Ketahui Perbedaan NPWP Badan dan Pribadi

NPWP online merupakan bentuk kemudahan layanan dari Direktorat Jendral Pajak dimana setiap wajib pajak dapat mengakses pembuatan NPWP secara online. Istilah NPWP mungkin tidak asing bagi Anda yang paham betul mengenai perpajakan. Namun walaupun sudah familiar, masih banyak yang belum paham tentang apa fungsi dari nomor identitas ini sebenarnya.


NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak ini dijadikan sebagai bukti bahwa Anda telah terdaftar sebagai warga negara Indonesia yang patuh terhadap peraturan pemerintah. Setiap warga negara yang telah berpenghasilan dan memenuhi persyaratan, maka wajib memiliki nomor identitas ini. Ada dua jenis NPWP yang ditetapkan oleh Ditjen Pajak. Bagi Anda yang penasaran dengan perbedaannya, simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan NPWP Badan dan Pribadi

Nomer identitas ini dibagi menjadi dua yaitu NPWP badan dan pribadi. Untuk NPWP badan sudah pasti dimiliki oleh badan atau perusahaan di Indonesia yang mempunyai penghasilan. Sementara NPWP pribadi dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia yang mempunyai penghasilan.

Secara fisik, kedua nomor ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Namun untuk NPWP badan, terdapat tambahan informasi terkait perusahan seperti nomor akte, pemilik usaha, jenis usaha dan informasi lainnya. Kedua jenis nomor identitas ini terdiri dari 15 digit angka dimana setiap digit mempunyai kode tertentu.

Pendaftaran NPWP Badan dan Pribadi

Sekarang Anda tidak harus datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak untuk melakukan pendaftaran, karena NPWP online dapat dengan mudah diakses untuk membuat nomor identitas pajak Anda. Cukup siapkan berkas persyataran yang dibutuhkan dalam bentuk digital atau softfile, maka proses pendaftaran secara online dapat dimulai.

Bentuk persyaratan selalu berbeda tergantung pada jenis wajib pajak. Ada dua jenis wajib pajak yang perlu Anda ingat. Pertama, wajib pajak orang pribadi dan tidak menjalankan usaha atau pekerjaan tertentu. Kedua, wajib pajak orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerja usaha tertentu.

Kegunaan NPWP Badan dan Pribadi

Bagi Anda yang belum terdaftar sebagai wajib pajak, sebaiknya segera daftarkan diri sekarang. Banyak manfaat yang akan diperoleh selain sebagai nomor identitas untuk pembukuan perpajakan setiap wajib pajak. Berikut ini beberapa kegunaan dari NPWP:
  • Sebagai jaminan pengajuan kredit di bank
  • Pengajuan Surat Izin Usaha Perdagangan
  • Persyatatan melamar pekerjaan
  • Kemudahan pengajuan restitusi pembayaran pajak
  • Pembuatan paspor
  • Menghindari sanksi pidana pajak
  • Tarif wajib pajak NPWP lebih ringan

Nah, bagi Anda yang masih bingung terkait tahap-tahap dan persyatatan untuk pendaftaran NPWP online, disarankan menginstal aplikasi BukuKas. Aplikasi ini menyediakan beragam informasi terkait perpajakan, keuangan dan bisnis. Aplikasi ini dilengkapi dengan beragam fitur dan panduan yang akan membantu Anda mengatur keuangan. Di antaranya yaitu mulai dari perencanaan, pencatatan hingga pembukuan laporan keuangan dengan lebih efisien waktu, bebas ribet dan semua data yang sudah diinput terjamin keamanannya.

Komentar