Wujud Nyata Catur Dharma pada Yayasan Dharma Bhakti Astra

Nama Astra sudah sangat tidak asing lagi di telinga masyarakat kita. Jika kita adalah pengguna merk Honda, Daihatsu, Toyota, dan Isuzu, maka sangat akrab sekali dengan nama Astra. Perusahaan yang satu ini memang sejak lama berdiri dan beroperasi di Indonesia. Banyak sekali produk-produknya yang dipakai oleh masyarakat kita. Selain menjual produk, Astra juga tidak tutup mata menjadi bermanfaat di masyarakat. Hal ini tercermin dari asas Catur Dharma yang menjadi filosofi perusahaan Astra ini.


Dalam poin pertama Catur Dharma, Astra dituntut untuk bermanfaat bagi bangsa dan negara. Bermanfaat yang bagaimana? Banyak sekali hal-hal yang telah dilakukan oleh Astra selama ini. Salah satu wujud nyata dari implementasi Catur Dharma yang dilakukan Astra adalah dengan mendirikan Yayasan Dharma Bhakti Astra.

Baru-baru ini Yayasan Dharma Bhakti Astra ini membuat program pengembangan bisnis yang diwakili oleh Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) di Semarang. Sasarannya jelas ditujukan untuk UMKM yang berada di sekitar Danau Rawapening.

LPB Semarang ini mengubah kebiasaan UMKM yang biasanya menambang gambut begitu saja tanpa diolah. LPB Semarang mengajak banyak masyarakat untuk menambah nilai jual tanah gambut tersebut dengan mengolahnya menjadi pupuk organik. Dalam programnya ini pihak LPB Astra bekerja sama dengan UMKM yang tergabung dalam Paguyuban Sedyo Rukun.

Selain di Semarang, LPB Astra ini juga ada di Mataram, NTB. Jika yang di Semarang fokus pada lahan gambut, di Mataram LPB Astra lebih menekankan pengembangan di sektor kuliner. Harapannya jelas nantinya agar kuliner di Mataram semakin terkenal dan diminati masyarakat Indonesia yang sedang atau akan pergi berlibur di Mataram. Dengan banyaknya minat masyarakat ini, tentu akan menjadi tambahan pemasukan bagi masyarakat Mataram.

Untuk mewujudkan hal ini LPB Astra Mataram bekerja sama dengan Koperasi Serba Usaha Cabe Rawit. Progresnya hingga saat ini, LPB Mataram beserta KSU Cabe Rawit ini sudah berhasil memasuki pasar Indomaret melalui produk makanannya seperti nasi kuning, sandwich, dan siomay.


Dengan keberhasilan Yayasan Dharma Bhakti Astra ini dalam LPB di dua kota tersebut, bukan tidak mungkin tahun depan mampu membuka LPB lagi di daerah Indonesia lainnya. Keberhasilan ini tentu saja tidak lepas dari program Inspirasi 60 Tahun Astra yang menginspirasi yayasan di bawah naungan Astra untuk lebih bermanfaat bagi masyarakat banyak di Indonesia.

Komentar