Mau Tinggal di Perumahan Kota Deltamas? Intip Dulu Yuk Fasilitasnya

Berbekal lahan seluas 3.200 hektare, PT Puradelta Lestari Tbk. menyulap Cikarang menjadi kota berteknologi tinggi. Kemudian memberinya nama perumahan kota Deltamas Cikarang. Dengan konsep smart living, pasti bikin calon penghuninya bertanya-tanya, “Apa saja sih fasilitas yang disediakan oleh Deltamas? Apakah benar-benar canggih?”


Segala Kebutuhan Bisa Tercukupi dalam Satu Tempat

Mau sekolah, belanja, rekreasi, atau berkumpul dengan keluarga lain, bisa dilakukan di Deltamas tanpa harus keluar kota. Beberapa sekolah yang sudah dibangun antara lain SMK Ananda Mitra Industri Deltamas, Korean Education Center, hingga Pangudi Luhur Bernardus School. Ke depannya akan ditambah lagi bangunan sekolahnya mengingat animo masyarakat demikian tinggi.

Memiliki Kawasan Serba-Hijau Sendiri

Di kawasan perumahan kota Deltamas Cikarang, ada suatu lahan seluas 1.500 hektare. Lahan tersebut difungsikan sebagai Greenland International Industrial Center. Beragam fasilitas yang ada sudah memenuhi standar internasional. Baik dari segi infrastruktur, pengolahan air limbah, pasokan gas, hingga fiber optik.

Saat ini, sudah ada lebih dari 19 kluster perumahan yang dihuni oleh warga negara asing maupun luar kota. Setiap hari, mereka beraktivitas di sekitar kompleks olahraga, universitas, sekolah, apartemen, hotel, dan lain-lain.

Ada satu kesamaan di antara para penghuninya. Rata-rata, sikap mereka sangat ramah. Bahkan kepada penghuni baru sekalipun. Seolah-olah mereka telah terpuaskan dengan beragam fasilitas yang ada di Deltamas. Jadi, tak ada lagi keluhan yang saban hari biasa terdengar di pinggiran kota-kota besar.

Seperti Apa Sih Hunian di Perumahan Kota Deltamas Cikarang?

Kita ambil contoh apa yang ada di kawasan Savasa Deltamas. Sebab, kawasan tersebut dianggap sangat mewakili keadaan mayoritas hunian di Deltamas. Terutama karena pengembangnya sendiri berasal dari konglomerat Jepang yang punya jaringan luas di dunia.

Savasa sendiri menggunakan lahan seluas 37 hektare untuk membangun ribuan rumah dan puluhan ruko. Untuk tipe rumahnya sendiri memiliki 2 varian, yakni tipe A dan tipe B. Untuk tipe A, luas tanahnya kurang lebih 66 meter persegi. Sedangkan untuk tipe B, luas tanahnya 84 meter persegi dan luas bangunannya 80 meter persegi.

Keduanya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik. Misalnya pengisian baterai HP, delivery dropbox, hingga kamera CCTV. Ada pula sistem kartu akses khusus untuk penghuni perumahan Savasa Deltamas. Cukup canggih, bukan?

Teknologi Apa yang Dihadirkan oleh Pengembang?

Di Savasa Deltamas, berhubung pengembangnya adalah Panasonic Home & Living dan Sinarmas Land, perihal kelengkapan teknologi juga tidak main-main.

Setiap hunian atau rumah, sudah dilengkapi dengan teknologi Powertech Panasonic. Teknologi tersebut berfungsi untuk membuat bangunan rumah jadi tahan gempa. Konsepnya hampir sama dengan yang ada di Jepang. Soalnya antara Indonesia dengan Jepang punya satu kesamaan, yakni berada di jalur Lingkar Api Pasifik yang rentan terkena gempa.

Kemudian, ada pula teknologi canggih lain bernama Panasonic Home Network System. Teknologi ini merupakan gabungan dari CCTV, Digital Cordless Phone, Smart Plug, dan sensor pintu yang menggunakan sinar inframerah.

Untuk kebersihan udara di dalam rumah, Savasa Deltamas telah melengkapi dengan teknologi Puretech. Teknologi tersebut diklaim bisa menyaring 97% udara yang terdiri dari kotoran, debu, dan partikel berbahaya. Baik yang berasal dari dalam rumah ataupun dari luar.

Setiap rumah juga sudah difasilitasi dengan sistem Cross Ventilation. Tujuannya untuk membuat sirkulasi udara di dalam rumah jadi terasa lebih sejuk. Dengan begitu, kesehatan tubuh anggota keluarga pun lebih terjamin berkat inovasi yang dihadirkan oleh Perumahan Savasa.

Tinggal di perumahan kota Deltamas Cikarang, rasa-rasanya kok mirip sekali ya dengan yang ada di film-film itu. Desain perumahan yang futuristik memang sudah seharusnya mulai ada di Indonesia. Mengingat negara ini masuk dalam 20 besar sebagai negeri dengan luas wilayah di atas rata-rata.

Komentar