Inilah 5 Manfaat Olahraga bagi Jantung

Semua orang tahu bahwa olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, sayangnya tidak banyak dari kita yang berolahraga lantaran rasa malas. Olahraga memang membutuhkan tekad yang kuat, apalagi jika harus konsisten. Bagi kamu yang sudah mempunyai minat dalam olahraga tertentu, tidaklah sulit untuk melakukannya secara teratur. Misal olahraga ringan seperti jogging pagi dan sore. Ini adalah olahraga yang ringan, namun buktinya sangat sedikit yang melakukannya.


Selain menyehatkan tubuh, secara rinci olahraga dapat membakar lemak dalam tubuh. Bagi kamu yang sedang dalam program diet, olahraga sangat dianjurkan daripada mengkonsumsi obat diet yang harganya terkenal mahal. Selain membakar lemak, olahraga dapat menyehatkan jantung loh. Apa saja sih olahraga yang dapat menyehatkan jantung?

Olahraga bola basket adalah salah satu olahraga yang dapat menyehatkan jantung. Mengapa menyehatkan jantung? Hal ini karena permainan bola basket menuntutmu untuk lari secara tiba-tiba dan berhenti tiba-tiba setelah itu melompat. Tentu hal ini memacu jantung untuk memompa darah lebih banyak ke dalam tubuh. Hal ini lah yang membuat jantung menjadi sehat. Selain bola basket, olah raga lainnya adalah sepak bola dan renang.

Sepak bola malah lebih berat daripada bola basket. Sepak bola lebih banyak aktivitas berlarinya. Dan yang tentu adalah lapangan sepak bola jauh lebih luas dibanding dengan lapangan bola basket. Tentu saja butuh stamina yang tinggi untuk bermain bola. Hal inilah yang membuat sepak bola menyehatkan jantung. Sedangkan renang dapat menyehatkan jantung karena perenang dituntut untuk mengatur ritme pernapasannya di dalam air. Menahan napas cukup lama di dalam air dapat melatih jantung.

Itulah beberapa olahraga yang menyehatkan jantung. Dari sisi manfaat, setidaknya adalah 5 manfaat olahraga bagi jantung, antara lain:
  1. Memperkuat otot jantung. Mengapa bisa memperkuat otot jantung? Jantung yang dibuat olahraga maka dia akan selalu terlatih memompa darah lebih banyak dari jantung yang diam. Semakin intens dalam berolahraga, otot jantung akan semakin kuat.
  2. Menurunkan tekanan darah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Orang yang jarang olahraga cenderung ada timbunan lemak dalam pembuluh darahnya. Timbunan lemak dalam darah akan meningkatkan tekanan darah karena darah tersumbat.
  3. Meningkatkan kadar kolesterol baik. Ketika kamu berolahraga, maka akan ada zat yang meningkat dan berkurang. Lemak menjadi berkurang, sedangkan kolesterol baik akan naik kadarnya.
  4. Menurunkan kadar kolesterol jahat. Seperti poin ketiga, pasti ada yang naik dan ada yang turun.
  5. Meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah. Ini tidak perlu dijelaskan karena ini adalah efek dari poin pertama.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo berolahraga untung jantungmu yang sehat!

Komentar