Beli Domain? Ini Website Tempat Beli Domain Murah

Ada beragam alasan mengapa seseorang membuat website, mulai dari untuk keperluan bisnis, kampanye, atau bahkan sekadar menyalurkan hobi menulisnya. Terlepas dari apa pun tujuan pembuatan website, mereka yang ingin menekuni pekerjaan dan beranjak ke peluang profesional tentu akan membutuhkan domain resmi. Untuk memiliki domain Anda sendiri, Anda perlu membelinya dari penyedia yang tepat. Sebelum membahas lebih jauh mengenai keuntungan atau hal-hal lain seputar domain, mari pahami terlebih dulu arti dari domain itu sendiri.


Domain Adalah

Domain bisa diartikan sebagai alamat fisik di mana seseorang dapat menemukan keberadaan websitemu. Perumpamaannya seperti ini, Anda memiliki sebuah rumah(website), supaya orang lain dapat menuju rumahmu, mereka perlu tahu alamat tersebut, bukan? Misalnya, alamat rumahmu ada di Jl. Kelapa, kelurahan mangga, kecamatan pisang, kabupaten pepaya. Nah, alamat rumah tersebut adalah domainmu. Artinya, jika tidak ada nama domain, orang lain tidak bisa mengakses website yang Anda miliki.

Lalu, mengapa seseorang harus membeli domain, bukankah ada banyak penyedia domain gratis yang bisa digunakan?

Keuntungan Membeli Domain

Pada dasarnya, banyak sekali situs-situs penyedia domain gratis yang dapat digunakan untuk pengguna biasa. Namun, apakah domain gratis akan cocok jika digunakan kepada website profesional? Domain gratis memang membuat Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, tetapi karena hal itu pula menjadikannya memiliki banyak kelemahan.

Kelemahan domain gratis antara lain adalah servernya yang sering tidak stabil. Dalam keadaan biasa, mungkin hal itu tidak menjadi masalah, tetapi jika Anda ingin memakainya sebagai pendukung kegiatan bisnis, tentu akan sangat merugikan. Selain itu, kapasitasnya pun terbatas dan keamanan data Anda tidak bisa terjamin. Website Anda jadi mudah dibobol atau diretas pihak-pihak tidak bertanggungjawab, dan tentu saja jika Anda ingin meminta bantuan, responnya tidak akan secepat domain berbayar.

Solusi supaya website Anda selalu maksimal adalah dengan membeli dari penyedia domain terpercaya, contohnya Anda bisa mendapatkan domain murah DomaiNesia. Pembeliannya mudah, dan harganya murah. Tentu saja dengan kualitas yang sudah terjamin mutunya, Anda bisa melihat sendiri review dari para pengguna DomaiNesia di website resminya di www.domainesia.com.

Apabila Anda masih ragu untuk membeli domain, terutama di DomaiNesia, coba tilik beberapa keuntungannya.

Salah satu keuntungan dari penggunaan domain berbayar adalah tingkat keprofesionalan website Anda yang akan meningkat di mata para pengunjung. Hal tersebut sangat menguntungkan dalam bidang bisnis, karena website Anda tidak akan dipandang sebelah mata oleh pesaing bisnis. Selain itu, bisnis Anda pun akan meningkat nilainya, alias benar-benar bagus untuk branding. Terlebih, domain berbayar tidak akan bisa dipakai oleh pihak lain karena Anda memiliki hak paten atas domain tersebut. Berbeda jika Anda memakai domain gratisan, domain Anda bisa saja sewaktu-waktu dipakai pihak lain karena pada dasarnya Anda hanya meminjam tanpa membeli.

Keuntungan lainnya dari membeli domain adalah kualitas nama domain Anda terjamin. Nama yang bagus akan mudah diingat dan terdeteksi oleh situs pencarian. Bahkan, nama domain juga bisa menjadi tolok ukur kepercayaan konsumen kepada website Anda.

Tips Memilih Nama Domain

Tidak ada kiat khusus sebenarnya untuk menentukan nama domain, Anda bisa menamai domain sesuai keinginan. Akan tetapi, jika ingin mengkhususkan website pada bisnis tertentu, sudah pasti nama yang dipakai adalah yang berhubungan dengan bisnis Anda dan juga brand Anda. Misalnya, Anda membuat website untuk berjualan jubah muslim, Anda bisa memberi nama seperti jubahmuslim(dot)com atau bajumuslim(dot)com. Akan sangat aneh jika yang Anda tawarkan adalah jubah muslim tetapi nama domain Anda mobilkredit(dot)com misalnya.

Anda juga bisa menyematkan nama brand pada domain, misalnya Anda berjualan jubah muslim dan memiliki brand dengan nama ‘pasminah’. Dari situ Anda bisa membuat domain seperti pasminah(dot)com atau pasminahjubah(dot)com. Semakin mudah diingat semakin baik.

Hanya saja, terkadang ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pembeli domain. Pertama, tidak memperhatikan ekstensi domain yang biasanya digunakan oleh masyarakat umum. Di Indonesia, ekstensi domain yang paling sering digunakan adalah (dot)com, (dot)net, atau (dot)co(dot)id. Anda bisa membuat nama seunik mungkin tetapi sebaiknya selalu menggunakan ekstensi domain paling umum. Mengapa? Supaya masyarakat lebih mudah mencari website Anda. Terkadang, karena ekstensi yang digunakan tidak umum, pengunjung Anda malah akan diarahkan ke website orang lain karena salah mengetik.

Selain itu, hindari penggunaan garis penghubung pada nama domain. Selain ribet dalam pengejaan dan pengetikan, situs pencarian bisa salah dalam membaca, dan lagi-lagi pengunjung Anda diarahkan ke website orang lain dengan nama yang hampir mirip.

Apabila Anda sudah yakin untuk membeli domain, tinggal kunjungi website DomaiNesia di www.domainesia.com. Belum memiliki website? Anda juga bisa membeli website dari para penyedia website, atau membuatnya sendiri dengan belajar coding alias bahasa pemrograman tertentu. Sekarang di internet pun banyak tutorial cara belajar coding dengan berbagai bahasa pemrograman. Semua tergantung kebutuhan dan kemampuan Anda.

Komentar