Jumat, 24 Februari 2017

Secerca Harapan dalam Kesendirian


Di riuh gemuruh zaman, ku menyediri
Ku bercakap dengan diriku sendiri
Tiada ku kenal siapa pun kecuali diriku
Semua orang bertopeng palsu

Tidak juga penjual gorengan di seberang sana
Senyumnya hanya untuk menyenangkan pelanggannya
Tidak juga senyum kasir itu
Dia tersenyum karena kerjanya begitu

Siapa yang dapat kuharapkan
Dalam kesendirian
Dalam kesunyian

Yang sepi menyelimuti
Yang hening sampai bening
Yang melupakan dan dilupakan

Senin, 20 Februari 2017

Tips Sukses Membuat Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan

Gak kerasa ternyata Aisyah sudah besar, masa-masa menyusuinya pun sudah lewat. Dan sekarang sedang bersiap menyambut adiknya Aisyah. Saya tetap belajar lagi bagaimana cara menyusui dan mengurus anak baru lahir karena memang gak cukup hanya pengalaman dari anak pertama. Namanya juga anak pertama, kadang sebagai ibu baru saya sering kudet, jadi untuk anak yang ketiga ini ingin memperbanyak referensi, terurama mengenai makanan pendamping asi usia 6 bulan. Belum lahir kok udah mikirin MPASI? Hihi. Karena serba serbi mengenai makanan pendamping ASI itu banyak sekali. Kalau belajarnya setelah anak baru lahir atau saat si kecil mulai makan ya bakalan gak sempet deh.

bayi-lagi-makan
Senangnya jika nanti si kecil bisa sukses MPASI.

Mungkin kelihatannya anak belajar makan ini mudah-mudah saja ya. Tinggal beliin makanan pendamping ASI yang instan. Tapi bagi orang yang sibuknya cuma di rumah seperti saya, rasanya sayang sekali jika masa-masa belajar makannya si kecil diberikan MPASI instan. Pengalaman saat anak pertama, saya memang gak pernah sama sekali memberikan makanan pendamping ASI instan kepada Aisyah. Karena saya selalu punya waktu membuat MPASI homemade.

Ada banyak cara kok untuk membuat MPASI home made agar gak ribet. Yuk simak tips ini!

Buat Daftar Menu MPASI Si Kecil

Kadang memang sering sekali saya kebingungan, besok Aisyah MPASI apa ya? Nah, untuk menyiasati supaya gak galau tiap hari bisa dengan membuat dafat menu MPASI untuk satu bulan. Biasanya nih kalau baru makan, si kecil akan diberikan makanan yang sama selama tiga hari. Fungsinya untuk mengetahui apa si kecil memiliki alergi terhadap makanan yang kita berikan. Jadi satu menu bisa digunakan untuk tiga hari ya. Sambil kita lihat bagaimana bentu fases si kecil, untuk memantau efek makanan yang telah dimakan pada pencernaannya.

Siapkan Bahan-Bahan Sehari Sebelumnya

Supaya gak ribet, biasanya saya selalu menyiapkan bahan makanan untuk MPASI malamnya atau mungkin sehari sebelumnya. Kalau gak gitu pagi-pagi bisa ribet buat nyari bahan MPASI, sedangkan si kecil biasanya udah gak sabar aja mau makan. Jadi memang harus pinter-pinter atur waktu. Karena satu menu bisa dipakai untuk tiga hari, kalau bisa beli agak banyak bahan makanannya. Jadi selama tiga hari itu gak ribet harus belanja lagi. Nah di hari terakhir si kecil makan menu yang sama kalau bisa udah siap beli bahan untuk menu yang selanjutnya.

Membuat MPASI yang Dibekukan

Biasanya nih MPASI yang dibekukan ini memang digunakan untuk para ibu yang sibuk bekerja tetapi tetap ingin si kecil makan MPASI home made. Kalau saya belum pernah sampai membuat bubur yang dibekukan, selalu fresh baru masak. Tapi untuk MPASI yang bentuknya kaldu, biasanya saya masak agak banyak kemudian dimasukan dalam wadah kecil-kecil dan dibekukan. Kaldu ini saya pakai untuk tiga hari. Lebih dari itu saya pakai masak sendiri aja, hihi.

buah-buahan-segar
Buah-buahan bisa jadi alternatif saat buntu menu MPASI.

