4 Cara Ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Karat

Perabotan yang berkarat tentu menjadi masalah sendiri bagi banyak orang. Selain penampilannya yang tidak lagi cantik, karat membuat kualitas perabotan tersebut menurun. Hal ini membuat banyak orang melakukan berbagai cara untuk mencegah karat pada perabotan rumah tangga mereka atau juga pada beton ringan yang menjadi bahan utama di beberapa barang. 

Namun, jika karat sudah hadir di perabotan rumah, kamu tidak perlu khawatir sebab ada beberapa cara untuk menghilangkan karat pada perabotan rumah tersebut. Apa saja caranya? Simak di sini!

1. Gunakan lemon

Karat dapat hilang dengan cairan yang asam, salah satunya adalah cairan dari buah lemon. Buah lemon terkenal sebagai cairan pembersih alami untuk berbagai keperluan, termasuk juga untuk membersihkan karat. Agar hasilnya lebih ampuh, kamu juga bisa mencampurkan taburan garam dengan cairan lemon. Lapisi perabotan yang berkarat dan sirami dengan cairan lemon.  Setelah itu. Tunggu selama dua jam, lalu gosok bagian tersebut dan bilang hingga bersih.

2. Gunakan asam sitrat

Bahan ini dianggap paling ampuh untuk membersihkan karat dibandingkan dengan bahan lainnya. Jika penasaran, kamu juga bisa mencobanya. Pertama-tama, campurkanlah asam sitrat dengan air hangat secukupnya. Setelahnya, rendam berbagai perabotan yang berkarat di dalamnya selama sekitar satu jam. Setelah itu, bagian-bagian berkarat bisa dihilangkan dengan mudah dengan cara digosok.

3. Gunakan baking soda

Sudah banyak yang tahu jika baking soda terkenal ampuh untuk membersihkan karat pada besi dan lainnya. Untuk menggunakannya, kamu cukup mencampurkan baking soda dengan dengan air hingga membentuk seperti pasta yang kental. Kemudian, oleskan pada bagian besi yang berkarat tadi. Diamkanlah hingga kurang lebih satu jam. Setelah itu, barulah disikat menggunakan sikat kawat.

4. Gunakan cola

Rendam perabotan yang berkarat pada minuman cola yang sudah dituangkan ke dalam wadah tertentu. Diamkanlah selama 30-60 menit. Saat dirasa cukup, kamu bisa mengangkat besi tersebut dan gosoklah menggunakan kertas timah secara perlahan. Ulangilah sampai karat yang menempel benar-benar hilang.

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk mencegah karat adalah menjaga kualitas air yang digunakan untuk mencuci perabotan berbahan dasar besi atau beton. Bila perlu, gunakan filter penjernih air untuk mendapatkan air bersih dan kualitas air tersebut tetap terjaga.

Komentar