Cara Terbaik Melatih Fisik Sebelum Umrah

Tidak dipungkiri apabila ibadah umrah adalah salah satu ibadah yang menuntut fisik dan mental. Oleh karena itu, kita membutuhkan persiapan khusus sebelum menjalankan ibadah umrah. Tidak hanya beberapa hari melainkan bisa memakan waktu berbulan-bulan, apalagi jika Anda sudah sudah lanjut usia. Walau demikian, bukan berarti mereka yang masih muda boleh menganggap remeh persiapan ini.



Persiapan fisik yang baik akan membuat ibadah umrah jauh lebih mudah untuk dijalankan mengingat apabila fisik tidak kuat, maka ibadah umrah akan menjadi kurang lancar dan bermunajat kepada Allah pun menjadi kurang nikmat karena tidak maksimal.

Untuk melatih fisik, ada beberapa tips persiapan umrah yang perlu Anda terapkan, diantaranya adalah:

Mulailah mengkonsumsi makanan sehat

Makanan-makanan sehat harus mulai diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama makanan berupa sayur dan buah-buahan. Kemudian, kurangilah makanan-makanan instan atau junk food yang berpotensi membuat berat badan naik.

Perbanyak juga minum susu untuk menguatkan tulang. Karena bagi Anda yang sudah lanjut usia, kekuatan tulang sangat penting ketika melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga.

Peregangan

Jika selama ini anda jarang berolahraga, atau tidak pernah sama sekali berolahraga, sebelum memulai biasakan diri untuk melakukan peregangan dan pemanasan secara maksimal.

Peregangan bisa dimulai dari ujung kaki hingga leher. Selalu lakukan peregangan sebagai bentuk pemanasan sebelum melakukan olahraga utama.

Peregangan berfungsi untuk mengurangi kekagetan otot-otot ketika dipaksa untuk melakukan aktivitas berat berupa olahraga seperti berlari dan lain-lain. Sehingga otot-otot di tubuh kita akan lebih siap.

Jogging

Sebelum jogging, mulailah dengan berjalan kaki seperti biasa, kemudian berjalan cepat, setelah dirasa cukup, cobalah untuk jogging atau berlari-lari kecil.

Persiapan ini setidaknya harus dilakukan dua atau tiga bulan sebelum berangkat umrah. Dalam seminggu, lakukanlah minimal 3 kali. Yang dianjurkan, olahraga harus dilakukan 5 kali dalam seminggu. Setiap sesi bisa dilalui selama 30 hingga 40 menit atau sesuai dengan kondisi fisik.

Jalani gaya hidup sehat

Untuk membuat fisik jauh lebih sehat dan untuk membuat stamina jauh lebih kuat, selain melakukan kegiatan-kegiatan seperti olahraga atau latihan, kita juga dianjurkan untuk menjalani gaya hidup sehat.

Bentuk-bentuk gaya hidup sehat diantaranya adalah:


  1. Mengurangi merokok jika kamu adalah perokok, atau berhenti sama sekali.
  2. Tidur teratur dan menghindari kebiasaan begadang. Tidur lebih awal dan bangun lebih awal harus dibiasakan.
  3. Perbanyak minum air putih untuk mengeluarkan racun racun dari dalam tubuh dan untuk menghidrasi tubuh .
  4. Kurangi makanan-makanan yang digoreng karena banyak mengandung lemak trans, yaitu lemak tidak baik yang dapat merusak tubuh dan stamina.


Itulah cara-cara terbaik melatih fisik agar jauh lebih kuat dan lebih siap dalam menghadapi ibadah umrah. Dalam berolahraga, ketika pertama kali memulai, jangan ragu-ragu untuk memulai dengan gerakan-gerakan yang simpel dan ringan, selama satu atau dua minggu awal sebelum meningkatkan level ke dalam bentuk olahraga yang lebih berat.

Komentar