Tapi yang namanya hidup gak selalu sesuai dengan rencana, ada kalanya juga kok saya gak sempat mempersiapkan bahan sesuai menu yang direncanakan. Kalau udah gini biasanya saya pakai MPASI seadaanya. Misalkan seperti membuat bubur beras merah. Karena biasanya beras merah ini paling gak kalau beli isinya sekitar seperempat kilo, jadi gak langsung habis sekali makan pasti ada sisanya dan bisa disimpan di lemari es. Nah kalau lagi gak sempat ya pakai bahan yang ada aja dulu. Atau paling gampang cari buah yang bisa langsung dimakan seperti pisang, pepaya atau buah lainnya yang pernah dimakan si kecil dan gak menunjukan tanda alergi.

Manfaat Mengkonsumsi Beras Organik

Masyarakat di Indonesia sangat bergantung dengan beras. Hal ini dikarenakan dari zaman dulu, masyarakat Indonesia menjadikan beras sebagai makanan pokok. Sebenarnya selain beras, masih ada lagi makanan yang bisa dijadikan makanan pokok, seperti gandum dan sagu. Hanya saja mungkin karena terbiasa menggunakan beras sebagai makanan pokok, maka saat memakan makanan pokok lainnya kurang menikmati. Bahkan di masyarakat kita ini jika belum makan nasi, belum dianggap sebagai makan. Mereka menganggapnya hanya cemilan saja. Kadang terdengar lucu memang, tapi itulah faktanya yang terjadi di masyarakat.


Karena penduduk Indonesia makin hari makin bertambah, maka kebutuhan akan beras pun di Indonesia semakin tinggi. Bahkan pemerintah saat ini masih mengimpor beras dari Thailand. Padahal nih saat kita belajar di bangku Sekolah Dasar kita sangat akrab dengan citra Indonesia adalah negara agraris yang kita melihat sawah di mana-mana. Namun, sekarang kita patut bertanya mengapa negeri ini masih mengimpor beras. Mungkin salah satu alasannya adalah karena lahan sawah yang semakin sedikit karena dibangun rumah dan jumlah penduduk yang membludak.

Di sisi lain, karena banyaknya permintaan akan beras ini membuat para petani berpikir bagaimana bisa memanen beras dalam waktu yang lebih singkat dari sebelumnya. Nah, di sinilah petani mulai menggunakan bahan kimia untuk mempercepat produksi beras. Untuk menghasilkan tampilan beras yang menarik (putih) tak jarang beras diberi pemutih. Nah inilah yang menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka yang panjang.

Untuk itu beberapa orang menggunakan beras organik untuk menggantikan beras yang biasanya beredar di pasaran. Dari sisi harga beras organik ini memang lebih mahal dari beras biasanya. Namun, kamu bisa menikmati banyak manfaat mengkonsumsi beras organik ini. Apa saja manfaatnya?

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi beras organik adalah kamu akan lebih sehat karena terbebas dari bahan kimia dalam banyak prosesnya. Beras organik ini bebas pengawet dan bebas pemutih. Karena terbebas dari banyak bahan kimia, maka secara tidak langsung kamu juga akan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang pengkonsumsi beras biasa. Selain itu, beras organik ini kaya akan serat serta lebih pulen dari beras kebanyakan. Beras organik ini juga digunakan untuk mencegah kolesterol.

Beras organik ini ada tiga jenis, yaitu beras organik warna putih, merah, dan hitam. Kelebihan beras organik merah ini adalah bisa digunakan untuk program diet. Selain itu, beras organik merah ini banyak mengandung banyak vitamin B1, B6, dan B12. Sedangkan beras organik hitam ini mengandung banyak vitamin dan asam amino. Beras organik hitam ini juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar diabetes. Dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.

Itulah beberapa kelebihan beras organik dibandingkan beras biasa. Jika kamu memang peduli dengan kesehatanmu serta ada budget yang lebih, kamu bisa menggunakan beras organik ini untuk dikonsumsi sehari-hari.

