Alasan Beli ASUS VivoBook A405UQ

Zaman sekarang anak kuliahan pasti punya laptop. Hampir tidak pernah saya jumpai anak kuliahan tidak punya laptop. Jika zaman kuliah saya dulu mungkin masih ada beberapa anak yang tidak punya laptop. Tapi zaman sekarang, sepertinya hampir tidak ada.

Ada beberapa alasan sih mengapa mahasiswa itu harus punya laptop. Yang pertama, karena tugas kuliah itu kadang datangnya tiba-tiba. Jadi sangat buang-buang waktu jika harus balik ke kos dulu untuk mengerjakan tugas, apalagi beberapa jam lagi masih ada kelas kuliah. Akan lebih efektif jika tugas kuliah ini dikerjakan di kampus sambil menikmati secangkir kopi di kantin dan dibarengi dengan teman kuliah lainnya.

Buat kamu yang mau kuliah dan bingung mau beli laptop yang seperti apa, saya punya rekomendasi laptop ASUS yang cocok untukmu. Dari segi spesifikasinya pasti bisa menyelesaikan pekerjaan kuliahmu. Dari sisi harga juga tidak terlalu memberatkan orang tuamu. Laptop ASUS yang saya maksud adalah laptop ASUS VivoBook A405UQ.


Spesifikasi Menengah ke Atas

Mendengar dari namanya mungkin kamu masih asing. ASUS VivoBook ini memang tidak sebagus ASUS seri ZenBook. Harganya juga tidak semahal ASUS ZenBook. Tapi dari sisi spesifikasi, rasanya bakal cukup menyelesaikan permasalahan komputasi tugas-tugas kuliahmu.

Dari sisi prosesor sudah menggunakan Intel Core i5 7200U-2.3Ghz-2.8Ghz. Dengan prosesor yang sudah Core i5, bisa dipastikan kamu tidak akan mengalami lagging saat menjalankan aplikasi perkantoran atau aplikasi berat lainnya. RAM nya juga sudah 8 GB. Buka browser juga tidak mungkin lemot. Jadi kamu bisa browsing tugas-tugas kuliah tanpa gangguan laptop lemot lagi.

Kamu sesekali juga bisa menggunakan laptop ini buat nge-game loh. Laptop ASUS VivoBook A405UQ ini dilengkapi dengan VGA nVidia GeForce GT940MX-2GB. Jadi yah kamu bisa merasakan grafis yang cukup bagus lah saat nge-game.

Dari sisi storage, laptop ini menggunakan 2 jenis storage. Yang pertama menggunakan 128GB SSD (SuperFast & AntiShock) dan yang kedua menggunakan 1TB HDD. Pengalaman menggunakan storage SSD saya sangat puas sekali. Booting awal sangat cepat, begitu juga menjalankan program dan aplikasi sangat cepat loadingnya.

Dari sisi sistem operasi sudah menggunakan Windows 10. Jadi kamu tidak perlu bingung beli lisensi Windows 10 lagi yah.

Cocok untuk Programer dan Desainer

Selain anak kuliahan biasa, kamu yang bekerja sebagai programer juga bisa menggunakan laptop ini untuk kegiatan programming. Ya mungkin zaman dulu programming tidak butuh laptop berspesifikasi tinggi, namun sekarang beda. Untuk kamu yang bekerja di bagian web developer akan merasakan bagaimana kebutuhan akan resource laptop yang cukup tinggi spesifikasinya untuk menjalankan beberapa service.

Apalagi jika kamu adalah programer Android. Laptop dengan RAM 8 GB baru dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan dari Android Studio itu sendiri saat ini. Jika dulu saat Eclipse masih didukung Google untuk memprogram Android, laptop RAM 2 GB saja rasanya cukup. Kalau sekarang? Tentu saja tidak bisa.

Bagi kamu yang bekerja sebagai desainer juga terkadang butuh laptop yang cukup gahar untuk membuka aplikasi desain buatan Adobe. Apalagi resolusi gambar yang dibuat cukup tinggi, pasti butuh spesifikasi laptop yang tinggi pula. Menyebalkan sekali apabila saat mendesain tiba-tiba ada notifikasi “Photoshop is not responding” padahal pekerjaan belum disimpan. Rasanya pasti pengen gigit meja. Hehe.

Worth It dengan Harganya?

Oh ya, setelah membicarakan spesifikasi dan cocok untuk apa, rasanya tidak lengkap jika tidak membicarakan harganya. Hanya di pasaran sih sekitar 9,1 jutaan. Worth it ga sih dengan spesifikasi seperti itu dihargai 9,1 jutaan? Jelas worth it lah. Apalagi kurs Dollar terhadap Rupiah sekarang tinggi. Zaman saya kuliah dulu sekitar tahun 2009, laptop harga segitu masih dapat RAM 2 GB dengan prosesor Core 2 Duo loh. Hehe.

Beli di Mana?

Mungkin kamu bakal nanya, belinya di mana? Laptop ASUS VivoBook A405UQ ini bisa kamu beli di Blibli.com. Di sana saya jumpai dijual dengan harga Rp 9,115,000. Kalau kamu tertarik, buruan dibeli, sebelum stoknya habis loh. Biasanya barang bagus begini, gampang banget habisnya.

Komentar