Mengulik Wisata Kuliner di Ampel Surabaya

Sebagai kota terbesar kedua, Surabaya memang menjadi destinasi wisata yang cukup sering dikunjungi. Sebagai orang Surabaya sendiri, saya memang tidak begitu suka untuk bepergian di kota Surabaya sih, hehe.


Kalau ditanya tempat wisata di Surabaya, memang banyak sekali. Tapi tempat wisata yang cukup terkenal dekat rumah saya itu adalah kawasan Ampel. Ya, Ampel ini memang menjadi wisata religi Ampel yang sangat terkenal ke seluruh penjuru Indonesia. Tapi yang saya bakalan bahas di sini bukan wisata religinya ya, tapi saya lebih mengulik tentang wisata kulinernya, hehe.

Wisata Kuliner di Ampel

Kawasan Ampel ini memang cukup luas, khas dari kawasan Ampel ini adalah makanan bergaya timur tengah. Mungkin memang karena wilayah Ampel banyak sekali penduduk keturunan Arab, jadi tidak heran jika kulinernya juga didominasi dengan kuliner timur tengah. Kamu bisa dengan mudah menemukan nasi kebuli, kebab, gulai dan berbagai macam makanan khas timur tengah.

Salah satu tempat makan yang pernah kami singgahi untuk makan adalah Depot Al Mutlik. Tempatnya berada di Jl. K.H.M Mansyur no 94. Gak terlalu jauh dari rumah sakit Muhamadiyah Ampel. Depot ini menjual macam-macam makanan khas timur tengan maupun non timur tengah. Tapi saat itu kami ingin makan nasi kebuli, jadilah kami pesan dua porsi nasi kebuli kambing dan jus buah naga.

Menu makanan di Depot Al Mutlik.

Seporsi nasi kebuli kambing cukup terjangkau, hanya Rp 28.000 saja saat itu, sedangkan untuk jus buah naganya Rp 10.000. Meski memang porsinya menurut saya tidak terlalu banyak. Oiya foto makanannya tidak ada ya, karena kami sudah kalap duluan menghabiskan makanannya, hehehe.

Menu minuman.

Untuk rasa menurut saya rasanya cukup enak, daging kambingnya juga empuk dan berbumbu. Ada tambahan acar dan sambal juga yang membuat nasi kebulinya jadi terasa lebih mantap. Bagi yang tidak suka daging kambing bisa memilih nasi kebuli ayam.

Tempat makan di Depot Al Mutlik, bersih meski tidak luas.

Selain kuliner timur tengah, tidak jauh dari depot Al Mutlik juga ada Bakso Amigos. Namanya membuat saya teringat telenovela Amigos jaman dulu, hihi.

Tadinya saya tidak tertarik dengan bakso ini, karena bukan penggermar bakso. Tapi ternyata saat melihat etalasenya yang memamerkan berbagai macam bentuk bakso saya jadi tertarik untuk masuk.

Harga bakso di Kedai Bakso Amigos ini mulai dari Rp 18.000 untuk paket bakso campur. Bakso campur terdiri dari bakso kasar, bakso halus, siomay, gorengan dan tahu goreng. Kamu juga bisa pilih pakai bihun atau mi kuning. Rasa kuahnya tidak terlalu pekat, bagi saya rasa kuahnya cukup pas.

Kalau kamu tidak ingin beli bakso paketan dan ingin makan bakso yang beda, di sini juga menyediakan bakso isi mozarela, bakso pedas, bakso goreng dan bakso beranak. Harga per itemnya mulai dari Rp 2000 saja. Sangat terjangkau kan?

Cari Oleh-oleh di Ampel?

Mau oleh-oleh untuk dibawa pulang? Bisa beli kurma di kawasan Ampel ini. Apalagi kurma di Ampel banyak sekali macamnya dan tidak perlu menunggu sampai Ramadhan, karena di Ampel, kurma tidak ada musimnya, selalu ada!

Salah satu toko oleh-oleh yang bisa kamu datangi adalah toko Lawang Agung. Toko ini menjual macam-macam kurma dan jajanan impor dari Arab. Kurma yang paling saya suka dari toko ini adalah kurma Tunisia. Rasa kurmanya tidak terlalu manis dan kulit kurmanya juga tidak kering.

Ke Ampel Nginep Di Mana?

Nah sebelum merencanakan ke Surabaya ada baiknya hunting dulu nih moda transportasi termurah dan ternyaman. Kalau kamu dari luar pulau, pakai pesawat menjadi salah satu pilihan yang paling nyaman. Kamu tinggal cari tiket pesawat ke Surabaya aja nih. Cari tiket pesawat murah bisa pakai aplikasi Pegipegi ataupun lewat webnya.

Tiket pesawat di Pegipegi.com

Di web Pegipegi kamu bisa lihat harga tiket pesawat per harinya. Karena ternyata harga tiket pesawatnya tidak sama dengan hari sebelumnya. Penting banget nih supaya bisa dapat tiket murah.

Hotel dekat Masjid Ampel.

Selain tiket pesawat kamu juga bisa cari hotel menginap di dekat kawasan Ampel ini di web Pegipegi. Tinggal cari aja, hotel dekat Masjid Ampel. Maka kamu bisa lihat beberapa pilihan hotel yang tersedia. Sekalian booking tiket pesawat dan hotelnya, jadi lebih efisien kan?

Komentar