5 Bahan Makanan yang Kaya Kandungan Zat Besi

Wanita yang sedang hamil harus tercukupi semua kebutuhan nutrisinya, bukan tanpa alasan, hal ini ditujukan agar nantinya bayi dalam kandungan bisa tumbuh dan juga berkembang secara sempurna, tidak lahir cacat. Salah satu senyawa penting yang harus dicukupi untuk buah hati adalah zat besi. Pastinya tak asing dengan senyawa yang memiliki peran dalam pembentukan sel darah merah ini bukan. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia pada bumil dan juga janin dalam kandungan.


Wanita yang sedang hamil dan kekurangan zat besi juga akan rentan sekali mengalami resiko keguguran. Zat besi agaknya bisa dengan mudah ditemukan dari berbagai jenis bahan makanan, berikut ini diantaranya sumber zat besi yang sangat tinggi dan bagus untuk wanita hamil. Yaitu:
  1. Daging merah, hendaknya pilihlah jenis daging merah yang tidak mengandung lemak, dalam setiap 100 gram mengandung setidaknya 2 mg zat besi, sehingga dengan konsumsinya sebenarnya sudah cukup untuk menunjang asupan kebutuhan zat besi harian.
  2. Kerang atau tiram, bagi yang senang dengan makanan laut, khususnya adalah kerang, maka jenis tiram ini bisa dijadikan sebagai pilihan untuk mencukupi asupan zat besi wanita hamil, namun pastikan mengolahnya dengan benar, apalagi belakangan ada banyak sekali seafood yang tercemar.
  3. Ikan, mulai dari ikan air tawar sampai dengan ikan air asin, nyatanya semuanya mengandung zat besi yang cukup tinggi.
  4. Hati, hati sapi maupun ayam bisa dijadikan sebagai pilihan bagi mereka yang anemia, karena dalam 100 gramnya saja mengandung setidaknya 5 mg zat besi yang dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel darah merah.
  5. Kacang kedelai, baik itu dikonsumsi dalam bentuk kacang kedelai langsung maupun olahannya, nyatanya bahan makanan yang satu ini tinggi sumber zat besinya, dapat digunakan untuk meningkatkan sistem imuns dan juga agar pembuluh darah tetap sehat.

Sekarang ini berbagai macam senyawa sudah ada dalam bentuk suplemen atau multivitamin yang bisa langsung dipakai. Termasuk diantaranya bagi penderita masalah kesehatan tertentu layaknya DBD, tak perlu bingung cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah, karena sudah tersedia versi praktis suplemennya.

Komentar