Cara Membuka Website yang Diblokir

Pernah ga sih kamu ingin buka website, eh malah diblokir. Sayangnya tidak semua website yang diblokir itu mengandung konten yang berbahaya atau melanggar aturan. Ada beberapa website berguna yang ternyata diblokir juga. Salah satunya Reddit. Alasan website Reddit ini diblokir karena memang ada beberapa sub forum yang isinya cukup vulgar dan tidak boleh diakses oleh umur-umur tertentu. Dan pemerintah tidak punya kuasa untuk mengubah konten tersebut, kecuali dengan cara memblokirnya agar masyarakat tidak terpapar hal-hal vulgar.


Dulu website Tumblr juga diblokir, namun sekarang sudah dibuka lagi. Penyebabnya sih dulu Tumblr sering kali digunakan untuk menggunggah gambar-gambar yang vulgar. Namun, meskipun sudah diblokir di Indonesia, Tumblr masih tidak mengindahkan. Hingga November 2018 kemarin Tumblr dihapus dari App Store aplikasinya. Nah, dari sinilah mereka berbenah dan melakukan penghapusan konten vulgar.

Akan tetapi, faktanya tidak semua situs mengubah kebijakannya agar tidak diblokir lagi. Pengguna tetap harus dipaksa untuk mengakses website tersebut dengan cara yang agak berliku. Nah, bagaimana sih sebenarnya cara agar bisa membuka website yang diblokir? Apakah caranya sulit? Tidak. Caranya cukup mudah.

Yang pertama, kamu bisa googling dengan kata kunci "betternet free vpn chrome". Kata kunci itu sengaja saya pakai karena saya memakai browser Google Chrome.

Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman Chrome Web Store. Klik tombol kanan atas untuk memasang addons browser Google Chrome ini. Sebenarnya, ada banyak addons yang serupa, hanya saja kebanyakan sudah tidak bisa digunakan. Betternet ini salah satu addons yang masih bisa digunakan.


Setelah memasang addons Betternet ini, klik ikon yang ada di toolbar. Lalu pilih "Connect".


Setelah status koneksi Betternet terhubung, coba refresh halaman website yang diblokir sebelumnya.


Taraaa! Reddit sudah bisa dibuka. Keren, 'kan?

Oh ya, karena ini sifatnya gratisan, Betternet ini hanya menyediakan 5 pilihan negara saja. Untuk mengakses lebih dari 5 server VPN-nya, kamu harus upgrade. Kebanyakan software sih memang begitu.

Tapi setidaknya cukup lah jika kamu hanya perlu mengakses website terblokir tersebut sesekali saja. Apalagi Betternet ini tidak perlu daftar seperti Zenmate. Cocok untuk pemakaian instan dan sementara.

Itulah cara membuka situs yang diblokir ala Luvah.org. Semoga tutorial ini membantu yah ;)

Komentar