Mengulas Tentang PAFI: Sejarah, Peran, dan Keuntungan Bergabung

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Nias Barat merupakan tempat naungan para ahli farmasi di daerah Nias Barat. Organisasi ini dapat meningkatkan kesejahteraan para anggotanya, serta meningkatkan perkembangan pembangunan di dunia farmasi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam memperoleh pelayanan medis.  Sebelum membahas organisasi ini lebih lanjut, mari ketahui terlebih dahulu sejarah terbentuknya organisasi ini. Adapun ulasan lengkapnya sebagai berikut. 

Sejarah singkat PAFI 

PAFI merupakan organisasi yang didirikan oleh Bapak Zainal Abidin pada tanggal 13 Februari 1946 di Hotel Merdeka Yogyakarta sebagai naungan untuk ahli farmasi di Indonesia. Tujuan didirikan organisasi ini sangatlah mulia karena ingin meningkatkan pembangunan dan pelayanan kefarmasian di Indonesia. Dengan meningkatnya pembangunan dan mutu pelayanan kefarmasian maka derajat kesehatan masyarakat Indonesia dapat sejahtera. Selain itu, PAFI juga ikut serta mensejahterakan para anggotanya. 

Peran PAFI terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat

Untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat, PAFI sadar bahwa harus berkolaborasi dengan organisasi kesehatan lainnya baik dalam negeri ataupun luar negeri. Dengan kolaborasi tersebut, PAFI dapat menyerap sumber daya dan teknologi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. 

Keuntungan bergabung dengan PAFI 

Setelah mengetahui sejarah, dan peran PAFI, selanjutnya akan dijelaskan mengenai keuntungan apabila bergabung dengan PAFI. Adapun keuntungan selengkapnya sebagai berikut. 

1. Mendapatkan pengakuan dan reputasi 

Bagi asisten apoteker yang bergabung dengan PAFI, Anda akan mendapatkan pengakuan dan reputasi sebagai seseorang yang kompeten dan berkredibilitas tinggi di bidang farmasi. Hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Anda dan para apoteker yang bergabung. 

2. Meningkatkan mutu pelayanan 

Para anggota PAFI, khususnya asisten apoteker dapat mengakses ilmu terbaru dalam bidang kefarmasian dan teknologi terkini. Hal tersebut didapatkan dengan mengikuti seminar dan pelatihan yang diadakan oleh lembaga yang bekerjasama dengan PAFI. Dengan begitu keterampilan dan pengetahuan para anggota PAFI akan meningkat sehingga lebih profesional dalam bekerja. Selain itu, PAFI juga menyediakan platform pertukaran wawasan bagi asisten apoteker dengan ahli farmasi lainnya sehingga dapat meningkatkan keterampilan dalam bekerja.

3. Menjunjung tinggi etika profesi 

Dengan bergabung dengan PAFI, asisten apoteker dapat terlibat langsung dalam pelatihan etika profesi dan diskusi seputar dunia kefarmasian. Hal tersebut dapat meningkatkan tenaga kefarmasian yang mumpuni dan kompeten sebab menjunjung tinggi etika profesi. 

4. Mendapatkan akses informasi terkini dalam bidang kefarmasian 

Sebagai satu-satunya organisasi kefarmasian tertua dan terbesar di Indonesia, tidak menutup kemungkinan para anggotanya dapat mengakses informasi terkini bidang kefarmasian. Dengan begitu anggota PAFI dapat menerapkan teknologi  atau informasi terbaru sehingga mutu pelayanan di apotek meningkat. 

5. Pengembangan karir

Dengan bergabung ke PAFI, asisten apoteker dapat mengembangkan karirnya. Sebab PAFI memberikan peluang para asisten apoteker untuk bergabung ke jaringan profesional dalam dunia kefarmasian.

6. Advokasi hak profesi

Tidak hanya meningkatkan kualitas individu, PAFI juga memperjuangkan hak-hak anggotanya, terutama asisten apoteker. Dengan begitu asisten apoteker dapat menyuarakan semua aspirasi sehingga hak-haknya dapat dihormati dan diakui di tingkat nasional. 

Demikian beberapa keuntungan yang didapatkan jika bergabung dengan PAFI. Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda tertarik untuk bergabung?  Bagi Anda tenaga kefarmasian Nias Barat yang tertarik dan ingin bergabung, Anda bisa mendaftarkan diri di PAFI Cabang Nias Barat atau mengunjungi situs https://pafiniasbarat.org untuk  mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Komentar