Manfaat Mengkonsumsi Beras Organik

Masyarakat di Indonesia sangat bergantung dengan beras. Hal ini dikarenakan dari zaman dulu, masyarakat Indonesia menjadikan beras sebagai makanan pokok. Sebenarnya selain beras, masih ada lagi makanan yang bisa dijadikan makanan pokok, seperti gandum dan sagu. Hanya saja mungkin karena terbiasa menggunakan beras sebagai makanan pokok, maka saat memakan makanan pokok lainnya kurang menikmati. Bahkan di masyarakat kita ini jika belum makan nasi, belum dianggap sebagai makan. Mereka menganggapnya hanya cemilan saja. Kadang terdengar lucu memang, tapi itulah faktanya yang terjadi di masyarakat.


Karena penduduk Indonesia makin hari makin bertambah, maka kebutuhan akan beras pun di Indonesia semakin tinggi. Bahkan pemerintah saat ini masih mengimpor beras dari Thailand. Padahal nih saat kita belajar di bangku Sekolah Dasar kita sangat akrab dengan citra Indonesia adalah negara agraris yang kita melihat sawah di mana-mana. Namun, sekarang kita patut bertanya mengapa negeri ini masih mengimpor beras. Mungkin salah satu alasannya adalah karena lahan sawah yang semakin sedikit karena dibangun rumah dan jumlah penduduk yang membludak.

Di sisi lain, karena banyaknya permintaan akan beras ini membuat para petani berpikir bagaimana bisa memanen beras dalam waktu yang lebih singkat dari sebelumnya. Nah, di sinilah petani mulai menggunakan bahan kimia untuk mempercepat produksi beras. Untuk menghasilkan tampilan beras yang menarik (putih) tak jarang beras diberi pemutih. Nah inilah yang menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka yang panjang.

Untuk itu beberapa orang menggunakan beras organik untuk menggantikan beras yang biasanya beredar di pasaran. Dari sisi harga beras organik ini memang lebih mahal dari beras biasanya. Namun, kamu bisa menikmati banyak manfaat mengkonsumsi beras organik ini. Apa saja manfaatnya?

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi beras organik adalah kamu akan lebih sehat karena terbebas dari bahan kimia dalam banyak prosesnya. Beras organik ini bebas pengawet dan bebas pemutih. Karena terbebas dari banyak bahan kimia, maka secara tidak langsung kamu juga akan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang pengkonsumsi beras biasa. Selain itu, beras organik ini kaya akan serat serta lebih pulen dari beras kebanyakan. Beras organik ini juga digunakan untuk mencegah kolesterol.

Beras organik ini ada tiga jenis, yaitu beras organik warna putih, merah, dan hitam. Kelebihan beras organik merah ini adalah bisa digunakan untuk program diet. Selain itu, beras organik merah ini banyak mengandung banyak vitamin B1, B6, dan B12. Sedangkan beras organik hitam ini mengandung banyak vitamin dan asam amino. Beras organik hitam ini juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar diabetes. Dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.

Itulah beberapa kelebihan beras organik dibandingkan beras biasa. Jika kamu memang peduli dengan kesehatanmu serta ada budget yang lebih, kamu bisa menggunakan beras organik ini untuk dikonsumsi sehari-hari.

Komentar