Pengalaman Ganti Paket IndiHome ke Paket Internet Saja

Tanggal 6 November 2017 lalu, saya memberanikan diri ke Plasa Telkom lagi. Ada apa gerangan? Tentu saja untuk mengganti paket IndiHome saya. Sebelumnya saya memakai paket IndiHome Triple Play (3P). Namun saat awal pemasangan, saya mengajukan ganti paket ke 2P. Alhasil, saya tidak jadi pindah ke 2P karena customer service-nya ngasih saya promo. Mantap 'kan? Promonya cuma bayar 250 ribu per bulan + PPN 10%.


Nah, ceritanya bulan November ini harga promo saya tersebut habis di tanggal 15. Nah, sebelum promo habis, saya langsung ke Plasa untuk menanyakan apakah ada promo terbaru. Ternyata memang ada. Cuma harganya masih tidak begitu ramah di kantong freelancer seperti saya ini. Kemudian, customer service-nya ngasih saya daftar harga paket IndiHome terbaru November 2017. Nah, di sana saya melihat ada angka 250 ribu untuk internet saja. Ya, internet saja!

Bagi saya yang sudah pengalaman pakai IndiHome 3P, telepon dan USeeTV-nya tidak terpakai. Kalau dulu sih awal-awal pasang saat masih tinggal di rumah ibu saya, USeeTV masih terpakai. Namun, setelah pindah rumah, sama sekali tidak saya pakai. Bagaimana bisa terpakai, orang TV saja tidak punya. Hehe.



Dan ternyata memang di website IndiHome sendiri ada paket internet saja. Padahal sebelumnya saat menulis entri sebelumnya mengenai harga paket IndiHome terbaru 2017 saya lihat paket 1P ini tidak ada. Lumayan menghemat dompet saya sih, karena memang saya butuhnya hanya internet saja. Bayangkan dulu (saat pasang IndiHome 10Mbps pertama kali di rumah ibu) saya bayar sampai sekitar 520 ribu (sudah termasuk PPN 10%) sebulan. Sekarang, saya hanya perlu bayar 250 ribu + PPN 10% per bulan. Selisihnya 'kan bisa dibuat beli permen. Hehe.

Itulah sedikit pengalaman saya ganti paket IndiHome dari 3P ke 1P internet saja. Semoga menginspirasi pengguna lainnya yang ingin berhemat namun tetap bisa menikmati internet cepat IndiHome. Jika kamu ada pertanyaan, tanyakan saja via komentar :)

Komentar

  1. Awalnya saya pikir paket internet saja itu jadi paketan di hape 😅. 250 ribu yaa hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, berarti judulnya multitafsir yah?
      iya 250 ribu nat, jadi tertarik? hehe

      Hapus
  2. Akhirnya ada harapan bisa internetan hemat dan nyaman hee, selama ini pake kuota boros banget rasanya. Belum lagi masalah sinyal yang parah, 4G rasa gprs, ping timeout, dll, arghh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, apalagi harganya lumayan terjangkau bagi blogger

      Hapus
  3. Saya pengen juga pasang IndiHome... Tapi rumah saya di pelosok sih, nggak terjangkau kabel fiber optick hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake acces poin aja bang lebih hemat hehehe

      Hapus
  4. itu paketnya unlimited + brp giga kuota?

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Sy dr jogja dan mau pasang pertama kali,dan sy jg cm butuh internet saja.brrti lgkah yg harus sy tempuh bgmn ya?apkh lgsg ke plasa saja?karna ada bbrp sales yg mnawari,tp lagi2 dg paket bundling ini itu.pdhl sdh sy tegaskan,hny butuh internet sj.kata salesnya,ga available,tanpa pmberitahuan yg jelas knp? :D pdhl jelas2 di web resminya ada paket internet saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunjukkan info di web resminya mbak, bisa kok :)

      Hapus
  7. Kalo pasang baru,,bisa langsung yg internet ajj gk(1P)??

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih bisa
      kalo ga bisa, ya pake cara seperti saya saja

      Hapus
  8. Klo pasang baru,,bisa lngsung yg 1P kah??

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. ga ribet kok
      langsung aja ke Plasa Telkom nya mas

      Hapus
  10. Katanya sih ada yg bilang petugas nya sekarang netizen 1 yg Internet doang hanya 215 rb , tapi saya tanyakan temen saya yg kerja di indihome dia bilang kagak tau.... He... Jadi bingung sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling gampang ya tunjukkan halaman web nya mas
      jadikan itu bukti

      Hapus
  11. Worth it kah mas pake paket itu? Saya br mikir2 akan pasang yg 250rb itu krn d rumah sudah pakae indovision utk tv nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. worth it lah mas
      saya sampe sekarang ga ada kendala dan puas2 aja

      Hapus
  12. Mas itu tahun lalu ada biaya ganti paket ga?

    BalasHapus
  13. Untuk paket 10 mb dipakai 6 orang lanjay kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih lancar, asal bukan dibuat download 6 orang sekaligus :D

      Hapus
  14. Apa sekarang masih ada yang hanya internet saja ?

