Tips Memilih Jasa Aqiqah Berkualitas dan Amanah

Memiliki anak adalah impian setiap pasangan yang menikah di dunia ini. Bahkan orang yang belum punya anak pun sampai menempuh program hamil yang harganya jutaan rupiah demi bisa hamil dan punya anak.


Hal ini sangat wajar, karena anak memang menjadi buah hati dan penyejuk mata bagi orang tuanya. Segala suku dan ras, menganggap anak adalah anugerah dan investasi bagi orang tuanya. Entah itu investasi dalam jangka waktu dekat atau lama.

Di dalam Islam sendiri, setiap orang yang meninggal maka terputus amalannya kecuali 3 hal. Anak yang sholih yang mendoakan adalah salah satu dari 3 amalan yang tidak ada putus-putusnya. Anak yang sholih dan mendoakan orang tuanya akan menjadi investasi di akhirat bagi orang tuanya.

Tak hanya urusan akhirat, anak yang sholih dan sholihah juga akan membantu orang tuanya saat tua renta. Menemani mereka saat usia tua. Semua orang yang sudah tua renta, pasti merindukan kasih sayang anaknya yang peduli terhadapnya.

Setiap Bayi yang Terlahir, Tergadaikan

Sebagai seorang muslim, kita pasti sering mendengar sebuah hadits yang menyatakan bahwa setiap bayi yang terlahir di dunia dalam keadaan tergadaikan. Dan cara menebusnya adalah dengan meng-aqiqah-inya.

Bagi muslim yang baik, tentu saat kita tahu istri sedang mengandung, maka kita sudah menyiapkan hal-hal apa saja yang dibutuhkan istri dan bayi kita. Salah satunya adalah biaya persalinan, perlengkapan bayi, hingga biaya untuk aqiqah. Menabung adalah cara yang paling ringan untuk mempersiapkan bayi kita yang akan lahir 9 bulan kedepan.

Aqiqah sendiri untuk anak perempuan 1 kambing atau domba, sedangkan untuk anak laki-laki adalah 2 kambing atau domba. Namun, jika memang biaya tidak memungkinkan anak laki-laki bisa cuma 1 kambing atau domba saja. Hal ini dicontohkan oleh Rosulullah saat meng-aqiqah-i cucu-cucunya, Hasan dan Husain.

Kapan Waktu Aqiqah yang Tepat?

Menurut hadits Nabi, waktu aqiqah yang tepat adalah hari ke-7 kelahiran sang bayi. Ada yang sebagian ulama yang berpendapat bahwa hari lahir itu dihitung hari kesatu, ada lagi yang berpendapat bahwa hari lahir itu dihitung hari ketujuh.

Namun, bagaimana jika tidak bisa di hari yang ketujuh? Ada yang membolehkan di hari yang ke-14 atau hari yang ke-21. Namun, tetap yang paling utama adalah hari yang ke-7.

Memilih Jasa Aqiqah yang Tepat

Bagi kamu yang mampu menyembelih kambingnya sendiri, ini lebih utama. Namun, jika ternyata kamu tidak bisa menyembelih kambing sendiri karena memang tidak memiliki skill menyembelih atau waktu pengerjaan yang membutuhkan waktu lama sedang kamu juga sibuk, kamu bisa menggunakan jasa dapur aqiqah untuk mempermudahmu dalam menyelenggarakan aqiqah untuk bayi tercinta.

Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih jasa aqiqah. Berikut ini adalah pertimbangan dalam memilih jasa aqiqah yang tepat.

Cari yang Amanah

Memilih jasa aqiqah gampang-gampang susah. Namun, saat ini sih lebih mudah karena sudah ada bantuan teknologi. Kamu tinggal googling dengan kata kunci jasa aqiqah, maka akan muncul banyak hasil pencarian.

Namun, apakah mereka amanah? Definisi amanah di sini adalah mereka memberikan semua bagian tubuh kambing kepada pemesannya. Misal seperti kepala, tulang-tulang kaki, dan bagian-bagian kambing lainnya.

Untuk mencari jasa aqiqah yang amanah, kamu bisa membaca testimoni pelanggan mereka. Biasanya terpampang di website mereka atau akun media sosial mereka.