Minggu, 19 Februari 2017

Pentingnya Punya Istri Hobi Masak

Menikah adalah hal yang biasanya dilakukan oleh manusia. Mulai zaman dulu hingga saat ini, masih saja banyak orang yang meributkan pernikahan. Padahal menikah atau tidak menikah itu tergantung takdir dan pilihan tiap manusia. Ada yang ingin menikah, namun takdir berkata lain. Dia tidak bisa menikah atau tidak sempat menikah, keburu meninggal dahulu. Ada lagi yang memang tidak ingin menikah karena beberapa alasan yang mungkin sangat pribadi dan tidak bisa dijelaskan.

Seandainya ditakdirkan menikah pun, kamu tentu saja tidak main-main dalam memilih calon. Bagi seorang laki-laki, memilih wanita idaman tidak mudah namun tidak juga terlalu sulit. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Namun, tiap laki-laki punya kriteria yang berbeda-beda. Namun, tiap laki-laki ingin sekali punya istri yang hobi dan pintar masak. Mengapa begitu?


Pasalnya memasakan adalah kemampuan yang mulai punah dari seorang wanita. Banyak sekali dijumpai perempuan modern saat ini yang tidak bisa memasak. Mungkin karena kesibukan menekuini karirnya hingga tidak sempat belajar memasak atau alasan lainnya seperti memang malas belajar memasak. Padahal laki-laki sangat memimpikan istrinya kelak bisa memasak dengan masakan yang enak.

Apalagi jika kamu adalah tipikal suami yang suka makan makanan lezat, pasti kamu memimpikan punya istri yang bisa memenuhi hobi makanmu. Selain itu, istri yang hobi memasak harus dibekali juga dengan resep-resep makanan sehat yang lezat. Jadi, tidak hanya melulu lezat namun tidak sehat loh yah. Sehat adalah hal yang utama. Karena bagaimana pun di luar sana kamu lebih mudah menemukan makanan yang lezat namun belum tentu sehat. Sangat berbeda jika istrimu sendiri yang memasak, tentu saja menginginkan memasak masakan yang sehat dan lezat agar kamu tetap terjaga kesehatannya.

Istri saya pun juga sering mengingatkan saya mengenai makanan yang sehat. Dulu saat belum menikah saya suka sekali membeli makanan di luar yang sudah jelas tidak diketahui kadar sehatnya. Dulu saya masih suka saos ga jelas yang harganya murah. Sekarang sudah bisa menjauhi makan saos ga jelas itu. Itu pun juga berkat istri saya yang memberikan penggantinya. Jika dulu masih sering mengkonsumsi MSG, sekarang hampir sangat jarang. Ya memang awalnya agak aneh dengan masakan istri yang rasanya tidak setajam jika menggunakan MSG, namun lama-kelamaan saya terbiasa. Makan makanan yang sehat itu perlu, pasalnya menjaga kesehatan itu lebih utama daripada mengobati. Jadi, bersyukurlah jika kamu mempunyai istri yang hobi masak dan masakannya adalah masakan yang sehat dan lezat. Jarang-jarang loh suami punya istri seperti itu.

Jumat, 10 Februari 2017

Inilah Keunggulan Smartphone Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 mengadopsi desain dari Samsung Galaxy S6 Edge yang sangat digandrungi oleh para kalangan muda karena tampilannya yang smart. Smartphone Samsung Galaxy S7 ini memiliki teknologi terbaru dan fitur-fitur unggulan seperti adanya teknologi finger print scanner, waterproof, dan layar always on display. Kecanggihan tersebut dipersiapkan oleh Samsung dalam bersaing kompetitif pada pasar smartphone di kelas high-end. Samsung tidak pernah memandang kelas dari tua dan muda karena memang di desain elegan dan cocok digunakan untuk siapapun.


Spesifikasi tangguh yang dimiliki smartphone Samsung Galaxy S7 ini akan membuat tercengang. Adapun fitur tersebut diantaranya seperti layar 5,7 inchi dengan resolusi Quad HD 3840 x 2160 pixel dan memiliki Chipset Exynos 88890 Octa Core yang kecepatan waktunya 2,3 GHz. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi OS Android v 6.0 Marshmallow dan RAM yang berkapasitas 4 giga byte serta memori internal hingga 128 giga byte. Untuk pengetahuan lebih lanjut, simak ulasan tentang keunggulan Samsung secara lebih lengkap dibawah ini.

