Tips Merawat Celana Panjang Hitam Wanita Agar Tak Mudah Pudar

Celana panjang hitam seakan menjadi salah satu item fashion wajib bagi semua orang. Tak terkecuali bagi para wanita. Menggunakan celana panjang hitam akan membuat Anda merasa nyaman dan leluasa bergerak saat beraktivitas. Itulah sebabnya Anda harus memiliki beberapa potong celana panjang hitam untuk menunjang penampilan.


Sayangnya, proses perawatan yang sembarangan bisa menyebabkan celana panjang hitam lekas memudar. Sebaiknya Anda melakukan beberapa tips ini agar warna celana panjang kesayangan senantiasa tampak seperti baru:

Tak Perlu Terlalu Sering Dicuci

Celana panjang wanita berwarna hitam sebenarnya tak perlu terlalu sering dicuci jika belum kotor. Terutama bila Anda memakainya sebentar saja. Karena intensitas pencucian yang terlalu sering malah berisiko membuat warna celana memudar. Setiap kali selesai digunakan, angin-anginkan celana panjang tersebut agar tidak lembap. Cucilah celana panjang wanita kesayangan Anda setelah tiga kali pemakaian.

Jangan Menggunakan Mesin Cuci

Perputaran mesin cuci yang terlalu lama dan kencang berisiko merusak tekstur dan warna celana panjang hitam. Alangkah lebih baik kalau Anda hanya mencuci celana panjang hitam dengan tangan. Agar Anda bisa menyesuaikan kekuatan tangan dengan tekstur celana. Anda tak perlu mengucek celana terlalu kencang kalau celana tersebut tidak terlalu kotor.

Mencuci Celana Panjang dengan Air Dingin

Penggunaan air panas lebih cocok untuk mencuci pakaian berwarna cerah yang terkena noda. Namun, tidak demikian halnya dengan celana panjang hitam. Karena celana panjang hitam pasti tidak sekotor pakaian berwarna cerah. Jadi, Anda hanya membutuhkan air dingin untuk mencuci celana panjang. Air dingin akan membantu mempertahankan warna asli celana panjang Anda. Sehingga warna celana panjang tidak mudah memudar.

Selalu Menggunakan Deterjen Cair

Deterjen cair adalah produk pembersih terbaik untuk mencuci celana panjang hitam. Karena kandungan pembersihnya akan terserap sempurna pada serat-serat kain. Hal ini tentu jauh berbeda dengan deterjen bubuk. Butiran deterjen bubuk yang tak larut sempurna malah berisiko menempel di permukaan celana panjang. Celana pun akan tampak kurang bersih dengan bintik-bintik putih yang menempel di permukaannya.

Membalik Celana Saat Menjemurnya

Bukan rahasia lagi kalau paparan sinar matahari berlebihan dapat memudarkan warna pakaian. Terutama jika celana panjang wanita kesayangan Anda berwarna hitam. Demi mempertahankan warna asli celana tersebut, jangan lupa membalik celana panjang ketika menjemurnya. Supaya bagian yang terkena panas matahari adalah bagian dalam celana. Bagian luar celana pun terhindar dari risiko perubahan warna.

Menjemur Celana Panjang di Tempat Teduh

Usahakan untuk tidak menjemur celana panjang hitam di tempat yang langsung terkena sinar matahari. Angin dan hawa panas matahari sudah lebih dari cukup untuk mengeringkannya. Jadi, letakkan saja celana panjang tersebut di tempat yang teduh. Dalam waktu beberapa jam, celana panjang Anda pasti sudah kering dan siap disetrika.

Menyetrika Celana Panjang dengan Temperatur Sedang

Sama seperti sinar matahari, temperatur setrika yang terlalu panas juga bisa membuat warna celana panjang hitam memudar. Pastikan kalau temperatur setrika berada dalam kondisi sedang sebelum digunakan. Anda juga bisa membalik celana panjang sebelum disetrika. Sehingga bagian yang terkena panas setrika adalah lapisan dalam celana panjang. Usai disetrika, angin-anginkan celana panjang beberapa saat sebelum disimpan di lemari pakaian.

Nah, sekarang Anda paham kan kalau merawat celana panjang wanita tidak sesulit yang Anda bayangkan. Bergaya dengan celana panjang hitam jadi semakin menyenangkan bila Anda sudai menguasai cara merawatnya.

Komentar