Perhatikan Kualitas Layanan

Kualitas layanan di sini meliputi bagaimana kebersihan/kehigienisan saat proses menyembelih hingga memasak kambingnya. Selain itu, kualitas layanan juga mencakup rasa masakannya.

Jasa aqiqah yang jempolan berani memberikan tester masakan olahan aqiqah mereka. Tujuannya tentu agar pembeli tahu bagaimana kualitas rasanya, enak atau tidak.

Harga Bersaing dan Tidak Terlalu Murah

Jangan pernah terpengaruh dengan harga yang terlalu murah. Semua yang terlalu murah, biasanya tidak optimal pelayanannya. Itu berlaku untuk banyak hal.

Begitu juga dalam dunia jasa aqiqah, carilah penyedia jasa aqiqah yang memilik harga yang bersaing namun tidak terlalu murah. Jika kamu menyurvei beberapa jasa aqiqah, kamu akan menemukan polanya. Biasanya hanya selisih 50 ribu saja. Hal ini sudah saya buktikan saat saya mencari jasa aqiqah di beberapa tempat.

Penjual Responsif dan Fleksibel

Jasa aqiqah yang bagus adalah penyedia yang responsif dan fleksibel. Responsif di sini maksudnya adalah mudah memahami keinginan kita sebagai pembeli. Misal kita ingin bumbunya ditambah atau dikurangi, misal tambah kerupuk atau apalah.

Sedangkan fleksibel maksudnya mereka mempunyai banyak pricing menyesuaikan paket yang dipilih. Misal ingin beli kambing masaknya saja, bisa. Misal ingin bentuk nasi box, bisa. Dan paket-paket lain yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Aqiqah Al-Hilal, Jasa Aqiqah Bandung yang Sudah Bersertifikat Halal MUI

Jika kamu tinggal di area Bandung dan sekitarnya, kamu tidak perlu bingung menentukan jasa aqiqah Bandung yang akan kamu pilih. Kamu bisa langsung menjatuhkan pilihan pada Aqiqah Al-Hilal.

Aqiqah Bandung Al-Hilal memiliki beberapa kelebihan dibandingkan penyedia catering aqiqah lainnya. Apa saja itu?

Kelebihan Catering Aqiqah Al-Hilal

Yang pertama, gratis ongkir dan mendapatkan souvenir. Kambing dijamin sehat dan berkualitas. Rasa masakannya enak. Kamu bisa meminta tester masakannya terlebih dulu loh. Ini tidak dimiliki oleh penyedia jasa aqiqah lainnya.

Selain itu, kamu bisa request bumbu sesuai dengan seleramu. Misal kurang pedas, kurang asin, dikurangi pedasnya, dan sebagainya. Aqiqah Al-Hilal sangat menaruh kepercayaan pada pembelinya. Pembeli cukup membayar ketika paket aqiqah sudah sampai di depan rumah.

Dapur yang higienis juga menjadi keunggulan dari aqiqah Al-Hilal ini. Jadi sangat wajar, jika aqiqah Al-Hilal ini mendapatkan sertifikat halal MUI. Tentu sudah melewati beberapa tahap survei lapangan oleh Tim Halal MUI. Kamu tidak perlu khawatir mengenai kehigienisannya.

Dan kelebihan lainnya ketika kamu memilih aqiqah Al-Hilal ini adalah kamu sekaligus bersedekah untuk anak yatim dan tahfidz yang dibina oleh Pesantren Yatim al-Hilal.

Harga Paket Aqiqah Al-Hilal

Jika kamu penasaran dengan harga yang ditawarkan oleh aqiqah Bandung Al-Hilal, berikut adalah pricing-nya.






Harga di atas adalah harga per 24 September 2020. Bisa jadi harga di atas berubah sewaktu-waktu. Kamu bisa langsung mengkonfirmasi apakah harganya masih sama atau tidak melalui kontak yang tertera di atas.

Itulah beberapa tips memilih jasa aqiqah berkualitas dan amanah beserta solusi jasa catering aqiqah untuk area Bandung. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu yang sedang mencari jasa aqiqah Bandung.

Komentar