Benarkah Freon Harus Diisi Tiap Beberapa Bulan?

Banyak orang yang bertanya dan penasaran, apakah benar freon pada AC harus diisi tiap bulan? Untuk mengetahui jawabannya dan mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, ada baiknya jika kamu mengetahui fakta-fakta mengenai freon berikut ini.


Freon adalah sesuatu yang vital untuk semua mesin pendingin mulai dari kulkas hingga AC. Karena tanpa freon, AC tidak akan bisa membuat udara menjadi sejuk atau dingin. Kebocoran dan kekurangan freon adalah dua masalah utama yang sering terjadi pada AC. Ciri-ciri AC yang kurang freon bisa diidentifikasi dengan mudah.

Di antara beberapa tanda-tandanya adalah AC terasa kurang dingin bahkan setelah kita men-setting pada suhu rendah antara 16-18°C. Selain perubahan suhu pada ruangan, kita juga bisa merasakan perubahan suhu pada pipa AC yang tidak terasa dingin. Apabila pipa AC yang tidak terasa dingin mengeluarkan bunga es, itu juga menandakan bahwa AC kekurangan freon.

AC yang kekurangan freon juga biasanya terlihat seolah-olah mengalami kebocoran air akibat evaporator AC dipenuhi gumpalan es. Lampu indikator pada timer akan berkedip-kedip. Itulah beberapa ciri-ciri AC yang kekurangan freon. Lalu apa saja penyebab AC kurang freon?

Penyebab AC Kekurangan Freon


Ada beberapa hal yang menyebabkan AC kekurangan freon. Berikut ini adalah 4 penyebab AC kekurangan freon.

1. Terdapat kebocoran pada evaporator

Jika AC sudah berumur atau apabila unit tidak rajin dirawat dan dibersihkan secara reguler, hal tersebut dapat menyebabkan karet dan kerusakan evaporator.
Kerusakan tersebut bisa berupa kebocoran kecil atau besar yang akan ditandai dengan merembesnya oli pada bagian yang bocor. Untuk mengatasinya, cukup las pada area yang bocor.

2. Kebocoran pada pipa AC

Sebagian besar penyebab AC kurang freon adalah kebocoran. Kebocoran itu tidak hanya bisa terjadi pada evaporator, melainkan bisa juga terjadi pada pipa AC. Pipa AC yang bocor biasanya disebabkan karena pipa sudah tidak layak lagi. Tanda-tandanya bisa dilihat dengan mata telanjang seperti bercak-bercak hitam, atau apabila diraba terdapat jejak-jejak oli.

Solusi untuk mengatasi masalah ini cukup sederhana. Kamu hanya perlu mengganti pipa dengan yang baru. Hindari menggunakan pipa sambungan. Dan pilihlah hanya pipa yang utuh untuk menghindari masalah serupa terulang kembali.

3. Terjadi kebocoran pada kondensor pipa

Kondensor pipa yang terletak pada unit bagian luar juga bisa mengalami kebocoran dan mengakibatkan freon terus berkurang secara signifikan. Penanganannya tidak jauh berbeda dengan cara mengatasi kebocoran pada evaporator AC, yaitu dengan cara ditambal.

4. Neuple sambungan pipa rusak atau bocor

Instalasi AC yang dilakukan secara terburu-buru dan tidak profesional seringkali menyisakan bibit-bibit kerusakan pada AC. Salah satunya adalah kebocoran pada neuple sambungan pipa. Kebocoran ini sendiri biasanya terjadi akibat pemasangan yang tidak benar atau tidak melalui prosedur yang tepat.

Jika freon AC berkurang akibat kebocoran atau keretakan pada pipa, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru. Namun jika pipa tersebut tidak pecah atau retak, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah akibat pemasangan yang kendor. Solusinya, kamu hanya perlu mengencangkannya sedikit saja. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus tahu cara memasang AC yang benar.

Apakah Freon Harus Diisi Tiap Beberapa Bulan?


Dari ulasan di atas sudah jelas, bahwa freon tidak harus diisi tiap beberapa bulan, jika penyebab-penyebab freon berkurang bisa dihindari. Untuk itu, kamu harus mengecek kondisi AC milikmu secara berkala. Selain itu, yang paling penting untuk menghindari isi freon tiap beberapa bulan adalah saat kamu pertama kali memilih AC. Pastikan AC pilihanmu adalah AC berkualitas dan awet.

Pilih AC yang Awet dan Terpercaya


AC Gree merupakan pendingin ruangan recommended yang saat ini mulai masuk ke Indonesia untuk bersaing dengan beberapa merek populer yang sudah terlebih dahulu ada. Walaupun tergolong baru, anda tidak perlu takut membeli dan menggunakannya. Mengapa? Karena AC merk ini membawa sejumlah kelebihan berikut:
  1. Merk Gree berkomitmen penuh untuk melayani konsumen di seluruh tanah air
  2. Memiliki layanan purna jual yang andal dan sudah tersebar di pulau Jawa & Bali
  3. Menyediakan teknisi profesional yang sudah dilatih untuk memasang dan menservis serta menangani berbagai keluhan pelanggan AC Gree
  4. Teknisi yang mereka miliki sudah melalui proses training untuk memasang AC Gree sesuai dengan prosedur agar lebih awet dan tidak mudah mengalami kerusakan.
  5. AC Gree banyak dipakai di event dan project dunia, seperti Rio Olympics 2016, Daxing Airport, ataupun salah satu contohnya yang sedang berjalan saat ini yaitu Piala Dunia 2018 di Russia.

Jika ingin berkonsultasi atau ingin bertanya seputar AC Gree, anda bisa menghubungi Customer Care Gree Indonesia melalui nomor bebas pulsa di 0-800-1-777-888.
Beli AC, Pasti Gree…

Komentar