Tempat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Bidang Pertanian Dan Kelautan Terbaik

Bidang pertanian dan juga kelautan, saat ini sedang menjadi banyak sorotan serta pembahasan karena memang dua bidang ini merupakan salah satu potensi alam Indonesia yang paling besar dan bisa digali lebih dalam. Bila kita ingat beberapa dekade lalu, tentu kita bangga sebagai bangsa Indonesia karena negara ini mampu mencukupi kebutuhan pangannya sendiri melalui produksi beras yang berlimpah. Hal inilah yang saat ini sedang digali dan diteliti oleh banyak lembaga pendidikan, termasuk diantaranya IPB (Institut Pertanian Bogor), agar masa kejayaan pada waktu itu bisa terulang.


Sama halnya dengan bidang pertanian, laut kita dahulu merupakan sarana transportasi utama bahkan menjadi salah satu tempat singgah wajib bagi bangsa-bangsa Eropa. Bahkan hasil dari laut dahulu sangat mampu untuk mencukupi segala kebutuhan pangan seluruh masyarakat negara ini. Namun adanya perubahan jaman dimana lahan-lahan pertanian banyak dijadikan perumahan serta laut yang banyak diekploitasi tanpa adanya regenerasi, membuat masa kejayaan itu lewat sudah. Hingga sekarang, lembaga pendidikan seperti kampus Bogor ini ingin kembali memaksimalkan hasil laut dan pertanian dengan cara:
  • Penciptaan teknologi-teknologi baru yang bisa membantu dalam pengembangan dua bidang tersebut,
  • Pencetakan lulusan-lulusan yang berkompeten dalam bidang tersebut sehingga nantinya bisa memberikan kontribusi terhadap pengembangan kedua bidang tersebut di daerahnya.

Dengan kedua cara tersebut, sangat diharapkan nantinya kita kembali menjadi bangsa yang tangguh dan tidak terlalu menggantungkan kebutuhan pokok pada negara lain. Untuk menghasilkan berbagai tujuan diatas, maka saat ini kampus Institut Pertanian Bogor telah dilengkapi dengan sarana:
  • Laboratorium pertanian dan juga kimia yang bisa digunakan untuk percobaan,
  • Perpustakaan yang lengkap untuk pencarian referensi dan bahan pustaka yang tepat.

Lulusan dari kampus ini memang tidak hanya dibekali dengan banyak teori serta pelajaran di belakang meja saja, tapi juga diselingi dengan berbagai kegiatan praktek untuk mengimplementasikan hasil pembelajaran mereka. Tujuannya, tentu saja agar mahasiswa cetakan dari kampus IPB (Institut Pertanian Bogor) ini mempunyai nilai lebih jika dibandingkan dengan lulusan kampus lain sehingga lebih bisa memberikan kontribusi terhadap perkembangan negara.

Komentar