Tips Menjalani Trimester Pertama Kehamilan

[Sponsored Post]

Bagi setiap pasangan yang sudah menikah tentu saja memiliki momongan adalah hal yang paling ditunggu. Meski pada awal kehamilan biasanya para ibu mengalami morning sickness, mual, muntah yang disertai pusing tidak membuat para ibu gentar untuk menjalani kehamilan di trimester pertama.


Dengan adanya beberapa gangguan yang sudah disebutkan, bertanda bahwa tubuh Bunda sedang dalam fase penyesuain sang jabang bayi. Pada fase trimester pertama pada rahim Bunda mulain muncul kantung yang berisikan air ketuban di sekitar embrio. Air ketuban ini berfungsi untuk melindungi sang janin selama masa kehamilan Bunda.

Pada fase trimester pertama ini Bunda harus menjaga asupan gizi agar sang janin mendapatkan asupan yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Berikut adalah tips trimester pertama Lactamil

Memeriksakan Kandungan ke Dokter

Hal pertama yang dapat Bunda lakukan setelah mengetahui bahwa Bunda hamil adalah dengan memeriksakan kandungan ke dokter. Dengan begitu Bunda dapat mengetahui lebih awal gangguan pada kandungan Bunda.

Mengkonsumsi Asam Folat

Pada masa kehamilan asam folat berfungsi untuk mencegah cacat lahir pada janin. Bunda dapat mendiskusikan takaran asam folat yang tepat untuk dikonsumsi kepada dokter.

Berhati-hati Meminum Obat

Ibu hamil sangat tidak disarankan untuk meminum obat-obatan yang banyak dijual di warung-warung. Hal ini dapat berpengaruh pada janin yang dapat menimbulkan berbagai gangguan pada janin. Jika Bunda sakit lebih baik Bunda berkonsultasi ke dokter agar Bunda tahu obat yang tepat untuk dikonsumsi saat hamil.

Hindari Makan Makanan Mentah

Makanan mentah sangat tidak baik bagi ibu hamil karena dalam makanan yang belum dimasak terdapat banyak bakteri yang dapat membahayakan kandungan. Pastikan Bunda tidak memakan daging atau telur setengah matang. Dan memasak sayuran dengan suhu yang pas agar kandungan nutrisi pada sayuran tidak hilang.

Perbanyak Minum Air Putih

Air memiliki banyak fungsi pada tubuh Bunda, salah satunya adalah untuk mengantarkan nutrisi makanan kepada sang janin. Dengan banyak meminum air bunda dapat terhindar dari kelahiran bayi prematur, selain itu juga dapat mencegah hemoroid, infeksi kandung kemih dan pembengkakan berlebihan.

Perbanyak Istrirahat dan Hindari Stress

Pada ibu hamil, stres dapat mempengaruhi kondisi sang janin, sehingga Bunda tidak boleh stres. Istirahat yang cukup dapat membantu mengurangi stres.

Berolahraga Secara Teratur

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh berolahraga? Bunda dapat melakukan olahraga yang tidak terlalu memberatkan fisik. Contohnya seperti melakukan jalan pagi. Dengan olah raga secara teratur Bunda dapat melancarkan peredaran darah dan mempermudah proses persalinan.

Komentar