Masalah Harddisk Eksternal Tidak Terbaca, Bagaimana Solusinya?

Saat ini punya harddisk eksternal ini semacam hal yang sangat dianjurkan. Bagi kamu yang lebih sering menggunakan PC rumahan sih sepertinya tidak butuh-butuh amat. Namun, bagi kamu yang lebih banyak beraktivitas menggunakan laptop, harddisk eksternal sangat dibutuhkan. Pasalnya, laptop sekarang storage-nya cukup kecil untuk harga laptop yang standar. 

Rata-rata storage laptop harga standar hanya 128GB, 256GB, atau cuma 512GB. Ini jika laptopnya pakai SSD yah. Tapi rata-rata laptop sekarang pakai SSD lah biar bisa ngebut.

Ketika kamu memakai harddisk eksternal, di sinilah mulailah masalah baru bermunculan. Memang sih namanya sesuatu yang eksternal itu lebih punya peluang bermasalah. Kadang sebuah harddisk eksternal bisa jalan di laptop satunya, tidak bisa jalan di laptop lainnya. Nyebelin banget kan? Atau bahkan tidak bisa jalan di semua laptop yang kamu coba. Ini lebih nyebelin banget.

Ada beberapa masalah harddisk eksternal yang paling banyak dijumpai. Ada yang mudah solusinya dan ada yang sulit dan mahal solusinya.

Sistem Operasi Tidak Mengenali Harddisk Tersebut

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah hardisk external tidak terbaca di My Computer. Biasanya masalah ini adalah karena driver yang belum terpasang. Bisa juga karena format yang tidak didukung. Jika kamu pengguna Windows, kamu bisa melakukan update Driver untuk bisa mengenal harddisk yang dicolokkan.

Biasanya kasus seperti ini harddisk dikenali di laptop satu, namun tidak dikenali di laptop lainnya. Ya karena driver yang belum up-to-date.

Penyebab lainnya adalah karena partisi harddisk tersebut ada yang bermasalah, contohnya tidak memiliki label. Kamu bisa menyelesaikan ini dengan bantuan software Disk Management. Tapi kamu perlu hati-hati yang menggunakan software Disk Management ini. Jangan sampai kamu menghampus data penting karena salah pilih format partisi.

Jika kamu pengguna baru macOS biasanya akan heran karena format NTFS yang tidak bisa dibaca di MacBook. Ini wajar, macOS tidak bisa membaca NTFS secara default. Kamu harus install aplikasi tambahan untuk bisa membaca NTFS, semisal software NTFS 3G dan sejenisnya.

Lubang USB Laptop Sudah Aus

Penyebab lainnya mengapa harddisk eksternal tidak bisa terbaca adalah karena lubang USB laptop kamu bermasalah, sudah aus. Hal ini terjadi biasanya di laptop yang sudah berumur lebih dari 3 tahun. Kebanyakan dicolok, jadi bermasalah lubang USB-nya.

Solusinya pindah ke lubang USB lainnya yang ada di laptop tersebut. Setidaknya sebuah laptop minimal punya 2 lubang USB. Ada yang punya 3 lubang, bahkan 4 lubang USB.

Kabel Harddisk Bermasalah

Jika ternyata masih tidak bisa dideteksi keberadaan partisinya, coba kamu cek kabel harddisk eksternal tersebut. Bisa jadi ini masalahnya. Kamu bisa meminjam kabel harddisk eksternal teman kamu untuk melakukan testing. Jika ternyata masih belum bisa, mungkin lain lagi masalahnya.

Casing Harddisk Bermasalah

Harddisk eksternal yang murahan memang tidak menjamin kualitas. Bahkan casing harddisk-nya kurang bagus dan sering bermasalah. Kamu bisa mengganti casing-nya dengan beli casing sejenis di marketplace. Banyak kok yang jual.

Harddisk Bermasalah Karena Berumur atau Produk Gagal

Penggunaan harddisk eksternal pasti punya batasan waktu. Setiap barang elektronik punya umur. Setelah sekian proses baca dan tulis, harddisk akan mengalami penurunan performa hingga akhirnya tidak bisa terbaca sama sekali atau rusak.

Hal ini bisa jadi karena harddisk sudah berumur lebih dari 3 tahun atau karena pengunaan sangat sering. Jika kamu masih punya garansi, kamu bisa menggaransikan harddisk ini. Apalagi jika ternyata masih digunakan satu tahun sudah tidak terbaca. Bisa jadi harddisk eksternal tersebut adalah produk gagal. Kamu bisa mengurus garansinya.

Itulah beberapa cara memperbaiki hardisk external yang tidak terbaca. Selain beberapa penyebab harddisk eksternal tidak terbaca yang sudah saya sebutkan, sebenarnya masih ada masalah-masalah yang unik dan tidak diketahui penyebabnya dan solusinya. Namun, yang saya bahas di atas adalah yang sering kali dijumpai saja.

Komentar