6 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan sambil Duduk di Kursi Kantor



Kursi kantor menjadi teman akrab bagi para pekerja kantoran. Setiap hari selama satu hari penuh, pegawai kantoran harus duduk bekerja di balik meja dengan kursi kantor mereka masing-masing. Karena dipakai untuk duduk dalam waktu yang lama maka pemilihan kursi kantor harus dilakukan dengan tepat.

Kursi kerja memang biasanya didesain senyaman mungkin. Bangku yang empuk dan sandaran punggung serta leher yang nyaman, ditambah ketinggian yang bisa diatur, biasanya kursi kerja didesain ergonomis agar bisa memfasilitasi para pekerja untuk bekerja dengan nyaman. Namun, seringkali badan tetap terasa pegal meskipun kursi yang dipakai sudah didesain sangat nyaman.

Rasa pegal yang dialami oleh para pekerja kantoran sebenarnya bukan hal aneh. Kondisi ini terjadi karena mereka harus duduk dalam waktu yang lama sehingga wajar kalau tubuh menjadi pegal. Untuk mencegah tubuh mengalami pegal-pegal dan untuk melemaskan semua bagian tubuh agar tidak tegang setelah lama bekerja, ada gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan.

Olahraga Ringan di Kursi Kerja

Bagi anda yang sehari-hari bekerja di balik meja dan harus duduk di kursi kantor , inilah dia gerakan-gerakan olahraga ringan yang bisa anda lakukan dengan mudah sambil tetap duduk di kursi kerja :

1. Gerakan Pemanasan

Anda bisa mulai berolahraga dengan melakukan gerakan pemanasan. Caranya
mudah, anda bisa duduk di ujung kursi kemudian letakkan tangan di atas lutut dan secara perlahan dorong punggung ke belakang sampai menyentuh sandaran kursi. Lakukan gerakan ini sampai 10 kali dan pastikan jaga punggung tetap lurus.

2. Bungkukkan Badan

Gerakan yang kedua bisa dilakukan dengan meletakkan kedua tangan di belakang kepala. Kemudian, bungkukkan badan secara perlahan. Usahakan punggung tetap lurus dan ulangi gerakan ini sampai 10 kali.

3. Putar Badan

Gerakan ini dimulai dengan cara yang sama seperti gerakan kedua. Anda bisa
meletakkan kedua tangan anda di belakang kepala. Kemudian secara perlahan putar tubuh anda ke kanan dan ke kiri semaksimal mungkin. Usahakan posisi punggung tetap lurus. Lakukan gerakan ini secara berulang sampai 10 kali.

4. Luruskan Kaki

Gerakan yang satu ini dilakukan untuk meregangkan otot kaki. Caranya mudah,
anda bisa menyandarkan punggung di sandaran kursi kemudian letakkan kedua tangan di samping paha bertumpu pada kursi kemudian perlahan-lahan tekuk dan luruskan kaki secara bergantian. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

5. Memutar Kaki

Gerakan ini merupakan lanjuran dari gerakan sebelumnya. Anda bisa duduk dengan
posisi pungung tegak kemudian letakkan kedua tangan di samping paha bertumpu pada kursi lalu angkat kedua kaki dengan posisi yang rapat. Perlahan-lahan putar kedua kaki anda secara bersamaan lalu letakkan kembali. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

6. Gerakan Kepala dan Tangan

Berikutnya anda bisa melakukan gerakan ringan untuk bagian kepala dan tangan.
Anda bisa duduk tegak di kursi kemudian putar kepala anda secara perlahan kemudian tolehkan kepala ke kanan dan kiri. Selanjutnya anda bisa mengibaskan kedua telapak tangan anda beberapa kali untuk meregangkan jari-jari anda.

Itulah tadi beberapa gerakan ringan yang bisa anda lakukan sambil duduk di kursi kerja. Tapi, agar bisa melakukan semua gerakan ini maka anda perlu memiliki kursi kantor yang nyaman. Langsung saja cari kursi kantor ternyaman dan berkualitas di Bukalapak. Bukalapak menjadi salah satu toko online terbesar di Indonesia yang menawarkan beragam pilihan produk dengan harga yang bersahabat.

Komentar