Cara Mengatur Keuangan dengan Bijak dan Tepat

Sebagai salah satu ibu rumah tangga, Anda mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengatur keuangan. Memastikan bahwa pemasukan tak kurang dari yang dibelanjakan, bila perlu menyisihkan untuk ditabung. Tugas inipun relative dan lebih cenderung lebih sulit bilamana tak ada management perbelanjaan yang bijak. Terlebih lagi cara mengatur keuangan dengan tepat yang dilakukan oleh ibu rumah tangga tak hanya untuk keperluan memasak saja, namun keseluruhan. Di mulai dari anggaran belanja dapur, biaya sekolah anak dan kebutuhan rumah tangga lainnya.


Dari nominal belanja yang didapati untuk dijabarkan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga memang bervariasi. Bergantung pada kebutuhan dan selera masing-masing, ada yang sederhana ataukah ingin yang mewah. Tak masalah seperti apa kebutuhan tersebut selama ada penghasilan yang diatas rata-rata. Namun bagaimana dengan penghasilan yang termasuk rata-rata? Tentunya harus lebih mengoptimalkan diri untuk mengelola rupiah-rupiah untuk kebutuhan yang paling prioritas terlebih dahulu. Hingga kemudian dilanjutkan untuk kebutuhan lainnya.

Bila melihat kecukupan akan tiap-tiap kebutuhan memang lebih identik tak cukup. Namun perlu dimaksimalkan akan kebutuhan pokok dan sisanya dapat disimpan. Teruntuk Anda yang ingin mengatur keuangan dengan demikian ini, ketahui pula tips mengatur keuangan berikut ini:

Atur menu belanja setiap hari dengan anggaran tertentu, mulai dari kebutuhan masak, saku, hingga lainnya. Bila ada sisa dari anggaran tersebut dapat ditabung.
Kurangi belanja akan kebutuhan yang kurang penting seperti ke salon, update fashion tiap hari, dll.
Miliki target untuk memenuhi kebutuhan lain yang sangat diperlukan, seperti sepeda motor, alat-alat penunjang kebutuhan rumah tangga, dll.
Penuhi kebutuhan keluarga untuk keperluan yang penting.

Tak sedikit upaya-upaya yang dapat dilakukan sebagai pengontrol keuangan, hingga nantinya bisa lebih difokuskan lagi akan kebutuhan pokok terlebih dahulu. Saat dimana uang belanja ternyata sisa lebih, dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan tersier yang penting ataupun untuk ditabung. Bila perlu dimanfaatkan sebagai tabungan investasi, seperti digunakan untuk membeli emas. Hingga nantinya dari cara mengatur keuangan keluarga secara bijak ini tak hanya dapat memenuhi kebutuhan tanpa hutang dan bisa menabung saja, namun juga bisa berinvestasi.

Komentar