Tips Mudah Jual Buku Online

Beberapa tips mudah bagi Anda yang ingin berjualan dengan tema jual buku online, dari mulai penjualan sederhana hingga mencapai tingkat profesional. Dengan modal dari yang minim sampai ke ekstra, bisa Anda simak paparannya berikut ini:


Perkuat media sosial Anda

Sebelum kepada banyak hal yang harus dimulai berjualan secara online, apalagi tentang berjualan buku, hal pertama Anda perhatikan dan utamakan adalah perkuat media sosial yang Anda miliki. Pertambah teman-teman Anda yang kiranya berpotensi dan menyukai perihal tentang buku-buku yang akan Anda jual di online.

Karena media sosial adalah sarana utama Anda untuk mendapat pengunjung website yang banyak, serta membantu Anda untuk meningkatkan SEO Anda. Jika Anda belum memiliki seluruh fasilitas media sosial yang ada di internet, segera daftarkan diri Anda dan selalu cantumkan alamat jelas Anda dan kontak jelas Anda agar keyakinan konsumen semakin tinggi tentang kehadiran Anda dalam online shop.

Informasi pribadi

Informasi pribadi sangatlah penting, karena bagaimana konsumen bisa menghubungi Anda atau memesan barang yang ada di tempat online shop Anda kalau kontak telepon ataupun alamat tidak diketahui oleh konsumen. Rata-rata konsumen akan takut dan tidak mau memesan barang yang Anda jual.

Fasilitas pelayanan konsumen

Berikan pelayanan konsumen secara baik, sopan, ramah, dan utamakan selalu tambahan emoticon jika konsumen bertanya dengan sms, WhatsApp, BBM, atau media sosial lainnya. Kadang yang dilupakan oleh penjual online adalah cara bersikap yang dianggap mereka biasa, tetapi jika dianggap konsumen bisa berdampak luar biasa, bahkan kebalikannya, bisa dianggap pelayanan yang tidak menyenangkan. Maka kita sebagai penjual online sebaiknya dan alangkah baiknya menambahkan emoticon yang sekedar menghabiskan dua atau tiga kata, tetapi secara emosional memberikan fasilitas pelayanan yang luar biasa. Bagi penjual cerdas, pasti paham mereka bisa sukses karena ada pembeli. Maka dari itu selayaknya kita memberikan fasilitas yang ramah kepada konsumen.

Fasilitas barang jualan

Berikan spesifikasi jual buku online Anda secara terperinci, detail dengan pendataan tentang penulis buku yang mau dijual, penerbitnya, tahun cetaknya, dan jika Anda ingin terlihat profesional lagi, Anda memberikan keterangan bahan kertas hardcover, softcover, dan kertas buku tersebut, hingga kepada deskripsi dari setiap buku tersebut.

Kesan seperti ini terlihat ribet, tetapi jangan salah, pelayanan yang detail membuat pelanggan Anda tidak akan lepas dari online shop Anda. Sebab, secara psikologinya, konsumen pembeli buku adalah orang-orang yang suka membaca buku, sehingga mereka bersifat menyukai yang detail, terarah, serta jelas. Memang banyak online shop saat ini bertebaran, tetapi yang professional masih sangat minim.

Jadi itulah beberapa tips mudah, sederhana, tetapi terlihat profesional tentang jual buku online. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda.

Komentar