Keunggulan Smartphone Samsung Galaxy S7

Para pengguna smartphone tentunya sudah tidak asing lagi dengan merk Samsung karena banyak kalangan dari yang muda hngga tua memilih smart jenis tersebut. Tampilan yang sederhana dan elegan serta kekinian ini merupakan gaya smartphone Samsung pada kebanyakan. Berikut ini akan kami ulas secara perinci tentang keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S7 termasuk hasil pada gambar Samsung s7.

Design Kekinian

Smartphone Samsung Galaxy S7 mengusung desain seperti pada Samsung yang lain dengan menghadirkan unbody yang berasal dari metal magnesium alloy sehingga akan membuat penggunanya terlihat mewah, elegan, serta sederhana. Smartphone ini didukung dengan layar 5,1 inchi dengan Super AMOLED 1440 x 2560 piksel. Selain itu, smartphone ini juga mempunyai kerapatan yang tinggi dan kontras warna yang berkualitas tinggi meskipun ditimpa oleh sinar matahari.

Tahan Air

Tidak semua smartphone memiliki kemampuan yang sangat hebat seperti tahan air. Hal ini membuktikan bahwa smartphone Samsung Galaxy S7 ini sangat mewah. Bagi Anda yang suka travelling, tentunya jangan lewatkan produk yang berkualitas ini karena akan mempermudah Anda dalam perjalanan maupun di tempat travelling pilihan.

Memiliki teknologi liquid colling

Samsung Galaxy S7 mempunyai teknologi canggih yaitu liquid colling yang menggunakan prosessor dengan 30 % lebih cepat dari yang lain dan kinerjanya juga 60 % lebih bagus daripada versi yang sebelumnya. Saat kinerja prosesseor berat, tentunya akan menyebabkan panas pada smartphone. Adapun Samsung ini mengusung teknologi liquid colling untuk mengatasi masalah kepanasan. Liquid coling tersebut merupakan suatu teknologi yang berperan sebagai pendingin.

Layar yang always on display

Samsung Galaxy S7 menggunakan teknologi layar always on display yang akan selalu menyala meskipun smartphone dalam kondisi standby. Selain itu, teknologi tersebut juga mampu menampilkan waktu, tanggal, maupun notifikasi yang masuk. Hal tersebut akan mempermudah pengguna untuk melihat pesan secara langsung tanpa membuka atau membuka kunci atau sandi pada smartphone.

Kamera utama 12 Mega pixel

Smartphone Samsung Galaxy S7 ini dilengkapi dengan kamera utama sebesar 12 mega pixel. Hal ini sangat bagus untuk mendokumentasi atau mengabadikan momen-momen Anda saat bermain, jalan-jalan, berwisata, maupun ke tempat yang memiliki pemandangan yang indah. Hasil dari potret kamera tersebut akan terlihat jelas dan jernih sehingga objek foto tidak akan terlihat kabur.

Kamera depan 5 mega pixel

Kecanggihan dari smartphone ini dapat membantu orang-orang yang suka selfie karena pada Samsung Galaxy S7 dilengkapi dengan 5 MP dan juga memiliki fitur dual video call, auto HDR yang biasanya dipakai untuk foto maupun video call. Hasil Gambar Samsung s7 dari potretan akan terlihat jernih dan sesuai dengan objek yang asli. Selain itu, smartphone ini juga memiliki phase detection autofocus, LED flash, dan juga OIS.

Konektivitas 4G LTE

Anda akan mendapatkan jaringan internet yang lancar dan cepat karena smartphone ini telah menggunakan konektivitas 4G LTE. Hal ini sangat bermanfaat untuk Anda dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan yang harus mengandalkan konektivitas internet, dan juga bisa melakukan video call dengan lancar tanpa tersendat.

Baterai Awet

Baterai pada Smartphone Samsung Galaxy S7 ini menggunakan jenis non removable Li-Po 5000 mAh. Kemudian smartphone ini memiliki keunggulan fast charging sehingga ketika Anda melakukan proses charging, waktu yang akan diperlukan sekitar 30 menit dengan 60 % baterai. Adanya kecanggihan tersebut akan membuat banyak orang tidak mengalami kesulitan-kesulitan dalam mengerjakan sesuatu.

