Perjalanan Harapan Rakyat Online Jadi Portal Berita Terpopuler di Priatim Jabar

Harapan Rakyat Online melalui website-nya harapanrakyat.com telah menjadi referensi informasi seputar Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Awalnya Harapan Rakyat dikenal sebagai Koran lokal di ketiga wilayah tersebut. R. Bachtiar Hamara dikenal sebagai pendiri Koran Harapan Rakyat (selanjutnya disebut Koran HR). Walaupun informasi yang ‘dijual’ Koran HR terbatas seputar Ciamis, Banjar, dan Pangandaran, koran ini mampu bertahan hingga 15 tahun.


Namun, kesadaran akan teknologi dan perubahan zaman membuat Koran HR sedikit demi sedikit harus mampu menyesuaikan diri. Orang tak lagi mengandalkan media cetak untuk memuaskan keingintahuannya tentang suatu peristiwa. Media cetak terlalu lamban untuk diandalkan sebagai sumber informasi.

Bayangkan prosesnya dari mulai suatu informasi itu didapat dari sumber pertama, wartawan harus menyerahkannya pada redaktur, redaktur masih harus memilih layak tidaknya suatu informasi naik cetak, belum lagi proses lay out, pencetakan, hingga distribusi ke tangan pembaca.

Hal tersebut tentu berbeda dengan media online, beberapa detik setelah informasi itu datang dari tangan pertama, maka saat itu juga sebuah informasi sudah bisa dibaca oleh banyak orang. Bahkan dibagikan dari satu halaman ke halaman yang lain. Era Koran memang belum sepenuhnya mati, ia masih ada dan berusaha tetap bertahan, beberapa media cetak seperti contoh terakhir tabloid BOLA terpaksa gulung tikar.

Kembali ke Koran HR, 15 tahun bertahan bukanlah hal mudah, tetapi tentu saja perjalanan panjang tersebut dilalui dengan sebuah inovasi bernama Harapan Rakyat Online. Awalnya seperti meraba dalam gelap ketika harapanrakyat.com menyapa dunia maya, hanya berita-berita yang sudah naik cetak di Koran HR yang diunggah di website berita tersebut.

Tetapi, respon pembaca begitu antusias, hingga redaksi menguatkan diri dengan mengerahkan segenap kemampuan untuk meng-update berita setiap saat, tentu masih seputar Berita Ciamis, Berita Banjar, dan Berita Pangandaran. Tepat pada ulang tahun Koran HR yang ke-10, Harapan Rakyat Online pun resmi diluncurkan pada 11 November 2013.

Selain menampilkan berita-berita lokal di laman utamanya, Harapan Rakyat Online juga menambah konten artikel gaya hidup dan teknologi agar pembaca tidak jenuh dengan informasi-informasi yang sebagian besar mengupas masalah sosial, ekonomi dan politik. Ternyata, konten gaya hidup dan teknologi yang dikemas dengan gaya bahasa redaksi Harapan Rakyat, berhasil mendapat respon dari pembacanya.

Apabila dilihat di pencarian google di beberapa kata kunci tentang artikel kesehatan, gaya hidup dan teknologi, artikel milik Harapan Rakyat Online, banyak yang berada di halaman utama. Penulis menganalisis bahwa artikel-artikel gaya hidup dan teknologi banyak menyumbangkan visitor untuk Harapan Rakyat Online. Hal itu diperkuat dari daftar berita terpopuler yang bisa dilihat di laman Harapan Rakyat Online, sebagian besar kontennya adalah artikel-artikel tentang gaya hidup.

Di beberapa kata kunci berita lokal, seperti kata kunci Ciamis, Pangandaran dan Kota Banjar, malah terlihat dikuasai oleh Harapan Rakyat Online. Anda bisa mencobanya di Google dengan memasukkan kata kunci ‘Berita Kota Banjar’ atau ‘Berita Pangandaran’, Anda akan menemukan HR Online ada di halaman satu Google, bahkan ada di puncak mesin pencarian paling popular tersebut.

Sementara satu kata kunci lain, ‘Berita Ciamis’ HR Online harus puas sementara ada di posisi kedua setelah detikcom. Tetapi, sebagai media local bisa bersaing dengan media online nasional tentu menjadi kebanggaan sendiri.

Satu hal yang istimewa dari portal berita yang satu ini adalah lengkapnya informasi seputar Ciamis, Banjar, dan Pangandaran. Mulai dari sejarah, lika liku politiknya hingga berbagai mitos-mitos seputar daerah bersejarah semua lengkap ada di harapanrakyat.com. Apalagi mengenai berbagai peristiwa yang sedang happening di ketiga kota tersebut, semua dimuat di portal berita yang satu ini. Tentu hal ini sangat menyenangkan bagi warga ketiga kota tersebut. Karena untuk mengetahui perkembangan kotanya, tak perlu menunggu lama dari media cetak, HR Online bisa jadi solusi.

Kini fans page HR Online di Facebook telah di-like sekitar 103.000 akun. Setiap berita yang dibagikan di fans page tersebut selalu mendapat impresif luar biasa dari pengguna facebook. Judul berita yang click bait dan isi berita yang bermanfaat untuk pembaca membuat postingan-postingannya banyak dibagikan oleh warga net di media sosial tersebut. Maka jangan heran jika HR Online dianggap sebagai portal berita paling populer di Priangan Timur, Jawa Barat.

Sumber: https://www.harapanrakyat.com/

Komentar