Green Tea Latte, Minuman Sehat yang Menenangkan! (Bagian 2)

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan beberapa hal mengenai teh, khususnya teh hijau (green tea). Lalu, di sini kita akan menjelaskan untuk Anda bagaimana cara membuat green tea latte sendiri di rumah, atau istilahnya untuk teh hijau yang berbuih.


Bahan utama yang dibutuhkan adalah bubuk teh hijau matcha, yaitu green tea berkualitas khas Jepang. Mengapa menggunakan bubuk teh matcha? Karena, matcha ialah bubuk teh hijau yang langsung dipetik dari daun (bukan diseduh), sehingga khasiatnya pun 10 kali lebih besar jika dibandingkan dengan teh hijau seduh biasa. Jadi, tak hanya sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun juga dalam hal kecantikan juga sangat bermanfaat.

Berikut resep selengkapnya untuk membuat green tea latte. Bahan yang diperlukan 1,5 sdt. teh hijau bubuk (matcha), 1 sendok makan air panas, 1 cangkir susu (susu sapi, susu almond, susu kedelai, atau apapun sesuai selera Anda), 1 sdt. gula, atau bisa juga digantikan dengan madu secukupnya.

Cara membuatnya: 

Ayak tepung teh hijau (matcha) ke dalam cangkir untuk membuang gumpalan bubuk teh hijau. Selanjutnya, tambahkan 1 sdm air panas (bukan mendidih), lalu aduk dengan kuat supaya bubuk teh benar-benar larut dalam air (tak ada gumpalan).  Hasilnya adalah teh hijau halus dan berbusa. setelah itu, masukkan ke dalam panci kecil, masukkan susu dan gula. Panaskan susu di atas api sedang sampai gelembung kecil mulai muncul di sekitar tepi panci.

Ingat, jangan merebus susu sampai benar-benar mendidih. Setelah panas, matikan api. (Atau bisa juga Anda meggunakan susu dingin untuk es latte). Aduk susu sampai berbusa dengan menggunakan frother. Tambahkan susu panas dan berbusa tersebut ke dalam cangkir yang sudah terisi dengan adonan teh hijau sebelumnya, lalu aduk kembali dengan sendok teh beberapa putaran. Tambahkan bubuk teh hijau diatasnya sambil diayak halus sebagai hiasan. Jika ingin disajikan dingin, Anda dapat menambahkan es batu.

Komentar