5 Cara Mudah Merawat Komponen Komputer Agar Lebih Tahan Lama

Di zaman modern seperti sekarang ini, komputer menjelma menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Mengingat fungsinya yang bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu singkat. Namun, kadang kala tidak sedikit orang lupa jika komputer tetaplah mesin yang juga butuh perawatan sehingga bisa awet dan tahan lama. Merawat dan memelihara komputer juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Oleh sebab itu, di bawah ini ada beberapa cara tepat merawat komponen komputer yang bisa Anda simak:


1. Bersihkan CPU secara berkala

Jika Anda menginginkan komputer tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka Anda harus rajin merawatnya. Setidaknya bersihkan komputer secara menyeluruh dan rutin. Singkirkan debu dan kotoran yang biasanya menempel pada komputer, sebab kotoran dan debu yang menumpuk dapat memengaruhi kinerja komputer.

Risiko jika Anda malas membersihkan komputer maka akan terhambatnya ruang sirkulasi udara yang menyebabkan overheating pada komputer. Membersihkan bukan berarti Anda harus mencuci komputer. Karena Anda hanya perlu “menyapu” semua debu dan kotor dengan menggunakan kuas, blower kecil atau pipet untuk digunakan meniup debu di sela-sela komponen CPU.

2. Bersihkan dan rawat monitor

Komponen lain yang tidak kalah penting Anda harus bersihkan adalah monitor, karena tanpa layar monitor komputer tidak bisa difungsingkan secara optimal. Untuk itu, pastikan Anda juga membersihkan komponen komputer yang satu ini. Terdapat 3 jenis monitor yang umum digunakan dan masing-masing membutuhkan perawatan berbeda, yakni LCD (Liquid Crystal Display), LED (Light Emitting Diode) dan CRT (Cathoed Ray Tube).

Hal yang perlu Anda lakukan pada layar LCD dan LED adalah cukup membersihkannya dengan kain kering dan jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih karena dapat warna kekuningan pada layar, sedangkan untuk layar CRT, Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih dan mengeringkannya dengan kain lembut. Jangan lupa juga untuk membuka lubang ventilasi pada layar agar sirkulasi udara panas dapat berjalan dengan baik.

3. Matikan komputer sesuai prosedur

Untuk membuat komponen komputer lebih awet dan tahan lama, jangan sekali-sekali Anda langsung menekan tombol power di CPU atau mencabut kabel power untuk mematikan komputer. Ikuti prosedur mematikan komputer yang telah ditentukan. Pasalnya mematikan komputer dengan tidak sesuai dengan prosedur dapat komputer lebih cepat rusak.

4. Uninstall program yang tidak digunakan

Mungkin tanpa sadar Anda sering meng-install program atau software pada perangkat komputer, namun setelah beberapa waktu malah jarang menggunakannya atau bahkan tidak lagi menggunakannya. Jika demikian, maka sebaiknya Anda “membersihkan” komputer dari software atau program yang tidak terpakai agar hard disk yang berfungsi sebagai pusat penyimpanan tidak terlalu penuh. Kapasitas penyimpanan komputer yang tidak memadai akan membuat performa komputer menurun dan tidak menutup kemungkinan komputer akan mengalami masalah seperti hang bahkan yang lebih parahnya bisa rusak

5. Pastikan listrik dalam keadaan stabil

Karena komputer merupakan peralatan elektronik makan listrik menjadi “makanan” utama bagi perangkat ini. Untuk membuat komponen komputer bisa lebih awet, maka Anda harus memastikan bahwa aliran listrik yang masuk tetap dalam keadaan stabil. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat penstabil listrik agar listrik agar nantinya listrik mengalir ke dalam komputer menjadi lebih stabil. Hal ini penting dilakukan, pasalnya jika listrik yang disuplai ke komputer tidak stabil maka berisikio mengakibatkan power supply dan motherboard komputer menjadi rusak.

Komentar