Itsna, Bukti Perempuan juga Bisa Sukses Berkarier di Perusahaan Sukanto Tanoto

Isu kesetaraan gender masih menjadi masalah di beberapa negara. Di Indonesia, peran perempuan di beberapa industri juga masih dipandang sebelah mata. Hal tersebut semakin terasa saat menilik pada industri kehutanan. Meski demikian, kondisi seperti ini tidak sepenuhnya berlaku di perusahaan yang dipimpin oleh Sukanto Tanoto.


Perusahaan Sukanto Tanoto tidak mengenal diskriminasi berdasarkan gender. Selama memiliki kemampuan, kesempatan akan diberikan. Tidak sedikit posisi manajerial yang dipercayakan kepada kaum perempuan. Meski bergerak dalam industri kehutanan, APRIL Group terbuka untuk kaum perempuan. Inilah yang dialami oleh Itsna, salah satu karyawan perempuan yang bekerja di RAPP yang merupakan salah satu unit bisnis APRIL Group.

Mengemban Kewajiban dan Mendapatkan Hak yang Sama

Profesionalitas dalam bekerja menjadi landasan APRIL Group dalam menilai karyawannya. Setiap karyawan diberi kesempatan yang sama untuk mengembangkan kariernya. Selama memiliki kompetensi yang dibutuhkan, posisi manajerial bisa saja diberikan.

Hal senada juga berlaku bagi kaum perempuan. Meski bergerak dalam industri kehutanan, APRIL Group tidak begitu mempermasalahkan gender. Cukup banyak kaum perempuan yang bekerja di perusahaan Sukanto Tanoto ini. Bahkan tidak sedikit karyawan perempuan yang mengisi posisi penting di perusahaan tersebut.

Itsna adalah salah satu contoh karyawan perempuan yang bekerja di salah satu unit bisnis APRIL Group, yakni RAPP. Itsna memulai karirnya sebagai teknisi di Technical Department.

Meski seorang perempuan, hak dan kewajiban yang diembannya sama seperti karyawan laki-laki. Ia bahkan sempat bekerja pada shift malam di masa-masa awal berkarier di perusahaan Sukanto Tanoto tersebut. Meski demikian, perusahaan tetap memperhatikan keselamatan setiap karyawan perempuannya dan memberikan semua fasilitas yang dibutuhkan untuk bekerja.

Mengikuti Seleksi Beasiswa Pendidikan dari Perusahaan

Untuk meningkatkan standar kompetensi karyawannya, perusahaan Sukanto Tanoto rutin menyelenggarakan program beasiswa pendidikan. Beasiswa ini terbuka untuk semua karyawan yang dinilai pantas mendapatkannya.

Kesempatan ini pun terbuka bagi karyawan perempuan yang ingin mengembangkan kompetensinya dan melanjutkan studi. Tidak tanggung-tanggung, APRIL Group siap mengirim para karyawan terpilih ke universitas terbaik.

Seleksi dilakukan untuk memilih karyawan yang pantas untuk mendapatkan beasiswa. Program ini terbuka untuk siapa saja. Karyawan perempuan APRIL Group juga diperbolehkan untuk mengikutinya.

Itsna adalah salah satu karyawan perempuan perusahaan Sukanto Tanoto yang pernah mendapatkan kesempatan tersebut. Pada saat itu, perusahaan menawarkannya untuk ikut seleksi program pendidikan lanjutan. Melihat kesempatan tersebut, Itsna menyambutnya dengan antusias.

Sebelum mengikuti seleksi, ibunya memang sempat khawatir jika Itsna lolos seleksi dan melanjutkan studinya di luar negeri nanti. Ia khawatir dengan keamanan putrinya jika harus berada jauh dari keluarga. Meski demikian, Itsna dan sang ayah meyakinkan sang ibu untuk merestuinya.

Menjadi Perempuan Pertama yang Mendapatkan Beasiswa ke Thailand

Seleksi beasiswa diikuti oleh Itsna. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk setiap karyawan yang ingin mendapatkan beasiswa. Setiap tahapan tersebut berhasil dilalui Itsna tanpa mengalami banyak hambatan. Setelah semua tahapan dilewati, ia pun dinyatakan lolos seleksi bersama dengan ketiga rekan kerjanya.

Dari keempat karyawan yang lolos seleksi, Itsna adalah satu-satunya karyawan perempuan yang saat itu berhasil mendapatkan beasiswa ke Thailand. Ia juga menjadi perempuan pertama yang mendapatkan beasiswa pendidikan ke Thailand dari perusahaan tersebut.

Motivasi Itsna dalam berkarier di perusahaan Sukanto Tanoto pun semakin tinggi. Setelah menyelesaikan studinya di Asian Institute of Technology jurusan Pulp and Paper Technology, ia pun tidak ragu mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajarinya selama 2 tahun. Hal tersebut ia lakukan demi menghasilkan produk berkualitas.

Komentar