Fitur-fitur unggulan

Ada beberapa fitur unggulan pada smartphone ini diantaranya seperti multitouch hingga 10 jari, capacitive, dan juga scratch resistant. Perkembangan teknologi yang sangat pesat memang membawa dampak perubahan tentang kebiasaan-kebiasaan. Untuk saat ini, kebiasaan seperti bermain game, atau posting status ataupun hal yang lain merupakan hal yang lumrah, hanya saja tidak boleh menghiraukan atau mengacuhkan orang lain. Para pelajar membutuhkan beberapa aplikasi untuk mencari bahan-bahan yang baik terkait dengan pelajaran.

Tersedia dalam beberapa warna

Smartphone Samsung ini memiliki beragam warna yang bisa dipilih oleh para pengguna. Warna-warna yang ditawarkan pun cukup elegan, yakni hitam, putih, emas, dan perak. Pilihan warna yang sangat bagus, hal ini harus dipikirkan secara perlahan sehingga Anda akan terlihat cantik yang maksimal. Terkadang warna pilihan untuk HP dapat berubah-ubah. Sebaiknya Anda menentukan warna terlebih dahulu sehingga Anda akan memiliki kepuasan dan rasa kekecewaan akan hilang seketika. Selain itu juga, Samsung Galaxy S7 memberikan variasi warna pink gold yang dicari-cari oleh konsumen.

Kapasitas RAM 4 GB

Smartphone Samsung ini memiliki kapasitas RAM mencapai 4 giga byte sehingga memenuhi syarat untuk mengoperasikan bermacam-macam fitur ataupun aplikasi karena sudah diperkuat dengan adanya prosessor Exynos 3390 dari merk Samsung. Dengan demikian Anda akan memperoleh smartphone yang berkualitas dan safety.

Hardware unggulan

Pada smartphone Samsung ini memiliki berbagai macam hardware, misalnya seperti CPU yang octacore GHz Cortex A53, chipset dengan qualcomm MSM8939 Snapdragon 615,dan GPU yang Adreno 405.

Penggunaan Smartphone untuk saat ini merupakan kepentingan utama karena berbagai pekerjaan pasti akan mempergunakan teknologi termasuk smartphone. Alat canggih tersebut sangat berfungsi untuk menyampaikan dan menerima beberapa informasi serta mengabadikan foto karena gambar Samsung s7 berkualitas tinggi. Hal tersebut didukung dengan adanya sinyal. Dengan sinyal yang bagus maka orang-orang akan mengakses internet dengan baik tanpa terhambat.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh smartphone Samsung Galaxy S7 yang bisa Anda jadikan referensi ataupun penambahan wawasan untuk Anda. Bagi para kaum hawa akan sangat terlihat modis ketika tampil dengan gadget yang canggih dan warna yang senada apalagi desainnya yang keren dan elegan. Warna pada smartphone juga bisa memperlihatkan karakter orang tersebut.

Rabu, 08 Februari 2017

Mengapa Kamu Bisa Gendut Setelah Menikah?

Perempuan adalah makhluk yang sangat sensitif. Apabila ada temannya atau suaminya yang bilang kalau dia agak gendutan sedikit, maka dia langsung panik. Saya juga mengalami hal itu ketika saya bilang ke istri saya kalau dia agak gendutan sedikit dari biasanya. Perempuan akan merasa sangat gemuk ketika ada yang bilang seperti itu. Padahal menjadi gemuk atau gendut bukanlah hal yang bermasalah asal tidak terlalu berlebihan. Apalagi bagi seorang wanita yang sudah menikah dan punya anak, ini adalah hal yang sangat biasa. Jika kamu perhatikan banyak wanita yang sudah menikah dan punya anak, bisa dipastikan dia akan menjadi lebih gendut dari sebelumnya. Apalagi jika dia mengikuti program KB, wah bisa dipastikan kebanyakan akan gendut dengan sendirinya.


