Ciri-ciri Penyakit Kolesterol Tinggi yang Mudah Diketahui

Bagi anda yang menderita kolesterol, tentu saja anda harus mengetahui ciri-ciri atau gejala penyakit kolesterol tinggi. Hal ini sangat berguna untuk anda agar pencegahan dan tindakan medis bisa dilakukan dengan segera. Apalagi beberapa dokter mengungkapkan bahwa penyakit kolesterol seperti ini jarang menunjukkan ciri-ciri fisik. Berikut ini adalah ciri-ciri penyakit kolesterol tinggi yang bisa anda rasakan dalam sebagian tubuh, seperti:


Kepala sering sakit secara tiba-tiba

Sakit kepala secara tiba-tiba dalam waktu yang lama merupakan salah satu ciri-ciri penyakit kolesterol tinggi. Tingkat kolesterol yang cukup tinggi dalam pembuluh darah anda biasanya membuat aliran darah ke seluruh organ menjadi terganggu. Hal ini juga terjadi pada saat darah akan mengalir ke otak dan membuat kepala merasa sakit dalam waktu yang cukup lama. Kolesterol yang tinggi akan menyumbat beberapa pembuluh darah di sekitar otak anda sehingga anda juga akan merasa pusing.

Pundak dan bagian tengkuk merasa nyeri

Rasa nyeri pada bagian pundak dan tengkuk juga bisa menjadi ciri-ciri penyakit kolesterol tinggi. Bahkan, menurut dokter hal ini terjadi karena sistem pembuluh darah di sekitar bagian ini terhambat akibat penumpukan kolesterol. Beberapa orang merasakan tengkuk yang cukup tegang dan pundak yang sangat nyeri. Rasa sakit seperti ini juga terjadi secara tiba-tiba bila anda mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi pada waktu itu juga. Bila hal ini terjadi, sebaiknya anda harus mengurangi bahkan menghentikan jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi itu.

Anda akan merasa mudah lelah hingga mengantuk

Ciri-ciri penyakit kolesterol tinggi juga akan menyebabkan rasa lelah berlebihan dan mengantuk setiap saat. Penumpukan kadar kolesterol yang cukup tinggi dalam darah akan membuat anda merasa lemah hingga letih pada waktu yang cukup lama. Hal ini terjadi karena aliran darah yang membawa nutrisi penting bagi tubuh akan terhambat. Tentu saja seluruh organ tubuh yang membutuhkan nutrisi penting juga akan bekerja kurang maksimal dan membuat tubuh anda merasa lemas. Selain itu, tingginya kolesterol tinggi pada seluruh bagian tubuh anda juga menghambat oksigen untuk masuk ke otak melalui aliran darah. Hal ini yang membuat anda mudah mengantuk bahkan kurang memiliki tenaga.

Kaki mengalami kesemutan

Kesemutan yang sering terjadi pada kaki bisa dianggap sebagai salah satu dari ciri-ciri penyakit kolesterol tinggi. Anda tidak dapat menganggap kejadian ini sebagai hal remeh karena akan memberikan dampak yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh anda. Kesemutan pada beberapa bagian tubuh anda seperti kaki terjadi karena aliran darah terhambat atau kurang berfungsi secara normal. Kaki yang letaknya cukup jauh dari pusat jantung akan merasakan efek aliran darah yang kurang normal. Hal ini terjadi karena aliran seluruh darah terhambat dan pembuluh darah menyempit akibat tingginya kadar kolesterol. Beberapa dokter juga mengungkapkan bahwa kaki yang juga sebagai penopang seluruh tubuh akan mudah merasakan dampak dari penyumbatan pembuluh darah.

Komentar