Saran Dokter Bagi Penderita Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan (ISK) adalah salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa akibat bakteri bernama bakteri E. coli. Yang paling beresiko atau paling sering terkena anyang-anyangan adalah ibu hamil. Bakteri penyebab ISK ditemukan di berbagai tempat, salah satunya adalah di dalam usus manusia.



Bakteri tersebut bisa keluar bersama tinja pada saat BAB dan kemudian berpindah ke saluran kemih apabila kita cebok dengan cara yang tidak benar. Misalnya cebok dengan mengusap dari belakang ke depan, kebiasaan ini akan menyebabkan bakteri tersebut pindah ke kemaluan dan kemudian masuk ke dalam saluran kemih.

Infeksi ini sering juga disebut infeksi saluran kemih. Umumnya, pada kehamilan usia 6-24 minggu akan mengalami peningkatan resiko, karena adanya berbagai perubahan akibat hormon di dalam tubuh ibu hamil.

Selain itu, posisi kandung kemih yang tertekan oleh rahim juga dapat menyebabkan ibu hamil kesulitan untuk mengosongkan kandung kemih secara sempurna ketika buang air kecil. Akibatnya, resiko terkena infeksi saluran kemih meningkat beberapa persen.

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan


Biasanya, ketika terkena anyang-anyangan masyarakat Indonesia percaya pada beberapa mitos untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan mengikatkan tali atau karet di ibu jari kaki. Padahal, menurut ahli kesehatan, mengikatkan karet di ibu jari tidak akan bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

Menurut dokter, apabila kita terkena anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih, langkah-langkah yang perlu diambil diantaranya adalah:

Banyak Minum Air Putih

Menurut dr Taneya Putri Zahra, dikutip dari Alodokter, ia mengatakan kita yang terkena anyang-anyangan sebaiknya mengkonsumsi air putih minimal 2,5 per hari. Manfaat utama mengkonsumsi banyak air putih adalah untuk memaksa tubuh buang air kecil lebih sering, sehingga bakteri yang ada di dalam kandung kemih akan dikeluarkan bersama-sama dengan urin.

Banyak Makan Buah dan Sayur

Salah satu penyebab mengapa kita mudah terkena Infeksi Saluran Kemih atau bisa mengalaminya berkali-kali dalam setahun adalah karena imun tubuh yang rendah. Apabila imun tubuh cukup kuat maka infeksi tidak akan mudah kita alami.

Dokter menyarankan kita untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayur karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menguatkan imun tubuh. Buah-buahan yang mengandung vitamin C sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan.

Mengkonsumsi Buah Cranberry

Menurut penelitian, buah cranberry dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih asam dan begitu juga kondisi di dalam saluran kemih. Kondisi ini tidak disukai oleh bakteri E. coli penyebab Infeksi Saluran Kemih atau anyang-anyangan. Sehingga bakteri tersebut kemungkinan besar akan lebih mudah dikeluarkan bersama urine apabila kita rajin mengkonsumsi buah cranberry, misalnya dalam bentuk jus atau obat.

Minum Obat

Jika beberapa cara di atas sebelum berhasil, kita dianjurkan untuk minum obat yang memang diformulasikan khusus untuk mengatasi anyang-anyangan (ISK). Salah satu contoh obat yang efektif dan ampuh untuk mengatasi ISK adalah Uricran.



Kandungan yang terdapat di dalam obat bernama Uricran ini diantaranya adalah: ekstrak cranberry, vitamin C, bifidobacterium bifidum, lactobacilus acidophilus, calcium lactate gluconate, dan lain-lain.
Obat ini bisa dimanfaatkan untuk memelihara kesehatan dan mencegah dengan diminum antara 1-2 sachets per hari atau bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati anyang-anyangan.

Obat ini aman dikonsumsi oleh anak kecil di atas tiga tahun dan bahkan oleh ibu hamil atau menyusui. Karena ini merupakan obat alami (suplemen makanan) yang terdiri atas ekstrak cranberry, vitamin C, serta probiotik.

Komentar