Paid Review Memang Bikin Ketagihan

Apa itu paid review? Paid review itu kamu nge-review sebuah produk atau situs di blog kamu, dan kamu dibayar. Singkatnya seperti itu. Pertama kali saya mendapatkan paid review tahun 2013 lalu. Sejak itulah saya mulai ketagihan dan ingin mendapatkan paid review lagi. Sayangnya saya mendapatkan paid review lagi setelah 4 bulan berlalu. Lama juga 'kan? Apalagi bayaran paid review itu tidak terlalu mahal.

Saat tahun 2014 saya mulai lebih sering mendapatkan paid review. Sejak itulah saya berpikir untuk mengembangkan sayap ngeblog saya lebih lebar. Saya berspekulasi bahwa tahun yang akan datang (maksudnya saat itu adalah tahun 2015) akan banyak paid review yang bertebaran. Dan spekulasi saya itu benar-benar terwujud saat ini. Saya mendapatkan banyak paid review di tahun 2015 ini.

Sebenarnya ngeblog itu sedikit meramal masa depan dengan melihat peluang dan tren yang ada. Tahun 2016 nanti akan semakin menggila paid review. Apalagi banyak perusahaan yang mulai sadar pentingnya promosi melalui media internet, apalagi review-review di blog. Kebanyakan orang akan membeli barang setelah mencari informasinya melalui Google. Nah, biasanya yang muncul malah blog seseorang, bukan halaman produknya. Karena memang kebanyakan blog personal itu lebih kuat SEO-nya dibandingkan halaman produk.

Jika kamu bisa menulis, mulailah saat ini untuk ngeblog. Tapi jangan berharap langsung bisa mendapatkan paid review. Biasanya paid review itu mensyaratkan kualitas blog yang bagus. Nah kualitas blog yang bagus tidak mungkin bisa dibangun dalam waktu singkat. Selain waktu, pengetahuan mengenai blog dan seluk-beluknya menjadi penentu apakah dalam 6 bulan berikutnya kamu akan berpotensi mendapatkan paid review atau tidak.

Komentar

  1. ayo yang mau direview, ke saya aje, huakakaka, aku promosi sekalian disini, jangan dilempar bang, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, ga bakal saya lempar kug bang :D
      rejeki sudah ada tempatnya, ga bakal ketuker

      Hapus
  2. waaah, pengen juga nyobain
    tapi nggak luwes kalau nulis review gitu nih ,mbak

    BalasHapus
  3. Masih tahap membangun blog nih, mudah-mudahan tahun depan sudah layak dibuat review.

    BalasHapus

Posting Komentar