Tujuan dan Manfaat Supply Chain Management bagi Perusahaan

Manajemen adalah suatu kegiatan yang pasti dibutuhkan dalam kehidupan. Mulai dari individu, organisasi, hingga perusahaan membutuhkan adanya manajemen yang baik untuk mengatur seluruh kegiatannya agar terkontrol dan terjadwal dengan baik. Manajemen sendiri dapat menjadi sumber informasi penting sebelum mengambil sebuah keputusan. Salah satu manajemen yang juga dibutuhkan oleh sebuah bisnis yang dijalankan perusahaan adalah manajemen rantai pasokan.


Manajemen ini sangat bermanfaat karena mampu mengintegrasikan data-data yang terkait dengan manajemen suplai bahan baku mulai dari pemasok, produsen, pedagang, pengecer, hingga sampai ke tangan konsumen. Lantas apa saja tujuan dan manfaat manajemen ini? Simak penjelasaannya di bawah ini.

Tujuan Supply Chain Management (SCM)

Stevenson mengatakan bahwa SCM memiliki tujuan untuk menyelaraskan penawaran dan permintaan secara efektif dan efisien. Beberapa masalah utama yang kerap muncul dalam manajemen rantai pasokan ini berhubungan dengan
  • Manajemen pemasok
  • Manajemen pengadaan barang
  • Penentuan tingkat outsourcing yang sesuai
  • Mengelola hubungan dengan konsumen
  • Manajemen risiko
  • Identifikasi masalah serta merespon masalah tersebut

Sedangkan menurut I Nyoman Pujawan, tujuan dari manajemen rantai pasokan adalah untuk memenangkan persaingan pasar atau setidaknya dapat bertahan. Oleh karenanya, guna memenangkan persaingan pasar maka manajemen rantai pasokan harus mampu menyediakan produk yang berkualitas, murah, bervariasi, dan tepat waktu.

Manfaat Supply Chain Management

Supply chain management juga memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan. Menurut Jebarus, SCM akan memberikan manfaat diantaranya mampu meningkatkan kepuasan pelanggan, mampu meningkatkan pendapatan, mampu menurunkan biaya, mampu meningkatkan laba, pemanfaatan asset yang semakin meningkat, serta perusahaan semakin besar. Berikut penjelasan lengkapnya.

Kepuasan Pelanggan

Pelanggan atau konsumen merupakan target utama dari produk yang dihasilkan perusahaan. Jika produk yang dihasilkan merupakan produk yang berkualitas dan memuaskan pelanggan, bukan tak mungkin konsumen tersebut akan beralih menjadi pelanggan setia dalam jangka waktu yang cukup panjang. Untuk ituterlebih dahulu konsumen harus merasa puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan.

Meningkatkan Pendapatan

Seiring dengan banyaknya jumlah pelanggan setia dan menjadi mitra perusahaan, tentu akan sebanding pula dengan peningkatan pendapatan perusahaan.

Menurunkan Biaya

Pengintegrasian aliran produk dari perusahaan ke konsumen akhir dapat diartikan dengan pengurangan biaya pada jalur distribusi.

Peningkatan Laba

Seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan setia produk yang dihasilkan perusahaan tersebut, tentu akan berbanding lurus dengan meningkatnya laba perusahaan.

Pemanfaatan Aset yang Semakin Meningkat

Dengan SCM, aset perusahaan terutama sumber daya manusia akan semakin terampil dan terlatih baik dari segi keterampilan maupun pengetahuannya. Sumber daya manusia akan mampu mengendalikan penggunaan teknologi sebagaimana dituntut pada pelaksanaan SCM.

Perusahaan Semakin Besar

Perusahaan yang mendapatkan keuntungan dari segi proses distribusi produknya lama kelamaan akan berkembang semakin pesat dan besar.

Demikianlah tujuan dan manfaat supply chain management bagi perusahaan. Semoga bermanfaat.

Komentar