Seorang wanita yang sudah menikah menjadi gendut ini ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Yang pertama, ketika wanita sudah menikah setidaknya dia lebih banyak dimanja oleh suaminya. Mau makan apa dibelikan, minta ini itu dibelikan. Sangat berbeda ketika masih melajang, maka jika ingin beli ini itu harus berangkat sendiri. Jadi energi yang dikeluarkan untuk pergi beli ini itu tersimpan dan menumpuk menjadi lemak. Selain itu, wanita yang sudah menikah biasanya hatinya sudah tentram dan tidak galau. Pasalnya bukan rahasia lagi jika perempuan sudah berumur 25 tahun ke atas dan belum menikah, pasti di dalam hati kecilnya galau ingin menikah. Kegalauan ini cukup bisa membuat wanita menjadi kurus karena lebih fokus ke galau daripada makan.

Yang kedua, setelah menikah wanita yang memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga biasanya lebih banyak menganggur dan tidur dibandingkan dulu ketika belum menikah. Kamu tidak percaya? Silakan cek pada keseharian tetanggamu yang menjadi ibu rumah tangga. Namun, hal ini sangat berbeda ketika wanita memutuskan untuk menyibukkan diri dengan bekerja, maka bisa dipastikan berat badannya tetap terjaga. Apalagi wanita yang sudah punya banyak anak dan mengerjakan semua pekerjaan rumah sendiri. Bisa dipastikan berat badannya akan teratur dan cenderung kurus. Namun, terkadang kamu tetap menjumpai orang yang punya anak banyak tapi tetap gemuk. Haha, ini sih bisa dipastikan dia kurang bergerak dan lebih banyak tidurnya, serta anak-anaknya lebih banyak diabaikan.

Dan yang terakhir adalah karena suami istri tidak saling mengoreksi pasangannya. Sebagai pasangan yang baik, harusnya tetap memperhatikan kesehatan masing-masing. Tidak semua yang gemuk itu bagus loh. Saya dan istri termasuk pasangan yang saling memperhatikan berat badan pasangan masing-masing. Biasanya kalau sudah melewati batas berat, kami saling mengingatkan untuk hidup sehat. Kurangi makan yang berlemak dan kurangi porsi makan di malam hari. Kalau bisa sih puasa dua hari, Senin dan Kamis di tiap pekannya.

Selain cara itu, untuk menjaga berat badan kamu bisa melakukan diet. Jika mendengar kata diet ini biasanya kesannya makannya yang tidak enak semua. Padahal tidak. Ada makanan enak bagi diet rendah lemak yang bisa kamu konsumsi, seperti: susu, yoghurt, dan keju yang rendah atau bebas lemak; ikan, daging, dan unggas dengan membuang bagian kulit dan lemak di dagingnya; buah dan sayuran; sereal, pasta, biji-bijian; dan makanan rendah lemak lainnya.

Jadi mulai sekarang, gendut bukanlah hal yang menakutkan lagi. Kamu bisa mengubah gendutmu menjadi langsing dengan gaya hidup sehat. Selamat mencoba.

Selasa, 31 Januari 2017

Tata Cara Melakukan Ibadah Umrah

Ibadah umrah kaifiatnya sangat mirip dengan ibadah haji. Umrah sering juga disebut sebagai "haji kecil" karena dalam istilah syariah, umrah dimaksudkan untuk melaksanakan tawaf di Ka'bah dan sa'i, setelah menggunakan pakaian ihram dari Miqat.



Namun berbeda dengan haji, ibadah umrah bisa dilakukan kapan saja dan dianjurkan untuk dilakukan sering-sering dalam setahun. Ibadah ini juga dikhususkan hanya di Mekkah. Berbeda sekali dengan ibadah haji yang pelaksanaannya dilakukan pada tanggal dan bulan tertentu (8 Dzulhijjah-12 Dzulhijjah), yang pelaksanaannya tidak hanya dilakukan di Kota Mekah melainkan juga di luar kota Mekkah.

Bagi anda yang berencana untuk pergi melaksanakan ibadah umrah dalam waktu dekat, sebaiknya persiapkan diri Anda dengan mengetahui lebih jauh tentang ketentuan dan panduan umrah lengkap, mulai dari:
  • Syaratnya
  • Rukunnya
  • Hingga hal-hal yang wajib untuk dilakukan ketika ibadah umrah.
Mengenai tata cara melakukan ibadah umrah, hal-hal penting yang harus anda ingat diantaranya adalah:
  1. Pertama, sebelum ihram, kita dianjurkan (sunnah) untuk mandi besar.
  2. Setelah itu dilanjutkan dengan memakai pakaian ihram.

