Segudang Manfaat Beras Merah Untuk Anda Yang Sedang Diet

Beras merah atau beras putih sama-sama mempunyai kandungan yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan yang sangat lengkap tersebut akan membuat tubuh menahan lapar lebih lama lagi. Yang menjadi perbedaan adalah beras yang diolah secara tradisional akan lebih baik jika dibandingkan dengan beras poles putih yang mana dalam pengolahannya tidak benar-benar menghilangkan lapisan dedak, dalam lapisan dedak tersebut banyak mengandung serat dan vitamin B yang tinggi.

Beras merah dan beras putih merupakan varietas yang sama, yang membedakan adalah warna dari beras merah ini yang merah kecoklatan, hargannya pun jauh lebih tinggi dari beras putih karena beras beras tidak banyak yang dibudidayakan oleh petani. Berbicara masalah rasa memang beras merah kurang enak, mempunyai tekstur agak keras dan dalam memasaknya juga membutuhkan waktu yang lebih banyak, hal inilah yang menjadi dasar beras merah tidak banyak dipilih oleh masyarakat, tetapi manfaat beras merah untuk diet lebih baik jika dibandingkan dengan beras putih.


Beras merah mempunyai kandungan zat yaitu antosianin yang terdapat pada lapisan warna beras tersebut yang dapat bermanfaat sebagai anti kanker, zat antioksidan serta anti glisemik yang tinggi yang sangat baik untuk mengantisipasi diabetes dan anti hipertensi. Manfaat beras merah untuk diet yang lainnya adalah :

1. Menurunkan kolesterol jahat

Sumber serat larut yang terkandung dalam beras merah sangat baik yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, terdapat juga minyak esensial dalam beras merah ini yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan hipertensi, serta dapat meningkatkan kolesterol yang baik yang sangat diperlukan oleh tubuh.

2. Menjaga berat badan yang ideal

Diet dengan makanan yang tinggi kandungan serat akan membuat perut kita kenyang lebih lama dan hal tersebut dapat mendorong anda melakukan diet yang lebih sehat. Beras merah merupakan makanan dengan kandungan serat yang sangat tinggi dan memiliki glikemik yang rendah jika dibandingkan dengan beras putih, hal ini yang akan membuat kadar gula dalam darah stabil dan optimal.

Dua manfaat beras merah di atas sangat dianjurkan dan direkomendasikan untuk anda yang ingin menjalankan program diet atau yang sedang menjalani diet bahwa beras merah tersebut sangat baik jika dikonsumsi oleh anda yang sedang diet.

Komentar