Peran dan Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Wanita

Olahraga, aktivitas yang memiliki banyak nilai manfaat ini terkadang sangat malas untuk dilakukan. Banyak alasan yang diutarakan mengapa seseorang enggan untuk melakukan aktivitas olahraga tersebut, mulai dari tidak adanya waktu luang akibat padatnya pekerjaan, malas karena olahraga biasanya membuat capek, kurang menyukai dengan aktivitas yang gerah dan banyak mengeluarkan keringat, serta alasan-alasan lainnya. Padahal perbandingan pengorbanan tersebut nilainya jauh lebih kecil dibandingkan apa yang akan didapatkan oleh aktivitas olahraga yang dilakukan yakni dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, bugar, fresh, fit, dan terhindar dari ancaman berbagai penyakit. Manfaat olahraga yang rutin dilakukan, dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat sehingga sangat wajar bila serangan penyakit dapat lebih dihindarkan dimana sejatinya dengan tubuh yang sehat tersebut kehidupan akan dijalani dengan lebih semangat.


Aktivitas olahraga sangat dianjurkan dan disarankan untuk dilakukan semua genre, baik itu pria maupun wanita, oleh orang dewasa maupun anak-anak. Apalagi bagi kaum wanita, melakukan aktivitas olahraga secara rutin akan sangat berdampak baik pada kehidupan pribadinya dan juga kesehatan jasmaninya meskipun terkadang sebagian besar wanita jarang melakukan kegiatan yang penuh manfaat tersebut. Olahraga rutin yang dilakukan oleh seorang wanita menurut penelitian terpercaya, dapat menghindarkan dan mengatasi rasa stress yang melanda akibat rasa penat akibat aktivitas yang dilakukan di rumah bagi ibu rumah tangga biasa misalnya atau di tempat kerja bagi seorang wanita karir. Olahraga juga berperan sangat penting bagi seorang wanita yang sedang melakukan diet di mana program dietnya untuk mengurangi berat badan dapat lebih cepat terealisasi namun tetap dengan memiliki kondisi tubuh yang sehat.

Masih ada hal lainnya dari manfaat olahraga yang dilakukan oleh wanita. Anda kaum wanita penasaran? Simak ulasannya berikut ini :

1. Menangkis penyangkit osteoporosis

Seperti telah diketahui bahwa wanita lebih rentan untuk terkena penyakit osteoporosis dibandingkan dengan pria. Memasuki masa menopause resiko penyakit tersebut lebih besar lagi bagi wanita dan biasanya lebih awal mengalaminya dibandingkan pria. Dengan rutin berolahraga maka wanita dipercaya dapat lebih terhindar dari penyakit osteoporosis tersebut.


2. Membantu menjaga kecantikan

Setiap wanita pasti selalu berusaha untuk tampil cantik disetiap penampilannya. Nah, dengan berolahraga rutin tampil cantik dapat dimiliki oleh setiap wanita karena ketika berolahraga otomatis dapat membantu mengeluarkan zat radikal bebas yang terdapat pada tubuh dan zat yang tidak penting lainnya. Selain itu peredaran darah juga akan terasa lebih lancar ketika melakukan kebugaran jasmani, di mana setelah itu produksi kolagen pada tubuh seorang wanita dapat lebih terangsang yang membuat kulit para wanita tersebut menjadi terlihat lebih kencang dan sehat.

3. Menjaga berat badan ideal

Untuk menjaga berat badan idealnya, para wanita sering melakukan diet. Diet yang dilakukan tersebut akan lebih efektif hasilnya apabila dibarengi dengan olahraga rutin. Olahraga rutin dan konsisten yang dilakukan wanita saat diet akan berperan dalam pembakaran kalori pada tubuh. Proses tersebut juga berpengaruh pada metabolisme para wanita yang akan terasa lebih lancar.

Komentar