Ingat Jangan Dibuang, Ini Lho Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan

Memang benar jika hampir setiap orang sudah kenal akan manfaat buah alpukat satu ini. Tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral saja, buah alpukat yang mempunyai rasa enak ini ternyata juga mengandung lemak sehat yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan organ tubuh, seperti jantung. Bahkan tidak hanya itu saja buah alpukat ini juga sangat baik sekali sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan.

Hal tersebut karena buah alpukat mempunyai 14 mineral dan 11 vitamin yang pastinya sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Namun tidak hanya buahnya saja yang kaya akan manfaat, ternyata biji buah alpukat ini juga akan akan manfaat yang baik juga untuk kesehatan tubuh. Luar biasanya lagi, manfaat biji lapukat ini khasiatnya lebih baik bila dibandingkan dengan buahnya lho. Sebab di dalam biji alpukat terdapat antioksidan dan serat yang sangat tinggi. Namun, untuk lebih jelaskan akan manfaat biji alpukat bagi kesehatan, berikut ulasannya.

Ini dia manfaat biji alpukat untuk kesehatan



Kaya akan antiosidan

Sebuah study yang telah dilakukan oleh National University of Singaore di tahun 2003 lalu melakukan penelitian terhadap biji asam, biji mangga, biji nangka, dan biji alpukat. Diantara biji buah yang diteliti tersebut, hanya biji alpukat saja yang mempunyai kandungan antioksidan lebih tinggi. Bila dibandingkan dengan daging dan juga kulitnya, biji alpukat ini mengandung sekitar 70 persen antioksidan. Yang mana kandungan inilah yang bisa dimanfaatkan untuk menangkal berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi tubuh dan penting untuk menghindari penyakit yang menyerang tubuh yang rentan seperti penyakit torch maupun flu pada umumnya.


Kaya akan potassium

Manfaat biji alpukat lainnya adalah biji buah ini kaya akan potassium. Potassium ini sendiri adalah salah satu nutrisi yang sangat baik dalam menstabilkan tekanan darah serta bisa menjaga kesehatan jantung Anda dengan baik. Akan tetapi, kandungan potassium yang ada pada biji alpukat ini akan berkurang seiring dengan bertambah matangnya buah alpukat tersebut. Oleh sebab itulah, untuk bisa mendapatkan kadar potassium yang maksimal, silakan pilih buah alpukat yang masuh muda atau belum terlalu matang.

Kaya akan serat larut

Manfaat biji alpukat yang selanjutnya adalah kaya akan serat larut yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Menurut seorang dokter yang bernama Tom Wu, N.M.D, menyatakan bahwasannya serat larut yang ada di dalam biji alpukat bila Anda konsumsi secara rutin akan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol buruk serta bisa menjaga kesehatan jantung Anda dengan baik.

Sebagai obat sakit maag

Biji alpukat juga bisa bermanfaat untuk obati sakit maag. Seperti yang sudah Anda tahu bahwa sakit maag ini adalah penyakit yang seringkali diderita oleh hampir setiap orang. Maag merupakan penyakit yang terjadi pada pencernaan manusia yang disebabkan oleh pola makan buruk. Tetapi, Anda juga jangan terlalu khawatir, sebab Anda masih bisa mengatasi sakit maag tersebut. Caranya sangat mudah sekali, yakni cuci alpukat sampai bersih dengan air matang, lalu parut bijinya dan campurkan dengan air matang sebanyak ½ gelas. Bila sudah saring airnya, kemudian mimun secara rutin di pagi dan sore hari.

Mengatasi bengkak akibat peradangan

Biasanya peradangan bisa diatasi dengan cara menggunakan antibiotik. Akan tetapi, Anda pun juga bisa memanfaatkan biji alpukat sebagai obat ampuh untuk mengatasinya. Caranya sangatlah mudah, tumbuk biji alpukat sampai halus, kemudian tambahkan air hingga jadi bubur. Bila sudah, Anda dapat membalurkan ramuan ini di bagian tubuh yang sakit secara rutin sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat biji alpukat dengan baik.

Mengatasi sakit gigi

Manfaat biji alpukat yang terakhir adalah untuk mengatasi sakit gigi secara alami. Sakit gigi adalah salah satu jenis penyakit yang bisa menjadikan penderitanya jadi tidak nyaman. Cara memanfaatkan biji alpukat ini sebagai obat sakit gigi paling ampuh dan mujarab adalah dengan menumbuk biji alpukat tersebut sampai halus. Bila sudah oleskan tumbuhkan biji alpukat di gigi yang sakit.

Demikianlah tadi beberapa manfaat biji alpukat bagi kesehatan yang bisa kami uraian untuk Anda semuanya, semoga saja bisa bermanfaat.

Komentar