    Bagi laki-laki, mereka akan menggunakan dua kain. Yang pertama akan dijadikan sebagai sarung dan yang kedua sebagai selendang untuk menutup pundak.

    Bagi wanita, mereka harus menggunakan pakaian yang bisa menutup seluruh aurat. Hanya saja, mereka tidak boleh menggunakan cadar dan sarung tangan.
  3. Setelah itu, pasang niat umrah saat sampai di wilayah Mikat. Ini adalah batasan daerah Tanah Suci.
  4. Disana kita dianjurkan untuk melakukan shalat sunnah 2 rakaat kemudian mengucapkan kalimat "Labbaikallaahumma 'umrotan" atau bisa juga mengucapkan "Labbaikallaahumma bi'umrotin."
  5. Lanjutkan dengan Talbiyah yang diucapkan dengan jahr (keras) bagi laki-laki dan sirr (pelan) untuk wanita. Ucapan kalimat Talbiyah adalah: "Labbaikallaahumma labbaiik, labbaika laa syarika laaka labbaik. Innal hamda wan ni'mata laka wal mulk laa syarikalak."
  6. Dilanjutkan dengan perjalanan ke Mekah. Sesaat sebelum memasuki Kota Mekah, kita disunahkan untuk mandi terlebih dahulu.
  7. Ucapan talbiyah tetap diucapkan hingga kita sampai di Ka'bah sebelum tawaf. Jadi sesaat setelah sampai di Ka'bah dan sebelum melakukan tawaf, kita bisa berhenti mengucapkan kalimat talbiyah.
  8. Mulailah tawaf dengan terlebih dahulu menuju Hajar Aswad untuk menyentuhnya, dan jika memungkinkan menciumnya. Sentuhlah dengan tangan kanan sambil mengucapkan bismillahi wallahuakbar. Jika jamaah sangat banyak dan tidak memungkinkan kita untuk mendekati Hajar Aswad, kita tetap dianjurkan untuk melakukannya dengan isyarat sambil mengucapkan "Allahu Akbar."
  9. Setelah menyentuh dan mencium Hajar Aswad, lanjutkan dengan melakukan tawaf (memutari Ka'bah sebanyak 7 putaran. Tiga putaran yang pertama dilakukan dengan jalan cepat. Dan sisanya dilakukan dengan berjalan seperti biasa.

    Tawaf harus dimulai dan diakhiri dari posisi Hajar Aswad. Dan Ka'bah harus berada di sebelah kiri. Jadi, putaran yang kita lakukan berlawanan dengan arah jarum jam.
  10. Setelah tawaf melanjutkan dengan shalat sunnah 2 rakaat di sekitar Makam Ibrahim atau bisa juga dilakukan di tempat lain di dalam Masjidil Haram.

    Anjurannya, pada rakaat pertama setelah membaca surah Al-fatihah kita dianjurkan membaca surah Al-kafirun . Kemudian di rakaat kedua membaca surat Al-ikhlas.
  11. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan Sa'i. Tata caranya adalah dengan naik ke bukit Saffa sambil menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan sembari mengucapkan kalimat "Innasshofa wal marwata min sya'aairillah. Abda'u bima bada'allahu bihi. lanjutkan dengan mengucapkan takbir sebanyak 3 kali tanpa isyarat. Kemudian ucapkan Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu. Lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa 'alaa kulli syai'in qodiir. Laa ilaha illallahu wahdahu anjaza wa'dahu wa nasoro 'abdahu wa hazamal ahzaaba wahdahu.
  12. Setelah itu, Anda bisa berdoa atau bermunajat kepada Allah sesuka hati.
  13. Sa'i diulangi pada setiap putaran ketika berada di sisi Bukit Saffa dan Marwah yang dilanjutkan juga dengan doa.
  14. Sa'i harus Diulangi sebanyak 7 Kali. Dimulai dari bukit Safa dan diakhiri di bukit Marwah. Berangkat dan kembali dihitung satu kali.
  15. Tata cara melakukan ibadah umrah yang selanjutnya adalah mencukur sebagian atau seluruh rambut kepala untuk laki-laki. Sedangkan untuk wanita, mereka bisa memotong bagian ujung rambutnya saja.