Biar Nggak Salah Kaprah, Ini 6 Jenis Alat untuk Menghapus Tulisan dan Cara Memilihnya!

Siapapun pasti memerlukan alat tulis yang lengkap dengan kualitas terbaik. Penghapus adalah salah satu alat tulis yang memiliki fungsi sangat penting dalam menulis. Ketika kita salah menuliskan suatu kata atau kalimat kita memerlukan penghapus untuk menghapus tulisan tersebut.

Penghapus banyak di jual di toko alat tulis dan perkantoran dan bisa dengan mudah di temukan di banyak tempat. Alat untuk menghapus tulisan ini dijual dengan berbagai ukuran bentuk dan harga. Banyaknya jenis alat penghapus tulisan ini kadang membuat kita bingung. Dalam kesempatan ini kita akan bahas tentang jenis-jenis alat penghapus dan cara memilihnya.

Jenis-jenis alat penghapus tulisan

Sebelum kita bahas tentang tips dan cara memilih penghapus, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang jenis-jenis alat penghapus tulisan yang banyak beredar di pasaran. Jenis alat tulis biasanya ditentukan dari bahan pembuatannya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah jenis-jenis alat untuk menghapus tulisan yang harus kamu tahu:

1. Alat hapus dari karet

Gambar dari Shopee

Seperti namanya alat untuk menghapus tulisan yang satu ini terbuat dari karet. Alat tulis yang satu ini bisa dengan mudah di jumpai di toko-toko buku dekat rumah anda. Bentuknya yang elastis dan tahan lama membuat alat ini banyak digemari.

2. Alat hapus dari Vinyl atau plastik

Gambar dari Shopee

Alat untuk menghapus tulisan yang terbuat dari plastik ini biasanya memiliki texture agak lunak dan mudah patah. Untuk menggunakan penghapus jenis ini kamu tidak perlu menekan keras-keras pada tulisan yang akan kamu hapus.

3. Alat hapus dari pasir

Gambar dari Wikihow

Penghapus yang satu ini mengandung pasir halus yang bisa menghapus tulisan pensil maupun tinta. Alat tulis ini bukan saja digunakan oleh anak sekolah saja tetapi juga oleh para desainer dan illustrator.

4. Alat hapus Kneaded


Mereka yang hobi menggambar tentu sudah tidak asing lagi dengan penghapus jenis ini. Kneaded merupakan alat hapus khusus yang mempunyai sifat lembut. Untuk menggunakan alat hapus ini, kamu harus meremasnya agar menjadi lebih lembek. Alat hapus ini biasanya digunakan untuk menyamarkan goresan pensil pada gambar.

5. Alat hapus dari Rubber

Gambar dari Shopee

Alat hapus dari rubber memiliki tekstur yang keras dan biasanya ditaruh pada bagian atas sebuah pensil. Karena teksturnya yang keras, untuk menggunakannya kamu harus menekannya keras-keras.

6. Alat hapus stiker


Biasanya digunakan untuk menghapus label berupa stiker pada permukaan kaca seperti mobil dan membersihkan perekat dari cetakan kaset dan sebagainya.

Tips Memilih Alat Hapus Yang Benar

Dengan banyaknya jenis alat hapus yang tersedia, konsumen harus berhati hati dalam memilihnya. Dalam hal ini kamu harus memilih alat hapus yang sesuai dengan kebutuhan. Ketika akan membeli alat hapus ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya sebagai berikut:

  • Pilihlah alat hapus yang awet dan tidak mudah patah. Dalam hal ini kamu harus memilih alat hapus yang mempunyai sifat elastis atau keras.
  • Pilihlah alat hapus yang mudah digunakan. Jangan membeli alat hapus yang harus ditekan keras pada kertas. Menekan kertas keras-keras bisa membuat kertas rusak atau sobek.
  • Usahakan untuk memilih alat hapus yang tidak meninggalkan serpihan-serpihan. Alat hapus yang meninggalkan serpihan biasanya cepat habis alias boros.

Penghapus merupakan alat tulis yang fungsi utamanya untuk menghapus tulisan yang salah. Seperti yang dijelaskan diatas, penghapus terbuat dari berbagai jenis bahan, maka pilihlah penghapus yang sesuai dengan kegunaannya dan pilihlah yang mudah digunakan, awet dan tidak mudah patah.

Komentar