Obati Kanker Payudara dengan Menggunakan Laser

LASER adalah singkatan dari Light Amplification oleh Stimulated Emission of Radiation. Sinar laser berbeda dari cahaya biasa. Cahaya dari matahari atau dari bola lampu memiliki banyak panjang gelombang yang berbeda dan menyebar ke segala arah. Sinar laser, di sisi lain, memiliki panjang gelombang tunggal dan dapat difokuskan dalam sinar yang sangat sempit. Ini membuatnya kuat dan sangat cocok untuk merawat kanker payudara.


Laser dapat digunakan sebagai pengganti pisau bedah untuk pekerjaan bedah yang sangat hati-hati, seperti memperbaiki retina yang rusak di mata atau memotong jaringan tubuh. Mereka juga dapat digunakan untuk memanaskan dan menghancurkan area kecil seperti beberapa tumor, atau untuk mengaktifkan obat-obatan yang peka terhadap cahaya. Dengan perkembangan jenis laser, kini mereka juga dapat digunakan untuk sebagai alternatif pengobatan kanker payudara bisa sembuh.

Laser dapat digunakan dalam 2 cara utama untuk mengobati kanker:
  1. Untuk mengecilkan atau menghancurkan kanker dengan panas
  2. Untuk mengaktifkan bahan kimia - dikenal sebagai agen photosensitizing - yang hanya membunuh sel-sel kanker (Ini disebut terapi photodynamic atau PDT)

Meskipun laser dapat digunakan sendiri, mereka sering digunakan dengan merawat kanker payudara dalam bentuk kemoterapi atau terapi radiasi. Laser juga dipandang mampu untuk mengobati kanker payudara hingga sembuh total atau mencegah efek samping dari perawatan kanker umum.

Misalnya, terapi laser tingkat rendah (LLLT) mungkin membantu dalam mengobati pembengkakan lengan (lymphedema) yang dapat dihasilkan dari operasi payudara. Beberapa penelitian juga melihat LLLT dapat mencegah atau mengobati luka mulut yang parah yang disebabkan oleh kemoterapi.

Laser jenis CO2 dan Nd: YAG digunakan untuk mengecilkan atau menghancurkan tumor. Mereka dapat digunakan dengan tabung tipis dan fleksibel yang disebut endoskopi yang memungkinkan dokter melihat dan bekerja di bagian-bagian tertentu dari tubuh yang tidak dapat dijangkau kecuali dalam operasi besar. Menggunakan endoskopi juga membantu sinar laser secara akurat untuk mengenai targetnya.

Jenis perawatan laser yang disebut laser-induced interstitial thermotherapy (LITT) dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis tumor, seperti tumor tertentu di hati. Ia menggunakan panas untuk membantu menyusutkan tumor dengan merusak sel-sel atau merampas mereka dari hal-hal yang mereka butuhkan untuk hidup seperti oksigen dan makanan.

Dengan semakin majunya teknologi dalam merawat kanker payudara, pasien kanker payudara tidak perlu terlalu takut lagi tentang bahayanya jenis kanker ini. Banyak pasien yang telah sembuh total, dan faktanya adalah kanker payudara bisa disembuhkan!

Komentar