5 Trik Cerdas Menjual Motor dengan Harga Tinggi Namun Cepat Laku

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang favorit yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Bukan tanpa sebab, modelnya yang simpel dan fleksibel serta hemat bahan bakar menjadikan pengguna motor sangat menunjang kegiatan mobilitas harian. Tak heran jika semakin tahun, jumlah pengguna sepeda motor semakin bertambah.


Jual motor juga banyak dilakukan terutama bagi orang-orang yang berencana untuk membeli motor baru. Bagi Anda yang ingin menjual motor lama, maka ada beberapa trik yang harus dilakukan. Dengan menggunakan beberapa trik, maka harga motor yang dijual tidak akan jatuh namun dapat dijual dengan harga tinggi. Selain itu motor yang dijual juga akan cepat laku di pasaran. Penasaran trik apa saja yang bisa dilakukan? Berikut ulasannya.

1. Juallah Motor Langsung Kepada Pembeli

Menjual motor bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menjualnya kepada pihak perantara atau menjual langsung kepada pembeli. Jual motor langsung kepada pembeli merupakan pilihan yang tepat karena keuntungan dari uang penjualan menjadi lebih besar. Uang hasil penjualan tidak perlu lagi dipotong untuk biaya jasa perantara karena motor yang dijual akan langsung dibeli oleh pihak konsumen yang bersangkutan. Selain keuntungan yang didapat menajdi lebih besar, proses penjualan dan transaksi pun dapat berlangsung lebih cepat.

2. Cek Kembali Kelengkapan Dokumen

Agar motor yang dijual cepat terbeli, maka Anda harus memeriksa kembali kelengkapan-kelengkapan dokumen motor seperti STNK dan BPKB. Kelengkapan dokumen ini sangat penting karena akan berpengaruh terhadap pembeli nantinya. Dokumen motor yang tidak lengkap tentunya akan menurunkan tingkat kepercayaan konsumen kepada penjual motor karena dicurigai motor yang dijual merupakan motor hasil curian. Selain kelengkapan dokumen, buku riwayat service ke dealer resmi juga dapat disertakan agar calon pembeli dapat mengetahui catatan service yang dimiliki oleh motor tersebut.

3. Lakukan Perawatan Motor Secara Rutin

Motor yang memiliki kondisi terawat dan rutin tentunya memiliki nilai jual yang tinggi dibanding dengan motor yang kondisinya buruk. Sebelum melakukan jual motor bekas, ada baiknya untuk melakukan pengecekan dan perawatan motor secara keseluruhan. Mulai dari mesin, kualitas oli, hingga berbagai fungsi motor. Servis motor secara rutin juga perlu dilakukan agar kondisi mesin tetap prima. Dengan melakukan kontrol dan pengecekan secara rutin, maka Anda dapat menjamin kualitas motor kepada calon pembeli sehingga harga yang ditawarpun akan semakin tinggi. Usahakan melakukan service rutin di bengkel resmi Yamaha.

4. Manfaatkan Media Internet untuk Promosi

Dengan kecanggihan internet di zaman sekarang, proses jual beli barang akan semakin mudah. Agar Anda dapat bertemu dengan calon pembeli dengan mudah,maka gunakanlah media promosi yang saat ini sudah banyak ditemukan di internet. Anda bisa melakukan promosi melalui instagram, facebook, atau grup-grup whatsapp yang ada di smartphone Anda. Dengan begitu jaringan akan menjadi lebih luas dan kesempatan untuk bertemu calon pembeli juga menjadi lebih cepat.

5. Patok Harga Jual dengan Tepat

Menjual motor memang tidak semudah yang dikira. Hal ini dikarenakan selain Anda, masih banyak para penjual motor yang ikut menjual barang dagangannya. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengumpulkan informasi mengenai kisaran harag motor bekas di pasaran. Jangan sampai harga motor yang dipatok menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah. Namun jika Anda berencana untuk menggunakan uang hasil penjualan segera, maka jual lah dengan harga sedikit lebih rendah. Sekarang ini banyak referensi harga motor Yamaha di pasaran, Anda dapat menyesuaikannya sebelum melakukan penjualan.

Demikianlah beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk melakukan jual motor bekas. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menjadi tambahan wawasan bagi Anda sekalian.

Komentar