti nama yang bagus dan sekalian mengecek arti nama untuk anakmu, kamu bisa menggunakan website cekartinama.com. Selain mencari arti nama, kamu bisa mengetahui nama apa saja yang baru saja dicari oleh orang lain loh.

Pencarian Terakhir

Dengan fitur yang ada di sidebar ini setidaknya kamu bisa mendapatkan inspirasi nama yang sedang dicari oleh orang lain. Ya mungkin saja bisa dijadikan bahan contekan nama untuk anakmu yang baru saja lahir.

Itulah tulisan saya mengenai inspirasi nama bayi laki-laki Indonesia. Jika kamu punya usul atau sekedar ingin share atau tanya-tanya mengenai nama dan artinya, bisa langsung komentar di bawah ini yah.

Komentar