Resep Pudding Jambu Biji

Pernah gak sih ngerasa meski udah makan makanan berat kok rasanya masih kepengen makan aja ya? Entah itu karena efek menu makanan yang terlalu berlemak atau bisa juga karena rasa makanan yang terlalu pedas, asin maupun asam. Makanan yang memiliki rasa tajam memang kadang meninggalkan rasa yang kurang enak di mulut. Jadi mau gak mau cari pelarian untuk menghilangkannya dari mulu.


Itulah kenapa kadang ada makanan pencuci mulut. Ya untuk menetralisir rasa makanan yang sebelumnya dimakan. Saya sendiri lebih suka makan dessert yang manis atau paling gak asam deh. Karena makanan biasanya sudah ada rasa asin atau malah pedas. Makan makanan manis bisa menghilangkan rasa pedas dan asam biasanya mengurangi mual gara-gara makan makanan berlemak. Apalagi hamil gini bawaannya kepengen muntah terus. Jadi makan dessert yang dominan rasa asam akan sangat membantu.

Saya sih gak punya resep dessert yang istimewa banget. Palinglah apa, bikin pudding atau buah segar aja. Tapi biasanya lebih suka makan buah setelah makanan makanan utama. Selain segar, rasanya mulut juga lebih bersih ketika makan buah, hihi.

Biasanya selain dessert seperti buah dan pudding saya juga suka dessert berupa minuman yang dicampur buah, seperti es campur atau sup buah. Selain sekalian minum setelah makan ini juga efektif banget bikin seger setelah makan makanan yang rasanya terlalu kuat.

Saya ingin bagi-bagi resep nih pudding buah yang cocok buat dijadiin dessert di rumah.

Pudding Jambu Biji


Bahan:
1 bungkus agar-agar tanpa perasa
Air (kurangi setengah dari takaran pada bungkusnya)
Gula sesuai selera
2 buah jambu biji ukuran sedang

Cara Membuat:
  1. Masak agar-agar, air dan gula hingga matang.
  2. Jus jambu dengan sedikit air lalu saring.
  3. Setelah agar-agar terlihat sudah gak terlalu mengeluarkan uap panas, masukan perlahan jus jambu.
  4. Cetak agar-agar pada wadah, masukan ke dalam lemari es.
  5. Pudding jambu biji siap dihidangkan.

Selain jambu biji bisa kok diganti dengan buah lainnya. Seperti stroberi, kiwi, melon atau yang lainnya. Bisa juga masukan potongan nata de coco atau potongan buah. Pokoknya sesuai selera. Saat penyajian juga bisa ditambahkan susu kental manis supaya lebih berasa. Pokoknya saat mencampur agar-agar dan jus buah, perhatikan agar-agar sudah gak terlalu panas. Karena bisa mengubah warna jus dan bisa bikin jadi kurang menarik loh.

Kalau kamu punya resep dessert andalan juga gak nih? Share dong!

Komentar