5 Menu Makanan untuk Menyiasati Anak Susah Makan Sayur

Ada kalanya selera makan anak kecil tidak sama dengan orang dewasa. Sehingga anak-anak membutuhkan menu yang berbeda dari orang dewasa. Hal ini pun menjadi PR bagi para ibu untuk mencari menu masakan hari ini yang sesuai bagi anaknya. Belum lagi ternyata anak tersebut tidak suka makan sayur. Para ibu harus mensiasati agar anak tetap mau makan sayur tanpa harus dipaksa.



Kebanyakan anak kecil memang cenderung menyukai makanan yang gurih dan kurang menyukai sayur. Hal ini dikarenakan sayur memiliki rasanya kurang enak. Atau malah untuk beberapa sayur terkadang memiliki rasa yang pahit. Padahal sayur memiliki kandungan vitamin yang bagus untuk pertumbuhan sang anak. Tapi jangan khawatir ada beberapa menu masakan yang dapat dicoba ibu di rumah. Berikut adalah makanan untuk menyiasati anak susah makan sayur.

1. Tempura Sayur

Tempura pada umumnya dapat berupa daging atau seafood yang dibalut dengan campuran tepung dan telur yang kemudian digoreng. Nah, untuk menyiasati anak yang susah makan sayur, ibu dapat membuat tempura dari sayuran. Contohnya adalah tempura bayam. Caranya mudah, ambil sehelai daun bayam kemudian celupkan pada campuran tepung terigu, maizena, telur, garam dan merica. Kemudian goreng hingga kecoklatan. Semua sayuran dapat dijadikan tempura sayur. Hanya saja pilih sayuran yang tidak memiliki rasa pahit agar anak tidak merasa kapok untuk makan sayur.

2. Nuget Sayur

Olahan nuget adalah makanan yang umumnya disukai oleh anak-anak. Meski kebanyakan nuget berbadan dasar daging, ibu juga bisa menambahkan sayuran. Sayuran yang umumnya ditambahkan pada nuget sayur adalah wortel. Tapi selain wortel pun ibu juga dapat mengkreasikannya sesuai dengan pilihan. Cara untuk membuat nuget sayur ini sangat mudah, seperempat daging ayam tanpa tulang dan seperempat wortel yang sudah dihaluskan dicampurkan dengan telor, garam, merica dan tepung panir. Haluskan kembali ke dalam coper hingga tercampur rata. Setelah itu masukan kedalam loyang dan kukus hingga matang. Potong-potong adonan sesuai selera, lalu celupkan kedalam kocokan telur lalu gulingkan ke tepung panir. Diamkan dalam lemari es, lalu goreng.


3. Tumisan Sayur Kreatif

Anak kecil pada umumnya menyukai sesuatu yang menarik, sehingga saat menghidangkan makanan pun harus disajikan dengan menarik. Ibu dapat memasak tumisan sayur dengan macam sayuran yang memiliki warna berbeda. Contohnya adalah membuat tumisan dari jagung manis, wortel, brokolidan kembang kol. Tambahkan daging ayam atau udah untuk mempercantik tampilan. Dan beri sedikit kuah agar lebih nikmat saat dimakan dengan nasi.

Komentar