Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Di musim pancaroba seperti sekarang ini, tubuh kita gampang sekali sakit. Biasanya di musim yang seperti ini, sakit akan dimulai dengan bersin-bersin lalu badan mulai merasa menggigil dan demam. Hal itu sangat biasa terjadi karena tubuh kita menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu di sekitarnya. Ketika musim pancaroba, antara panas dan hujan sangat tidak menentu. Oleh karena itu, tubuh pun harus menyesuaikan cuaca yang berubah dengan cepat. Bagi tubuh yang tidak fit, maka akan sangat gampang terserang penyakit. Untuk itu, kita harus menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap fit. Ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa kita lakukan. Berikut ini adalah penjelasannya.


Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Makanan adalah sumber kesehatan dan sakit kita. Ketika kita makan makanan sembarang, maka benih-benih penyakit pun akan tumbuh di tubuh kita. Untuk menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba, perbanyaklah makan sayur dan buah. Sayur dan buah dapat menambah imunitas tubuh karena sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan zat-zat lain yang berguna bagi tubuh.

Perbanyak Minum Air Putih

Selain makan sayur dan buah, mengkonsumsi air putih yang banyak sangat perlu untuk menjaga kesehatan tubuh. Setidaknya jika kamu ingin sehat, sehari kamu harus minum 8 gelas air putih. Air putih ini dapat melunturkan banyak zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu juga bisa melancarkan proses pencernaan makanan. Banyak sekali penyakit yang disebabkan karena pencernaan yang tidak lancar.

Istirahat yang Cukup

Beban kerja sehari-hari juga bisa menyebabkan seseorang terganggu kesehatannya. Apalagi di musim pancaroba seperti ini, seseorang harus memperhatikan jam kerjanya. Bekerja boleh, namun tubuh juga punya hak untuk istirahat. Ketika musim pancaroba seperti ini usahakan tidur selama 5 hingga 7 jam sehari di malam hari. Karena bagaimana pun tidur di malam hari itu lebih sehat dibandingkan tidur di pagi hari. Jika ingin menambah jam tidur, sebaiknya tidur di siang hari cukup sekitar 30 menit hingga 1 jam saja.

Olahraga yang Teratur

Jika makanan, minuman, dan istirahat sudah terpenuhi, kita bisa menambah tameng untuk menjaga kesehatan tubuh dengan rajin olahraga. Olahraga bisa kita lakukan di pagi hari sebelum berangkat kerja atau sekolah. Jika tidak bisa menyempatkan waktu di pagi hari, olahraga bisa dilakukan di waktu sore. Namun tentu saja olahrga di sore hari tidak sesegar ketika di pagi hari.

Konsumsi Multivitamin Bila Perlu

Namun jika empat hal di atas sudah dilakukan dan masih tetap saja menunjukkan gejala akan sakit, maka mengonsumsi multivitamin sangatlah perlu. Saya pernah mengalami ketika sudah ada gejala sakit, saya minum air yang banyak, makan sayur dan buah, dan istirahat yang cukup namun tetap saja bersin-bersin. Lalu saya punya ide untuk meminum multivitamin. Alhamdulillah setelah mengonsumsi multivitamin, saya tidak bersin-bersin lagi.

Itulah lima cara untuk menjaga kesehatan saat musim pancaroba. Semoga tips di atas berguna.

Komentar