    BalasHapus
  15. itu nnti butuh brp lama ya kalo migrasi ke paket internet aja? bisa hari itu jg gak?

    BalasHapus
  16. ini harus dateng ke plasanya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus langsung ke Plasa-nya
      karena nanti harus tanda tangan surat pernyataan

      Hapus
  17. Proses perpindahannya berapa lama ya maz?? ini ada juga niatan pindah ke paket internet saja..

    BalasHapus
  18. halo mas, prosesnya lama gak ya downgrade layanan 1P ke plasa telkom? saya juga baru saja kemarin pasang indihome yg 2P, tapi rasanya usee tv nya tidak terpakai, programnya sedikit. jadi pengen pake internet saja.
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 hari saja cukup kok
      asal bawa peralatan useetv nya untuk dibalikin ke Plasa Telkom

      Hapus
  19. Itu mba ganti nya gimana? Lewat telp 147 langsung atau gimana ya?

    BalasHapus
  20. Telkom memang sistemnya kacau, dari jaman dulu speedy sampai sekarang indihome.
    SOP-nya buruk sekali, dan sepertinya kurang tegas memberikan sangsi ke pegawainya yang "ngasal".

    Saya berlangganan 3P 10MB dari awal banget indihome FO, saat itu tidak ada paket 2p dan 1p. Padahal saya tidak pakai useetv-nya, jadi mubazir, dan saya harus bayar per bulan 480rb termasuk PPN. Selama 5 tahun saya bayar segitu.

    Karena saya kerja di malam hari, dan siang tidur, saya tidak bisa pergi ke plaza telkom, jadi saya mengajukan migrasi ke 2p dari 147, mungkin saya sudah mencoba sekitar 20x, selalu ditolak.

    Alasan mereka tidak bisa downgrade, tapi kalau upgrade bisa dan instan tanpa prosedur yang ribet seperti tanda tangan perjanjian, dll. Tidak masuk akal banget.

    Dan yang saya tidak suka, untuk migrasi downgrade sangat ribet, tapi pemasangan addon yang harusnya ketat dan butuh perjanjian langsung bisa, padahal bukan saya yang menyetujui.

    Tagihan saya saat itu naik sampai hampir 600rb, tanya ke 147 kenapa harga tiba2 naik padahal teman2 saya tidak ada yang naik, dia cuma memberikan jawaban yang bodoh, dia bilang "Saya sudah cek, dan memang harga internet bapak naik", ya elah itu juga saya tau, yang saya tanyakan itu ada apa bisa naik.

    Setelah setahun saya bayar 600rb, saya iseng bertanya ke 147 lagi, dan ternyata ada addon telepon gitu seharga 80rb belum PPN, saya komplain dan ternyata yang mengapprove itu adalah pembantu saya, seharusnya persetujuan tambah addon harus dengan nama terdaftar kan, yaitu saya, kalau pembantu kan ditelepon marketing, jawabnya paling iya iya doang karena ngga ngerti, dan marketing telepon hanya butuh kata "Iya" sebagai persetujuan. Mengesalkan kan ? Ini marketing yang mengejar target doang, seharusnya kalau di perusahaan multi, yang seperti ini harus dipecat!

    Lalu kemarin malam internet saya DC, sekalian bertanya ke 147, saya mengajukan pasang baru dengan paket 2p, tapi dengan nomor telepon yang sama, kata dia daripada begitu, lebih baik downgrade saja... Nah loh, sekarang koq bisa, dulu katanya harus pasang baru ? indihome ini tidak ada SOP yang jelas, jadi setiap CS jawabannya bisa berbeda-beda.

    Sekarang sudah masuk dalam proses (keterangannya: sedang menunggu proses oleh teknisi), semoga downgrade akan lancar.

    Sayang di daerah saya hanya ada indihome, dari dulu saya ingin pindah ke internet swasta, karena lebih profesional.

    Kira-kira saya akan disuruh ke plaza telkom juga tidak ya ? atau teknisi akan ambil STB ke rumah ?
    Malas ke plaza, terakhir kali saya kesana, ngantri dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo downgrade harus ke Plasa Telkom mas
      itu yang paling enak, kalo marah langsung bisa marahin CS nya di tempat hehe

      kalo lewat telepon kurang efektif, saya udah nyoba lewat telepon, hasilnya kurang memuaskan
      kalo di Plasa-nya bisa langsung dapat surat keterangan downgrade kok
      lagian kita bisa langsung mendesak CS dan nunjukin bukti info yang ada di website indihome

      Hapus
  21. Saya Mau pasang jadi ragu... hehe

    BalasHapus
  22. Total Pembayaran perbulan berapa gan? 250 + ppn, dan lain lain?
    thanks

    BalasHapus
  23. Kecepatan upload paket
    20mb berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 20Mb yang cuma inet saja waktu itu 350 ribu belum PPN
      tapi kalo 3P atau 2P 2Mb, jatuhnya lebih mahal

      Hapus

Posting Komentar