6 Pekerjaan yang Pas dan Menguntungkan untuk Difabel

Memiliki keterbatasan bukan berarti tidak bisa melakukan apa-apa dan tidak bisa menghasilkan apa-apa. Percayalah bahwa tidak ada manusia yang sempurna dan Tuhan selalu menitipkan kelebihan dari adanya kekurangan. Yang perlu kita pahami adalah kode Tuhan untuk kita bisa menyadari kemudian menggali kelebihan itu.


So, jangan putus asa ya. Life must go on meski dengan segala keterbatasan kamu. Itu artinya kamu tetap bisa melanjutkan hidup, bisa mengeyam pendidikan dan tentunya bisa bekerja. Yups, kalau kita lihat di website khusus berisi informasi lowongan kerja disabilitas, banyak ko pekerjaan yang bisa dilakukan oleh kaum difabel, contohnya seperti 6 pekerjaan di bawah ini:

1. Penulis

Kamu suka bacaan sastra seperti novel? Terus, itu bikin kamu jadi senang menulis? Wah wah wah, ayo terus berimajinasi. Keterbatasan fisik kamu juga tidak akan menjadi penghalang buat kamu yang ingin menjadi penulis.

2. Bidang Olah Raga

Guys, udah tahu bukan banyak banget olahragawan yang memiliki keterbatasan eh tapi justru pialanya mengalahkan mereka yang sempurna secara fisik? So, itu artinya kamu juga bisa dong. Bidang ini pastinya pas banget juga buat kamu yang emang suka olah raga, baik sepak bola, tenis atau jenis olah raga lainnya. Yang penting, selalu semangat berlatih ya.

3. Bidang Seni

Selain bidang olah raga, bidang seni juga bisa ko untuk kaum difabel. Kamu yang memiliki keterbatasan melihat misalnya, tentunya tetap bisa merasakan, memainkan hingga menciptakan alunan musik ataupun berakting. Ingatlah bahwa usaha tidak pernah membohongi hasil. Jangan menyerah dengan keadaan dan teruslah mencoba ya.

4. Pengajar

Kamu suka mengajar? Wah, bidang pendidikan sebagai tenaga pengajar pas dong buat kamu. Kata siapa kaum difabel ga bisa ngajar? Tidak ada batasan fisik untuk belajar. Banyak bukan sarjana hingga doktoral bahkan professor yang memiliki keterbatasan fisik? So, jika mereka bisa, kamu juga pasti bisa.

5. Gojek

Guys, sekarang gojek juga menerima loh kaum difabel sebagai karyawannya. Seperti pada layanan Go-Life untuk nailart, memijat, hingga Gojek motor sekalipun ada loh. Bahkan sudah banyak contoh kaum difabel yang mengantarkan pesanan makanan pada konsumennya dalam layanan Go-Food. Bagaimana, kamu tertarik?

6. Home Industry

Tahu home industry bukan? Yups, ini adalah tempat yang tepat untuk kamu bisa mulai menggali potensi kamu. Biasanya terdapat banyak home industry yang membutuhkan karyawan yang memiliki keterampilan tertentu seperti merajut, menjahit, dan lain-lain.

Tenang aja, mereka juga biasanya welcome ko untuk yang mau bergabung tapi belajar dulu. It sounds so awesome kan? Dari bekerja di home industry ini kamu juga bisa banget loh membuka usaha kamu sendiri suatu saat nanti. Menarik bukan?

7. Cleaning Service

Saat ini banyak perusahaan outsourcing yang mencari tenaga-tenaga terampil untuk divisi cleaning service mereka dimana penyandang disabilitas tertentu masih bisa mengisi posisi tersebut. Banyak perusahaan dan perkantoran yang mencari jasa cleaning service ke perusahaan outsourcing, sehingga kebutuhan akan SDM ini diperkirakan akan terus naik.

Bagaimana? Banyak bukan pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh kaum difabel? The main point adalah jangan menyerah. Jangan fokus pada kekurangan kamu tapi fokuslah mencari dan menggali rahasia cantik Tuhan berupa bakat yang ada dalam diri kamu. Ingatlah, jangan batasi mimpi kamu, karena Tuhan kamu lebih besar dari harapan kamu.

Komentar