Berbagai Pilihan Mobil Toyota

Toyota adalah salah satu merk mobil yang menjadi favorit di Indonesia. Alasan masyarakat Indonesia memilih Toyota sebagai mobil keluarga adalah karena perawatannya yang mudah sebab dealer Toyota tersebar di seluruh penjuru nusantara. Harganya cukup terjangkau di kantong masyarakat secara rata-rata.


Segmen Mobil Toyota

Sebagai mobil kelas dunia, Toyota menawarkan beberapa jenis mobil dengan spesifikasi khusus di masing-masing kelasnya. Jenis-jenis mobil tersebut adalah:

1. SUV

Mobil SUV adalah mobil jenis Sport Utility Vehicle. SUV merupakan mobil yang didesain dengan model sportif dan trendy. Mobil jenis SUV bisa digunakan sebagai mobil keluarga. Kapasitas angkut maksimalnya adalah lima orang hingga tujuh orang dan masih bisa memuat barang. Desainnya gagah dan rodanya kokoh sehingga bisa digunakan untuk kegiatan offroad.

Beberapa Mobil SUV Toyota adalah Toyota C-HR, Toyota Land Cruiser, Toyota Fortuner, Toyota Rush.

2. MPV

MPV adalah kendaraan multi guna, sesuai dengan Multi Purpose Vehicle. Mobil ini disebut multi fungsi karena bisa digunakan sebagai pengangkut penumpang sekaligus mampu membawa barang.
Contoh mobil toyota jenis MPV adalah Toyota Innova, Toyota Calya, Toyota Avanza, Toyota Sienta

3. Hatchback

Hatchback adalah mobil sejenis sedan tetapi bagian belakangnya lebih pendek. Hatchback bisa disebut sebagai sedan tanpa ekor. Mobil jenis ini disukai masyarakat karena lebih bisa ditampung di garasi rumah minimalis.

Contoh Toyota Hatchback adalah Toyota Agya, Toyota Yaris, Toyota Erios Valco.

Tips Memilih mobil Toyota

Bingung memilih mobil Toyota jenis apa untuk mobil keluarga? Beberapa poin berikut perlu dipikirkan sebelum memutuskan membeli mobil Toyota sesuai kebutuhan:

1. Jumlah anggota keluarga

Tujuan memiliki mobil pribadi adalah mobilitas seluruh anggota keluarga untuk mempermudah perjalanan jauh. Jika keluarga seluruhnya berjumlah lebih dari lima orang maka pilihan paling bijaksana adalah mobil jenis SUV atau MPV. Mobil jenis hatchback hanya cocok untuk keluarga kecil dengan maksimal jumlah anggota keluarga berempat.

2. Tujuan memiliki mobil

Apakah tujuan memiliki mobil hanya untuk mengangkut penumpang atau digunakan sebagai modal usaha? Belakangan marak memanfaatkan mobil untuk mengangkut dagangan. Jika ingin berdagang menggunakan mobil, maka MPV adalah pilihan tepat karena pintu belakangnya bisa dibuka dan ruangnya cukup lapang. Apalagi jika kursi penumpang dilipat sementara untuk menggelar barang dagangan. Mobil SUV terlalu mahal jika digunakan untuk menjual dagangan.

3. Harga

Tidak perlu memaksakan membeli mobil di luar anggaran. Apalagi membebani finansial keluarga dengan angsuran pembelian mobil secara kredit yang menguras sebagian besar pendapatan. Mobil MPV rata-rata harganya lebih murah. Jika tidak memungkinkan mobil baru tidak masalah jika harus membeli mobil second, yang penting perhatikan kondisi mobil terutama mesin dan bodynya dengan seksama agar tidak perlu mengeluarkan uang lebih besar untuk biaya perawatan atau perbaikan.

4. Garasi

Dimana harus menyimpan mobil yang akan dibeli? Jangan memaksakan membeli mobil berukuran besar dan terpaksa parkir di jalan karena ukuran garasi terlalu sempit. Hal ini sama dengan mencuri hak orang lain sebagai sesama pengguna jalan. Pilih mobil yang ukurannya muat disimpan dalam garasi

Untuk mendapatkan mobil Toyota terbaik baik deri segi harga maupun kondisi mobil bekasnya, tidak perlu ragu keluar masuk diler resmi Toyota atau diler mobil bekas terpercaya. Paling tidak cari tahu mengenai spesifikasi mobil di situs pabrikan Toyota atau Astra Indonesia sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk Toyota di Indonesia.

Komentar