Cara Merawat Sparepart Mobil yang Benar

Tahukah Anda apa saja cara merawat sparepart mobil yang benar? Mobil adalah jenis kendaraan yang dapat digunakan baik individu maupun bersama. Untuk itu ketika menggunakan mobil ini hendaknya semua orang yang ada pada mobil tersebut mengetahui bagaimana cara merawat sparepart ini. Sedikit informasi untuk Anda bahwa mobil ini terdiri dari beberapa sparepart yang tersusun dengan baik. Namun saat salah atau beberapa sparepart tersebut mengalami masalah kerusakan.


Hendaknya harus dilakukan segera penggantian pada bagian sparepart yang mengalami masalah tersebut. Dengan demikian mobil menjadi terawat dan terhindari dari berbagai kerusakan yang mungkin saja terjadi. Berikut ini beberapa cara merawat sparepart yang benar untuk dilakukan:

Pemeriksaan rutin berkala

Ada baiknya apabila Anda melakukan pemeriksaan rutin secara berkala misalnya dalam waktu enam bulan sekali. Dengan menjalani pemeriksaan rutin secara berkala akan memberikan dua keuntungan. Keuntungan yang pertama Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan kerusakan dan bisa langsung menggantinya. Sehingga menghindari kerusakan yang lebih besar. Kedua apabila dilakukan pemeriksaan rutin berkala akan meminimalkan dari terjadinya bahaya kecelakaan yang dapat menimpa siapa saja.

Ban mobil

Untuk spearpart bagian luar mobil berada pada ban mobil. Sebelum menggunakannya untuk berkendara ada baiknya dicek selalu keadaan ban. Apakah kondisinya sudah layak untuk diajak berkendara. Misalnya saja gigi pada ban masih terlihat sehingga terhindar dari bahaya ban yang licin. Selain itu pastikan juga bahwa angin pada ban tersebut sudah terisi secara maksimal. Sehingga akan memberikan persiapan yang matang dan menghindari adanya kebocoran ban tersebut.

Pelumas mesin

Anda juga harus memperhatikan mengenai pelumas kendaraan yang dimiliki. Apakah pelumas mesin masih ada dan dalam keadaan tercukupi. Jangan sampai Anda merasa bahwa pelumas mesin yang diberikan kurang. Sehingga perjalanan Anda terganggu dan tidak nyaman. Untuk itu pilih jenis pelumas mesin terbaik untuk mobil Anda untuk membantu mobil selalu dalam keadaan mesin yang prima.

Aki mobil

Salah satu sparepart mobil yang harus terjaga dengan baik adalah aki. Anda bisa menggunakan aki basah dan kering. Semuanya tentunya disesuaikan dengan aki awal yang ada pada mobil tersebut. Namun salah satu jenis aki yang lebih awet adalah jenis aki basah. Selain itu baik pada aki kering atau basah ada baiknya selalu mengecek ketinggian air pada aki tersebut. Pastikan bahwa selalu memeriksanya dan membersihkan saluran aki tersebut. Dengan saluran yang lancar akan mendukung kinerja aki pada mobil Anda.

Wiper

Wiper adalah alat untuk membersihkan air hujan yang berada pada bagian depan kaca mobil. Spearpart bagian ini sangat penting diperhatikan karena berguna untuk membersihkan air hujan saat berkendara. Untuk itu saat melakukan pencucian mobil atau pun service. Ada baiknya mencoba menggerakkan dengan benar yang bertujuan agar kinerja wiper ini selalu dalam keadaan yang baik.

Timing belt

Pada mesin mobil ada yang dinamakan dengan timing belt. Jenis sabuk mesin ini harus berjalan dengan lancar. Tujuannya agar kinerja mesin menjadi lebih awet atau tahan lama. Sehingga ada baiknya ketika Anda menjalani pemeriksaan secara berkala menggunakan bengkel resmi. Tujuannya agar sparepart mobil jenis ini selalu dapat diawasi dengan baik dan rutin tentunya dengan standar yang tepat. Untuk itu alasan mengapa perawatan mesin harus menggunakan bengkel resmi.

Komentar