Aman Mengemudi Mobil Jarak Jauh dengan Beberapa Tips Ini

Perjalanan jauh membutuhkan persiapan yang matang. Untuk itu, keselamatan pengemudi dan semua orang penumpang di dalam mobil harus diutamakan. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum menjalani perjalanan jauh, dan sangat direkomendasikan mobil Anda diperiksa terlebih dahulu di bengkel servis mobil demi faktor kenyamanan dan keamanan.


Mengendarai mobil membutuhkan konsentrasi tinggi, terutama saat Anda akan mengemudi dalam jarak jauh. Sayangnya, banyak pengemudi yang lupa untuk mempersiapkan diri dan kendaraannya agar bisa mengemudi dengan baik di jalan. Hal ini biasanya berujung dengan kecelakaan dan saling menyalahkan pengemudi lain di jalan.

Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda mempersiapkan diri untuk mengemudi mobil, terutama dalam jarak yang jauh. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah

1. Pastikan kendaraan berada dalam kondisi yang baik

Untuk mengemudi mobil dengan jarak jauh, pastikan mobil Anda berada dalam kondisi yang aman. Periksa berbagai bagian di mobil Anda dan pastikan semua bagian tersebut berada dalam kondisi yang baik.

Periksalah kondisi air aki, air radiator, rem, oli dan ban. Kendaraan yang bermasalah dan dipaksakan berjalan dalam jarak jauh justru membuat Anda tidak nyaman dan berdampak buruk bagi keselamatan Anda. Pastikan juga Anda membawa berbagai perlengkapan sederhana, seperti dongkrak dan lainnya.

2. Periksa kondisi mesin mobil Anda

Pastikan mobil Anda telah melakukan servis berdasarkan jadwal yang ditentukan. Servis kendaraan berfungsi untuk menjaga kondisi mesin Anda. Anda juga perlu mengganti oli mesin, memeriksa teknan udara pada ban dan kondisi lampu.

3. Pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat

Ini yang sering dilupakan banyak orang. Padahal, kesehatan tubuh harus stabil ketika Anda melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil. Jangan paksakan untuk mengemudi mobil ketika Anda merasa lelah dan mengantuk. Cari rest area terdekat untuk mengistirahatkan diri Anda sebelum Anda melanjutkan perjalanan.

4. Kenali kondisi jalur yang akan dilalui

Kondisi jalan juga berpengaruh terhadap kenyamanan Anda saat berkendara. Pastikan Anda mengenali kondisi jalur yang akan Anda lalui. Namun, jika Anda baru pertama kali melewati jalur tersebut, pastikan Anda memperhatikan kondisi jalan sekitar dan fokus terhadap jalanan tersebut.

5. Atur posisi duduk yang nyaman

Rute perjalanan yang jauh dan durasi mengemudi yang panjang membuat Anda harus mengatur posisi duduk yang nyaman. Atur posisi duduk senyaman mungkin, pastikan posisi Anda tegak, mampu melihat ke depan, bisa melihat kaca spion kanan dan kiri, serta pastikan posisi duduuk Anda mampu melakukan manuver mendadak.

Utamakan keselamatan ketika Anda mengemudi dalam waktu yang lama dan jarak yang jauh. Bawa perlengkapan yang diperlukan seperti obat-obatan, charger hp untuk mencegah smartphone Anda low batt, dan keperluan darurat lainnya. Beberapa hal di atas harus Anda perhatikan agar Anda bisa mengemudi dengan nyaman dan keselamatan Anda terjaga.

Komentar