Kenali Jenis-Jenis Gergaji Berdasarkan Mata Gergajinya

Banyak tempat yang menawarkan jual gergaji dengan beragam jenisnya, namun tidak semua orang dapat memilih jenis gergaji sesuai kebutuhan. Padahal sebenarnya membedakan gergaji tidak begitu sulit, cukup dibedakan dari matanya saja.

Gergaji untuk memotong kayu memiliki mata gergaji yang kasar dengan jarak antar mata yang renggang. Sedangkan gergaji untuk memotong besi umumnya memiliki mata gergaji yang lebih halus dengan jarak antar mata yang rapat.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan gergaji, sebelum memutuskan membelinya di toko jual gergaji, sebaiknya kenali dulu jenis-jenis gergaji berdasarkan matanya. Karena salah dalam memilih gergaji, dapat mengakibatkan gergaji macet, cepat tumpul bahkan mata gergajinya patah.
Berikut ini jenis-jenis gergaji berdasarkan mata gergajinya

Coping Saw


Gergaji ini mampu memotong bentuk rumit terhadap bagian yang sempit, seperti pada papan maupun tripleks. Memiliki tampilan seperti huruf ‘U’, coping saw memudahkan dalam memotong lekukan. Mata gergajinya berbentuk kecil, tipis dan tajam, serta bisa diganti apabila patah atau tumpul.

Hand Saw


Gergaji jenis ini digunakan untuk memotong dan membelah balok kayu. Handsaw didesain untuk memotong kayu dengan urat kayu yang searah. Mata gergaji tampak besar dan tidak bisa diganti. Jika sudah tidak tajam, Anda dapat mengasahnya menggunakan kikir khusus.

Crosscut Saw


Memotong kayu dengan cara melintang adalah kelebihan crosscut saw. Selain itu, gergaji jenis ini juga memiliki gigi penyeimbang yang lebih kecil. Dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, biasanya para tukang menggunakan crosscut saw bernomor 8.


Keyhole Saw


Membedakan gergaji jenis ini di toko jual gergaji tidak begitu sulit. Keyhole Saw mempunyai ukuran kecil serta didesain dengan bentuk khusus untuk memotong bagian sempit.

Back Saw


Back Saw berukuran kecil dan digunakan untuk membuat potongan diagonal seperti bingkai foto atau sambungan lemari.

Hack Saw

Gergaji jenis ini adalah gergaji khusus untuk memotong logam. Namun biasanya juga digunakan untuk memotong pipa plastik dan pipa berbahan keras lainnya. Mata gergaji Hack Saw sangat halus dan terbuat dari besi baja serta carbon steel. Memiliki jarak yang cukup rapat, jika mata gergaji pada Hack Saw tak lagi tajam, maka harus segera diganti.

Itulah cara membedakan jenis gergaji dari matanya. Sekarang Anda bisa dengan mudah memilih gergaji sesuai kebutuhan.

Komentar