Kampung Berseri Astra adalah Bukti Masyarakat Kita Bisa Mandiri

Saat ini tersedia banyak moda transportasi umum yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Mulai dari sepeda motor, bus, mobil, kereta api hingga pesawat terbang. Akan tetapi, sepeda motor lah yang sampai hari ini masih menjadi favorit banyak kalangan. Sepeda motor banyak dipilih karena kemudahan yang dimiliki kendaraan beroda dua itu sendiri. Apa lagi bagi Anda yang tinggal di kota yang rawan kemacetan, maka sepeda motor menjadi pilihan paling efektif.


Ketika berbicara tentang sepeda motor, maka Astra Honda rasa-rasanya tidak pernah absen dijadikan referensi. Ya, selain dijadikan sebagai rujukan sepeda motor berkelas, Astra bersama dengan Yayasan Astra Honda juga turut andil dalam menyejahterakan masyarakat. Hal ini ditunjukan dengan adanya program Kampung Berseri Astra.

Program Kampung Berseri Astra

Program Kampung Berseri Astra atau yang biasa disebut dengan KBA ini merupakan program yang dicanangkan Astra sebagai bentuk Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2013 lalu. Kegiatan ini diberikan untuk masyarakat dengan mengusung konsep pengembangan dengan mewujudkan 4 pilar program. 4 Pilar program tersebut adalah Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.


Program KBA ini bertujuan untuk memfasilitasi perusahaan dan masyarakat untuk dapat berbaur serta berkolaborasi mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang terjaga kebersihannya, cerdas SDM-nya, dan sehat masyarakatnya, serta diharapkan masyarakat dapat lebih produktif. Tujuan akhir dari program KBA ini adalah dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dalam perwujudannya, setiap kampung mempunyai keunggulan masing-masing dan kebutuhannya juga beragam sehingga tidak dapat disamaratakan dengan kampung-kampung lainnya. Astra memfasilitasi masyarakat dengan memberikan pelatihan-pelatihan lengkap dengan instrumen pendukung dari kegiatan tersebut.

Berapa Banyak Kampung Berseri Astra?

Hingga saat ini, setidaknya sudah ada 77 wilayah yang terdaftar sebagai KBA dan tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Berjalannya program KBA sampai hari ini menjadi bukti bahwa Astra memegang komitmen untuk menjadi bagian dari peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Bahkan tanggal 27-28 September 2018 lalu, ASII (PT Astra International Tbk) menyelenggarakan kegiatan yang dirangkum dalam “aksi hijau” di KBA Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu. Aksi ini dilakukan bersama seluruh karyawan yang tergabung dalam perusahaan-perusahaan Grup Astra, blogger serta rekan-rekan media.

Dalam kegiatan ini Astra peserta diajak untuk mengenal berbagai kegiatan ramah lingkungan. Mulai dari mengamati cara kerja biodigister, urban farming, sumur resapan, cara membuat ecobrick, serta gerakan menanam 500 pohon mangrove dan terumbu karang.

Macam-Macam Kampung Berseri Astra

Seperti yang sudah disinggung di atas, setiap kampung memiliki keunggulan masing-masing yang mana kebutuhannya pun bisa jadi berbeda. Hal inilah yang kemudian melahirkan 5 macam dari KBA itu sendiri.

1. Kampung Wisata

KBA Wisata ini adalah kampung yang di dalamya menyuguhkan suasana perkampungan yang asli, termasuk kehidupan sosial budaya, sosial ekonomi hingga adat istiadat maupun kesehariannya.

2. Kampung Hijau

KBA Hijau adalah kampung yang mempunyai lingkungan tinggal yang asri dan sehat. Selain itu kampung Hijau ini juga melakukan penerapan program pelestarian lingkungan yang meliputi komponen lingkungan biotik dan abiotik, komponen pendidikan dan budaya, komponen sosial ekonomi serta komponen kesehatan masyarakat.

3. Kampung Produktif

KBA Produktif adalah konsep yang diterapkan pada kampung mandiri di mana seluruh masyarakatnya dilatih untuk dapat memenuhi kebutuhannya sendiri serta menjadikan kampungnya sebagai pusat pembelajaran. Dalam kampung ini masyarakat juga dilatih untuk dapat meningkatkan kemandirian dari segi pendidikan, kesehatan, lingkungan serta pemberdayaan ekonomi.

4. Kampung Cyber

KBA Cyber adalah kampung yang di dalamnya sudah menerapkan pemanfaatan teknologi dan informasi. Penerapan konsep kampung modern ini meliputi; interaksi sosial, administrasi kampung, kehidupan pendidikan, ekonomi dan budaya.

5. Kampung Budaya

KBA Budaya adalah kampung yang di dalamnya terdapat potensi adat, tradisi, kerajinan, kesenian, arsitektur serta tata ruang yang masih asli. Jadi masyarakat yang ada di kampung budaya ini berkomitmen untuk melestarikan serta mengembangkan budaya mereka.

Upaya peningkatkan kualitas hidup masyarakat bukan hanya tugas pemerintah melainkan menjadi tugas kita bersama. Program Kampung Berseri Astra ini menjadi bukti bahwa sebenarnya masyarakat kita adalah masyarakat yang mandiri.

Komentar